Finansial

5 Jenis Pinjaman Uang di Indonesia Terpopuler Setiap Tahun

Kabrina Rian Ferdiani-

04 Jun 2020

5 Jenis Pinjaman Uang di Indonesia Terpopuler Setiap Tahun

Saat ini varian dari pinjaman uang di Indonesia semakin banyak dan bervariasi. Meskipun begitu, terdapat beberapa perbedaan antara pinjaman tersebut. Perbedaannya biasanya bisa terlihat berdasarkan kebutuhan peminjamnya sendiri. Ada yang mengajukan pinjaman untuk membayar kebutuhan berobat, biaya renovasi rumah, membangun usaha, menikah, dan lainnya.

Berbeda kebutuhannya membuat jumlah pinjamannya juga berbeda. Tidak hanya itu saja, perbedaan masing-masing pinjaman tersebut juga terbagi atas beberapa persyaratan khusus yang berbeda. Persyaratan pinjaman dana yang jumlahnya besar pasti berbeda dengan pengajuan utang berskala kecil.

Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman uang, sebaiknya pahami dulu jenisnya. Sehingga Anda tahu manakah jenis pinjaman dana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kesalahan memilih jenis pinjaman bisa berakibat kerugian di kemudian hari. Di bawah ini adalah macam-macam pinjaman tunai terpopuler di Indonesia yang jadi pilihan.


Baca juga: Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha di Modal Rakyat


Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

KTA merupakan pinjaman uang yang tidak dikenakan agunan. Jadi Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa harus memberikan jaminan apa pun. Pinjaman KTA sangat disukai oleh orang-orang karena dianggap cukup praktis. Namun sayangnya supaya bisa mendapatkan pinjaman seperti ini Anda harus memiliki kartu kredit dulu.

Untuk kartu kredit yang dimiliki bisa dari bank bersangkutan ataupun lainnya. Calon peminjam diperbolehkan mengajukan pinjaman untuk kebutuhan apa pun. Bahkan mereka juga boleh mengambil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Umumnya beberapa orang menggunakan pinjaman ini untuk biaya berobat, liburan, pendidikan, dan pernikahan.

Tidak hanya itu saja, jenis pinjaman uang ini juga bisa digunakan untuk kepentingan bisnis. Meskipun sebenarnya tidak begitu disarankan menggunakan KTA untuk bisnis, mengingat suku bunganya cukup tinggi. Hanya saja pinjaman ini prosesnya terbilang cepat dan mudah.


Pinjaman Kredit Multiguna

Tidak hanya bank saja yang dapat memberikan pinjaman uang menggunakan jaminan, bahkan pegadaian dan lembaga keuangan lainnya juga bisa. Intinya bila Anda ingin mengajukan pinjaman tunai sebaiknya siapkan aset berharga dulu untuk dijadikan sebagai jaminan pada lembaga tersebut.

Umumnya plafon pinjaman kredit multiguna itu lebih besar dibandingkan KTA. Selain itu, proses pencairannya sangat cepat. Asalkan pemberi pinjaman melakukan penilaian atau appraisal terhadap jaminannya, maka proses pengajuannya akan segera diterima dan dicairkan. Itulah sebabnya jenis pinjaman ini sangat populer.

Anda bisa menggunakan pinjaman uang ini untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk membayar biaya perkuliahan anak dan renovasi rumah. Bahkan pinjaman ini juga dapat digunakan untuk membantu keluarga saat harus melakukan pengobatan berat dengan biaya besar.


Pinjaman Modal Usaha

Sesuai dengan namanya, jenis pinjaman uang ini cocok sekali untuk mereka yang menjalankan sebuah usaha guna mengembangkan bisnisnya. Dalam hal ini jenis pinjaman untuk modal usaha di Indonesia terbagi menjadi 2 macam, yaitu UMi dan KUR. KUR merupakan salah satu jenis pinjaman yang disukai pengusaha.

Untuk bisa mengajukan pinjaman uang untuk modal usaha, Anda harus memiliki SIUP dulu. Produk pinjaman ini lahir berdasarkan kebijakan pemerintah guna memperbesar lapangan pekerjaan supaya tidak terjadi kemiskinan.  Sementara untuk kredit ultra mikro atau UMi ini produk pinjaman yang plafonnya sebesar Rp10 juta.

Sedangkan tenor terlamanya mencapai 48 bulan saja. Umumnya para calon debitur kredit ini merupakan pengusaha mandiri yang belum layak mendapat pinjaman KUR. Saat seseorang berhasil melunasi angsuran pinjaman uang UMi, maka mereka bisa mendapat bantuan KUR. 

Maka dari itu, jika Anda membutuhkan modal untuk usaha, sebaiknya perhatikan kondisi finansial dan penghasilan terlebih dahulu. Bila usaha yang dijalankan sudah pasti hasilnya, maka Anda bisa mengajukan pinjaman tersebut untuk mengembangkan usaha. Namun, bila usahanya masih belum pasti, sebaiknya jangan mengajukan pinjaman.


Pinjaman P2P Lending

P2P lending ini termasuk salah satu bentuk pinjaman uang yang dikembangkan oleh perusahaan startup di bidang fintech. Konsep pinjamannya dilakukan dengan mempertemukan antara lender dan borrower. Umumnya pihak peminjam berasal dari pengusaha mikro yang sedang membutuhkan bantuan untuk mengembangkan bisnisnya.

Dalam hal ini pihak lender berperan sebagai seseorang yang ingin melakukan investasi. Sedangkan borrower adalah orang yang ingin mendapat modal usaha. Lender akan mendapatkan return seperti saat mereka melakukan investasi pada umumnya. Sehingga keduanya sama-sama diuntungkan.

Karena dalam hal ini yang paling berperan adalah pihak P2P lending sebagai penengah. Dari sekian banyak pinjaman, umumnya beberapa orang menyukai jenis pinjaman uang jenis P2P lending seperti ini. Karena mereka merasa bahwa jenis pinjaman ini menguntungkan, mudah, cepat, dan praktis.


Pinjaman Modal KTP

Jenis pinjaman yang satu ini sebenarnya hampir sama seperti KTA. Yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman ini adalah harus memiliki Kartu Tanda Penduduk terlebih dahulu. Pinjaman tunai ini diminati banyak orang. Untuk jumlah plafonnya beraneka ragam.

Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Namun, umumnya beberapa orang hanya boleh mengajukan pinjaman uang maksimal Rp10 juta. Itulah sebabnya jenis pinjaman ini sangat berguna untuk seseorang yang membutuhkan dana darurat. Untuk proses pengajuannya bisa dilakukan lewat situs pemberi layanan pinjaman langsung.

Biasanya dalam hitungan hari, uang pinjaman akan segera dicairkan. Hanya saja meskipun terlihat mudah, ternyata beban bunga yang diberikan cukup beraneka ragam dan bisa dibilang tinggi. Karena ada beberapa yang menawarkan suku bunga hingga 1% per hari. Namun ada juga yang menawarkan 3% per bulan.

Setiap pinjaman di atas tentunya memiliki peruntukan yang tidak sama. Bila Anda ingin menggunakannya untuk kebutuhan konsumtif, sebaiknya ajukan pinjaman tunai modal KTP, KTA, dan kredit multiguna. Namun bila Anda ingin berbisnis bisa mengajukan pinjaman uang berbentuk P2P lending seperti Modal Rakyat.


Baca juga: 9 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Investasi

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru