Finansial

Bisnis

9 Persiapan Sebelum Memulai Investasi

Paskalia-

22 Aug 2019

9 Persiapan Sebelum Memulai Investasi

Investasi dengan hasil menguntungkan merupakan informasi yang banyak dicari oleh berbagai kalangan. Setiap tahun tentunya setiap orang akan memiliki keinginan baru yang menambah daftar pencapaian yang diinginkan. Begitu juga untuk masa mendatang yang harus dipersiapkan dengan matang. Hal itulah yang membuat masyarakat semangat untuk berinvestasi.


Hal yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi

Sebelum memulai investasi, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Hal ini dilakukan agar Anda bisa lebih siap untuk menghadapi kondisi saat menjalankan investasi. Di bawah ini adalah poin penting yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi.


1. Tujuan berinvestasi

Sebelum memulai investasi, hal yang perlu Anda tentukan pertama kalinya adalah tujuan berinvestasi itu sendiri. Apa yang ingin Anda raih dengan melakukan investasi. 

Jika sudah mengetahui tujuannya maka Anda bisa dengan lebih mudah termotivasi untuk melakukan investasi. Setiap orang tentu memiliki tujuannya masing-masing. Pilihlah tujuan yang sangat ingin Anda raih agar lebih terdorong.


Baca juga: 5 Tujuan Investasi yang Penting Untuk Masa Depan


2. Jumlah pengeluaran

Ketika berniat untuk melakukan investasi, buatlah catatan anggaran tentang jumlah pengeluaran rutin yang Anda lakukan setiap bulannya. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah dana akan cukup atau tidak. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko investasi tersendat di tengah jalan. Pikirkanlah dengan matang sebelum memulai investasi.


3. Niat dalam diri

Untuk bisa menjalankan investasi dalam jangka yang cukup panjang Anda harus memiliki niat yang kuat dan komitmen dalam diri. Hal ini menjadi pemicu bagaimana Anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa tetap menjalankan investasi yang dipilih. Jika Anda berkomitmen pada diri sendiri tentunya rasa tanggung jawab akan lebih besar.


4. Mencari informasi tentang agen atau perusahaan sekuritas

Sebelum memulai investasi Anda perlu mencari informasi detail tentang penyedia jasa berinvestasi berupa agen atau perusahaan sekuritas. Perhatikan dan pahami bagaimana sistem kerjanya. Apakah nanti penarikan dana bisa dilakukan dengan fleksibel atau seperti apa. Hal ini perlu diketahui agar Anda tidak kesulitan ketika ingin mengambil uang yang dimiliki.


5. Pengetahuan dalam bidang investasi

Jangan pernah memulai investasi dengan pengetahuan nol besar. Hal tersebut nantinya akan menyulitkan bagi Anda. Setidaknya Anda harus memiliki pengetahuan umum tentang jenis investasi yang dipilih. Selain itu, sebelum melakukan investasi sebaiknya Anda meminta masukan dari orang yang memahaminya terlebih dahulu.


6. Mencari tahu tentang risikonya

Sebelum memulai investasi, Anda perlu memahami tentang risiko yang sangat mungkin Anda hadapi nanti. Hal ini dilakukan agar Anda bisa menyiapkan solusi ketika hal buruk terjadi. 

Risiko menjadi bahan pertimbangan utama untuk Anda jenis investasi. Terdapat berbagai macam risiko mulai dari yang rendah, menengah dan tinggi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan toleransi Anda dalam menerima risiko.


7. Jumlah pemasukan

Untuk bisa melakukan investasi tentu Anda harus mengetahui berapa jumlah pemasukan setiap bulan. Hal ini menjadi tolok ukur apakah Anda memiliki stabilitas dalam hal penghasilan. Jika penghasilan Anda bisa dialokasikan untuk investasi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Mulailah dengan jenis investasi yang memiliki risiko kecil saja.


8. Aset yang dimiliki

Anda harus mendata aset yang dimiliki terlebih dahulu untuk bisa memperkirakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi. Semakin banyak aset yang dimiliki, maka peluang Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan dari berinvestasi akan semakin besar.


Baca juga: Strategi Investasi Paling Efektif Raih Financial Freedom


9. Keuntungan

Tujuan berinvestasi adalah meraih keuntungan, untuk itu Anda harus tahu seperti apa keuntungan yang dapat diraih. Terdapat beberapa jenis investasi yang mampu menghasilkan keuntungan yang besar, tapi dengan risiko yang besar pula. 

Risiko merupakan perkiraan kerugian yang mungkin akan terjadi, tapi jika Anda cermat dan memilih strategi yang tepat maka tidak akan mengalami kerugian yang besar.


Instrumen investasi yang banyak digandrungi saat ini

Sebelum memulai investasi, Anda juga perlu tahu tentang instrumen investasi yang akhir-akhir ini diminati oleh banyak orang. Apa saja jenis investasi tersebut, berikut informasinya.


1. Properti

Properti adalah salah satu investasi mendatangkan keuntungan besar. Semakin lama nilai dari properti akan semakin meningkat. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk bisa berinvestasi dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, properti juga bisa digunakan sendiri saat dibutuhkan dan bisa kembali dijadikan aset jika tidak digunakan. Jenis investasi ini sangat fleksibel sehingga banyak dipilih.


2. Emas

Kebanyakan orang tentu suka mengenakan emas sebagai perhiasan. Selain sebagai aksesoris, ternyata emas memiliki berbagai manfaat yang lebih berarti. Emas memiliki nilai yang cukup stabil. Sehingga, jika Anda ingin memulai investasi bisa berupa emas terlebih dahulu. Jika emas batangan terlalu mahal, maka Anda bisa membeli perhiasan terlebih dahulu untuk dijadikan aset.


3, Reksa dana

Jenis investasi yang satu ini dikatakan sangat menguntungkan karena Anda bisa memonitori secara langsung tentang pergerakannya. Anda bisa menganalisis jumlah keuntungan yang akan didapatkan dengan mudah. 

Reksa dana terdiri dari beberapa macam seperti pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham dan reksa dana campuran. Setiap jenis reksa dana memiliki risikonya masing-masing. Untuk itu sebaiknya Anda pilih jenis reksa dana yang sesuai dengan kemampuan.


4. Obligasi

Investasi jenis obligasi membuat Anda harus menanamkan sejumlah modal untuk sebuah perusahaan tertentu. Nantinya Anda akan mendapatkan surat mengenai obligasi tersebut. Dalam surat akan tertera berapa jumlah dan berapa lama Anda akan memberikan pinjaman pada perusahaan tersebut.


5. Saham

Bagi Anda yang ingin terjun ke pasar modal, bisa memilih investasi saham. Investasi ini membuat Anda bisa secara langsung terjun untuk mengetahui keadaan pasar. Anda bisa melakukan pembelian melalui online, jumlahnya pun tidak dibatasi sehingga Anda bisa mengelolanya sendiri.


Itulah hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai investasi dan investasi apa saja yang diminati akhir-akhir ini. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan dana Anda. Jangan sampai karena melakukan investasi, Anda mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Sebaiknya buatlah anggaran terlebih dahulu untuk bisa mengalokasikan dana dengan tepat. Melakukan investasi juga sama pentingnya dengan memenuhi kebutuhan harian, tapi efeknya baru bisa Anda rasakan di masa depan.


Baca juga: Takut Investasi Jangka Pendek? Ini Tips yang Membantumu


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru