Finansial

Gaya Hidup

5 Keuntungan Hidup Hemat yang Perlu Anda Tahu

Kabrina Rian Ferdiani-

19 Jan 2021

5 Keuntungan Hidup Hemat yang Perlu Anda Tahu

Cara hidup hemat sebenarnya merupakan kebiasaan baik yang harus kita latih sedini mungkin karena memberikan banyak keuntungan dalam hidup. Meskipun uang bukan segalanya, tapi kita masih membutuhkannya untuk memenuhi berbagai keperluan dalam hidup, seperti makan, transportasi, pendidikan, kesehatan dan keperluan penting lainnya. 

Memiliki penghasilan besar saat ini bukan berarti kita bisa menghambur-hamburkan untuk keinginan karena hidup kita masih panjang. Percuma jika Anda dapat menikmati banyaknya uang saat ini, tapi susah di masa depan karena persiapan finansial yang kurang matang dan hal ini sebenarnya masih bisa diantisipasi. 

Menikmati hari ini bukan berarti merusak masa depan sehingga Anda harus tetap memiliki perencanaan yang baik agar kehidupan nantinya tidak sulit. Cara paling tepat untuk meraih kesuksesan di masa kini dan masa depan adalah menerapkan cara hidup hemat dalam sehari-hari.


Baca juga: Cara Pakai Kartu Kredit supaya Tidak Konsumtif


Finansial Masa Depan Lebih Terjamin

Setiap orang pasti memiliki keinginan bebas secara finansial sedini mungkin sehingga Anda bisa pensiun di masa muda, tapi bisa menikmati harta yang sudah terkumpul selama ini. Untuk memiliki kehidupan masa depan yang bahagia, Anda harus menerapkan cara hidup hemat mulai dari sekarang. 

Hampir semua orang akan merasakan kecemasan dan ketakutan akan kondisi keuangan kita di masa depan, apakah masih bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar tagihan bulanan dan lain sebagainya. Kekhawatiran ini wajar saja karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, apalagi masa tua. 

Meskipun kita tidak tahu apa yang terjadi kedepannya, tapi kita bisa mengantisipasi kesulitan keuangan di masa tua nantinya, yaitu dengan menerapkan cara hidup hemat sedini mungkin. Dengan begitu, kita masih bisa menyisihkan penghasilan untuk ditabung dan nantinya akan terkumpul sebagai dana pensiun kelak. 


Melatih Gaya Hidup Sederhana

Gaya hidup setiap orang berbeda-beda, sebenarnya bukan kekayaan yang membedakan gaya hidup kita, tapi kebiasaan. Banyak orang kaya yang memiliki gaya hidup sederhana dan ada juga orang dengan ekonomi menengah ke bawah justru memiliki gaya hidup mewah sehingga perlu dilatih cara hidup hemat.

Seperti yang kita tahu, hidup itu bagaimana roda yang berputar di mana kita bisa berada di atas dan bisa berada di bawah dalam waktu yang tidak bisa kita tebak. Jika sudah terbiasa dengan gaya hidup mewah, maka kita akan mengalami kesulitan saat berada di bawah.

Sebaliknya, jika kita sudah terbiasa dengan gaya hidup sederhana maka kemungkinan besar kita bisa bertahan di tengah kondisi yang sulit sekalipun. Gaya hidup sederhana dapat dilatih dengan cara hidup hemat dan menganggap penting uang sehingga tidak mudah mengeluarkan begitu saja, apalagi untuk kesenangan sesaat. 


Baca juga: 7 Resolusi Tahun 2021 Buat Hidup Lebih Sehat dan Bahagia


Tidak Terjerat Utang

Sebenarnya, seberapapun penghasilan yang dimiliki rasanya tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. Namun, Anda harus sebisa mungkin mengatur keuangan dengan baik agar kebutuhan penting dapat terpenuhi terlebih dahulu. Hal ini hanya bisa dicapai jika kita melatih cara hidup hemat.

Sebagian orang sudah bersyukur dengan penghasilan yang didapatkannya sehingga penghasilan itulah yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Tapi, ada juga sebagian orang yang merasa belum cukup hingga memaksa mereka untuk berutang untuk memenuhi hasrat berbelanja atau untuk bersenang-senang semata. 

Tentu saja Anda harus menghindari kebiasaan tersebut karena sekali terjerat utang, maka Anda akan kesulitan untuk terlepas. Dengan cara hidup hemat, maka Anda akan lebih terbiasa untuk bersyukur atas berapapun penghasilan yang didapatkan dan untuk berutang pun rasanya tidak sampai hati. 


Melatih Kemampuan Mengatur Keuangan

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan cara hidup hemat adalah melatih kemampuan mengatur keuangan. Semakin dewasa, Anda harus semakin pandai dan bijak dalam mengatur keuangan agar bisa mencapai kebebasan finansial di masa depan. Sayangnya, tidak mudah untuk memiliki kemampuan mengatur keuangan ini. 

Bukan hanya pengetahuan tentang manajemen keuangan, tapi Anda juga harus melatihnya sedari dini agar lebih mudah nantinya. Hidup hemat mengajarkan kita bagaimana memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran agar masih ada sisa untuk ditabung. Penentuan anggaran setiap kebutuhan juga perlu diperhitungkan jika Anda ingin lebih berhemat. 

Awal-awal belajar mengatur keuangan pasti tidak mudah, tapi Anda hanya perlu waktu untuk membiasakan diri, seperti memecah keuangan menjadi beberapa bagian, seperti anggaran makan, transportasi, dana darurat, membayar tagihan dan lain sebagainya. Dengan begitu, cara hidup hemat bisa melatih kemampuan mengatur keuangan secara detail.


Baca juga: Ide-Ide Kreatif Menghemat Pengeluaran, Yuk Coba!


Kebutuhan Terpenuhi dengan Baik

Jika menuruti kebutuhan rasanya tidak akan pernah cukup karena seringkali kita tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Namun, jika kita sudah melatih diri dengan cara hidup hemat, maka kita akan lebih mudah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga pengeluaran dapat terjaga dengan baik. 

Kebiasaan berhemat membuat kita akan lebih mempertimbangkan banyak hal sebelum mengeluarkan uang, seperti memastikan diri apakah barang itu benar-benar dibutuhkan. Jika Anda sudah bisa memilah mana kebutuhan dan keinginan, maka Anda akan terbiasa untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu dibanding keinginan. 

Apabila kebutuhan pokok atau premier sudah terpenuhi, maka Anda bisa memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier. Terkadang, tidak semua kebutuhan harus dibeli saat itu sehingga Anda harus bisa memilih waktu yang tepat untuk membelinya agar dana yang lain bisa dialihkan ke keperluan lain yang lebih mendesak. 

Memiliki penghasilan tambahan merupakan suatu keharusan agar Anda bisa hidup layak di masa sekarang dan di masa depan. Bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan aman dan menjanjikan, percayakan saja pada Modal Rakyat. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi ini, termasuk cara hidup hemat.


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama P2P Lending Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru