Gaya Hidup

7 Resolusi Tahun 2021 Buat Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Kabrina Rian Ferdiani-

30 Dec 2020

7 Resolusi Tahun 2021 Buat Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

Apa kabar resolusi 2020? Gagal dan berantakan gara-gara pandemi? Tenang, kamu nggak sendirian.

Meski banyak rencana yang gagal, jangan lantas menyurutkan semangat menyambut tahun baru 2021 ya! Yuk rayakan pergantian tahun dengan membuat resolusi untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia.

Caranya gampang, kok. Setelah menentukan resolusi utama, detilkan lagi menjadi rencana-rencana sederhana yang mudah dipraktikkan. Yuk simak resolusi 2021 untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia!


Baca juga: Kalender 2021: Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama



Menyusun Anggaran Keuangan yang Lebih Matang

Tahun baru menjadi saat yang tepat untuk memulai kebiasaan baru. Termasuk kebiasaan menyusun anggaran bulanan yang lebih matang.

Pikirkan lagi sumber-sumber penghasilan dan pengeluaran. Apakah dana darurat sudah terkumpul? Bagaimana dengan tabungan dan simpanan hari tua?

Yuk susun lagi anggaran bulananmu dan pangkas pengeluaran tak penting!


Makin Rajin Memasak

Resolusi ini bikin kamu melampaui 2 pulau dalam satu dayungan. Maksudnya, dengan memasak kamu bisa lebih berhemat dan hidup lebih sehat. Nggak percaya?

Resolusi Tahun 2021 Makin Rajin Memasak

Memasak terbukti lebih murah dari pada kebiasaan makan di luar maupun menggunakan layanan pesan antar. Selain itu, kamu jadi tau betul kandungan yang ada dalam masakanmu. Dari minyak, lemak, hingga gizinya.

Sekali-sekali boleh sih jajan bareng temen, tapi jangan keseringan!


Buat Jadwal Bersih-Bersih

Kebersihan pangkal kesehatan! Kalau kamu mau hidup lebih sehat, mulailah dengan membuat jadwal bersih-bersih rumah dan kamar.

Luangkanlah waktu untuk menjalankan agenda satu ini. Jangan banyak alasan untuk menunda lagi. Ingat barang menumpuk dan debu tebal bisa membawa dampang buruk bagi kesehatan. Lingkungan yang bersih dan rapi juga bisa menjauhkan kamu dari stres yang menumpuk.

Berhenti Merokok

Meski sekarang kamu merasa paru-paru kamu baik-baik aja, apa kamu yakin mereka masih akan baik-baik saja 20 tahun mendatang? Menjaga kesehatan juga masuk dalam investasi jangka panjang, loh.

Nah jadikan berhenti merokok sebagai resolusi 2021. Kamu bisa mulai dengan mengurangi jumlah konsumsi rokok (termasuk vape!) dan alokasikan uang rokokmu ke investasi bulanan!

Selain lebih sehat, kamu bisa menambah pundi-pundi tabungan!


Perbanyak Makan Buah

Kandungan vitamin dalam buah terbukti baik untuk tubuh. Oleh karenanya, rutinlah mengkonsumsi buah-buahan setiap hari.

Ada baiknya kamu memakan buah secara utuh dari pada memprosesnya. Sebab tanpa sadar kamu sering menambahkan gula atau garam saat memproses atau mengolah buah. Akhirnya gizi dalam buah jadi berkurang akibat tambahan gula dan garam tadi.


Donasikan Baju Lama

Setelah bersih-bersih, kamu jadi sadar ada banyak pakaian lama yang menumpuk? Nggak perlu pusing, simpan pakaian usangmu ke dalam kardus lalu donasikan!

Resolusi Tahun 2021 Donasikan Baju Bekas

Saat ini sudah banyak lembaga yang bersedia menerima pakaian usang dan menyalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Kamu juga bisa kirimkan baju-baju tersebut ke lokasi bencana alam secara mandiri.

Eits, bukan berarti kamu punya alasan untuk belanja baju baru, ya. Ingat anggaran keuanganmu!


Makin Rajin Olahraga

Rajin olahraga bisa bikin tubuh terasa enteng. Kamu jadi makin lincah bergerak dan berenergi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Olahraga juga bisa bantu mempertahankan berat badan ideal

Selain bikin badan sehat, olahraga bisa membantu kamu melepas stres. Artinya, selain menjaga kesehatan fisik, olahraga juga menjaga kesehatan mental.

Nah itu dia 7 resolusi 2021 yang bisa bikin hidup jauh lebih sehat dan bahagia. Pastikan kamu konsisten dan berkomitmen untuk menjalankan resolusi, jangan sampai resolusimu hanya jadi kebiasaan tahunan, ya.

Selamat tahun baru!


Baca juga: Wujudkan 6 Resolusi Finansial 2021 ini Biar Kamu Cepat Kaya

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru