Bisnis

Finansial

5 Peluang Bisnis untuk yang Jago Bahasa Inggris

Paskalia-

10 Sep 2019

5 Peluang Bisnis untuk yang Jago Bahasa Inggris

Jika dilihat dari perkembangan zaman saat ini, pemahaman tentang bahasa Inggris dirasa sangat perlu dan banyak dibutuhkan di berbagai kegiatan dan bisnis. Jadi, buat Anda yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, ada baiknya Anda manfaatkan skill Anda tersebut. 

Berikut ini adalah 5 peluang bisnis untuk yang jago bahasa Inggris.


Baca juga: Tips Efektif Mengembangkan Usaha Rumahan


1. Membuka jasa penerjemah

Salah satu peluang bisnis untuk yang jago bahasa Inggris adalah Anda dapat membuka layanan jasa penerjemah. Disini terdapat sebuah langkah realistis apabila kemampuan berbahasa Inggris Anda belum di atas rata-rata, tapi ingin memulai bisnis ini. Anda bisa menggunakan beberapa alat translate seperti Google Translate atau Indotranslate.com. 

Anda juga dapat melakukan alih bahasa dan kemudian menerapkan sistem editing dengan cukup mudah, bahkan jika kemampuan grammar Anda hanya rata-rata. Saat ini banyak instansi yang membutuhkan penerjemah dari bahasa Inggris ke Indonesia. Bayaran yang didapat oleh penerjemah juga lumayan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. 

Selain menerjemahkan dokumen, Anda juga bisa menjadi penerjemah di acara-acara internasional yang diadakan pemerintah atau lembaga lainnya.


2. Membuka layanan guru privat bahasa inggris

Peluang bisnis untuk yang jago bahasa Inggris selanjutnya adalah menawarkan jasa guru privat bahasa Inggris. Di sini Anda bisa memposisikan diri Anda sebagai pengajar dan menawarkan jasa mengajar privat bahasa Inggris murah ke banyak tempat. 

Sebagai contohnya, Anda bisa menempelkan brosur usaha privat bahasa Inggris ke mading sekolah, atau membagikannya langsung kepada para siswa atau orang–orang yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Lalu, bagaimana cara agar berhasil dalam melaksanakan ide bisnis ini? Jawabannya tentu saja berdasarkan kualitas Anda sendiri. Semakin tinggi kualitas yang Anda miliki, maka semakin banyak pula konsumen yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda. 

Yang kedua, Anda harus bisa menciptakan model bisnis yang baik. Jadi, ketika konsumen mulai banyak, Anda bisa mulai untuk merekrut pengajar dan didik mereka supaya sesuai dengan sistem pengajaran yang Anda miliki.


3. Menjadi penulis e-book

Peluang bisnis untuk yang jago bahasa Inggris selanjutnya adalah menulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal tersebut bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Tema yang Anda tulis bisa berbagai macam, mulai dari novel dalam bahasa Inggris yang bisa dijual sampai ke luar negeri.

Lalu, tulislah e-book yang berisi tentang hal yang Anda kuasai. Misalnya, jika Anda ahli dalam hal keuangan, tulislah tentang keuangan. Jika Anda hobi memasak, Anda bisa menulis tutorial memasak yang sekarang dibutuhkan banyak orang. Penggunaan bahasa Inggris bisa membuat cakupan pembaca Anda jadi lebih luas, bahkan sampai ke pembaca di luar negeri.

Jika e-book Anda ini laku keras, Anda bisa meraup keuntungan sampai puluhan juta. Yang penting adalah Anda terus mengasah kemampuan menulis dalam bahasa Inggris Anda.


Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Banyak dari Bisnis Franchise


4. Menjadi blogger yang menulis konten bahasa Inggris

Peluang bisnis untuk yang jago bahasa Inggris yang lain adalah membuat blog. Blog-nya pun menggunakan Bahasa Inggris. Apakah Anda tahu jika banyak orang yang bisa meraup hingga belasan juta rupiah melalui blog berbahasa Inggris?

Cara mendapatkannya adalah dengan mendaftarkan blog tersebut melalui perusahaan periklanan. Biasanya blog dalam bahasa Inggris pangsa pasarnya lebih besar karena bahasa Inggris hampir digunakan di seluruh dunia.

Beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang advertising online yang bisa Anda manfaatkan antara lain adalah Google Adsense, Infolinks, dan Chitika. Jadi, setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung blog Anda, Anda nantinya akan mendapatkan uang. 

Jika Anda tertarik mengembangkan skill bahasa inggris Anda, mulailah menulis dan buatlah blog gratis di Blogger. Lalu, teruslah menulis hingga pengunjung blog Anda melimpah. Kemudian, setelah dirasa sudah cukup banyak dikunjungi, Anda bisa daftarkan ke salah satu perusahaan periklanan online misalnya, Google Adsense. Jangan lupa untuk mengikuti persyaratannya dengan baik.

Ketika verifikasi diterima, maka iklannya akan tampil. Setelah itu, Anda tinggal nikmati saja penghasilan dollar dari dunia blogging yang sudah Anda bangun.


5. Menjadi penulis artikel bahasa Inggris

Peluang bisnis untuk yang jago bahasa Inggris ini tidak kalah menguntungkan. Lalu, siapa yang akan menggunakan jasa kita? Perusahaan yang memerlukan artikel dalam bahasa Inggris. Perusahaan ini tidak hanya ada di Indonesia, Anda bisa juga mendapatkan job menulis artikel bahasa Inggris dari perusahaan luar negeri. Menarik, bukan?

Anda bisa mendapatkan job yang biasanya dilakukan secara lepas ini di situs internasional seperti Freelancer.com, Fastwork, dan portal job yang menyediakan lowongan kerja dari luar negeri. Bayarannya tentu sangat menggiurkan karena akan jauh lebih besar dibandingkan ketika Anda menulis dengan bahasa Indonesia. Penghasilan Anda bisa mencapai jutaan.

Peluang bisnis untuk yang jago bahasa Inggris ini akan terus ada selama teknologi bernama internet dibutuhkan banyak orang. Untuk bisa melakukan pekerjaan ini secara profesional, Anda bisa berlatih menulis bahasa Inggris di blog Anda sendiri. 


Itulah peluang bisnis untuk yang jago bahasa Inggris yang sangat menghasilkan. Kesimpulannya adalah untuk mencari uang tidak melulu bergantung pada ijazah dan pengalaman kerja Anda. Di era digital seperti sekarang ini soft skill sangat membantu Anda dalam membangun karier, yang mana salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris yang baik.


Baca juga: Mahasiswa, Ini Cara Menabung Agar Bisa Liburan


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru