Bisnis

Finansial

5 Syarat dan Manfaat untuk Melakukan Pinjaman Usaha

Kabrina Rian Ferdiani-

22 Mar 2021

5 Syarat dan Manfaat untuk Melakukan Pinjaman Usaha

Ingin memperoleh pinjaman usaha tapi masih bingung akan persyaratan atau manfaatnya? Tenang, temukan jawabannya di sini.

Di zaman serba modern sekarang ini, meminjam dana usaha tak lagi menjadi masalah sulit. Tidak hanya manfaatkan KTA dari bank, orang sekarang disajikan pelayanan financial technology yang saat ini sedang tumbuh subur di Indonesia.

Berdasar data dari Otoritas Jasa Keuangan, sampai saat ini, keseluruhan pengelola fintech yang sudah tercatat dan berizin ialah sekitar 161 perusahaan.

Artinya dari jumlah itu, Anda dapat memakai satu diantara pelayanan fintech tersebut yang paling sesuai keperluan untuk meningkatkan modal usaha.

Umumnya fintech yang sediakan pinjaman usaha menawarkan sistem angsuran mudah dan bunga yang cukup rendah. Tetapi, bukan berarti Anda dapat dengan gampangnya terbuai akan sistem itu, ingat banyaknya fintech yang beredar pasti membuat oknum bodong yang tidak ingin ketinggalan untuk memanfaatkan keadaan ini.

Karena itu, penting bagi Anda untuk memeriksa lebih dulu integritas sekaligus persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan fintech itu. Apa sesuai persyaratan pinjaman usaha umumnya atau mungkin tidak.

Lalu, apa sih persyaratan yang diperlukan saat calon debitur ingin memperoleh pinjaman usaha?


Baca juga: Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino yang Bisa Ditiru


5 Syarat untuk Melakukan Pinjaman Usaha

Saat ingin meminjam dana, pasti Anda harus mempersiapkan sederet persyaratan dan dokumen yang diminta. Tanpa ini, permintaan pinjaman Anda sudah pasti tidak diproses oleh pihak instansi penyedia dana.

Tetapi yang penting diingat, tiap instansi penyedia dana mempunyai ketetapan sendiri akan persyaratan pinjaman usaha. Namun bila dilihat pada umumnya, berikut lima persyaratan pinjaman usaha yang perlu dipersiapkan oleh calon debitur.

Mencakup usia minimal

Persyaratan umum saat ingin meminjam dana, baik di fintech atau bank ialah memenuhi ketetapan umur, yaitu minimal 21 tahun. Maksudnya untuk mengenali kecakapan calon debitur saat nantinya diminta membayar angsuran pinjaman. Jika tidak dipenuhi, maka pihak penyedia pinjaman memiliki hak membatalkan perjanjian itu.

Perihal ini diatur dalam pasal 330 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer), di mana tiap orang yang dipandang belum cukup usia atau dewasa ialah mereka yang masih belum mencapai 21 tahun dan belum kawin. Bila belum berusia 21 tahun tetapi sudah menikah, maka bisa dianggap menjadi orang dewasa secara perdata dan bisa melaksanakan perjanjian.

Mempersiapkan dokumen personalitas diri

Selanjutnya, penuhi persyaratan dokumen yang diminta, di mana umumnya berbentuk foto copy KTP dan akte nikah. Foto copy KTP sebaiknya sesuai alamat tinggal. Jika berlainan, maka Anda perlu memberikan surat keterangan dari kelurahan sebagai alamat tinggalmu sekarang ini.

Kalau sudah menikah, sertakan KTP pasangan sekaligus foto copy akte nikah supaya pihak pinjaman dana dapat mengenali jika pengajuan yang dijalankan atas kesepakatan kedua pihak.

Baca juga: 10 Jurus Jitu Jadi Miliarder di Usia 30 Tahun

Foto copy kartu keluarga

Tidak hanya mengikutsertakan foto copy KTP dan akte nikah (bila sudah berkeluarga), syarat yang lain yang perlu ditambahkan ialah foto copy kartu keluarga. Persyaratan ini tidak kalah penting, karena pihak penyedia pinjaman bisa memprediksi kesanggupan Anda sebagai calon debitur dalam membayar angsuran tiap bulan.

Bukti slip gaji

Dengan bukti slip gaji, pihak penyedia pinjaman bisa menimbang apakah calon debiturnya pantas memperoleh pinjaman. Bila calon debitur itu mengajukan pinjaman dalam skala besar dan nyatanya melebihi nominal penghasilannya tiap bulan, maka peluang untuk memperoleh pinjaman sangat kecil dan begitu juga sebaliknya.

Foto copy buku tabungan

Untuk mengetahui bagaimana keadaan keuangan Anda, baik fintech atau bank sebagai penyedia pinjaman pasti meminta Anda menyertakan foto copy buku tabungan. Besaran saldo yang ada di rekening tabungan bisa menjadi tanda apa Anda mampu untuk menukar semua pinjaman yang diberi.

Karenanya, pastikan saldo yang ada pada rekening Anda lebih dari cukup, terutamanya saat tiga sampai enam bulan paling akhir saat sebelum mengajukan pinjaman usaha.


Manfaat Pinjaman usaha

Setelah mengulas persyaratan, pada point ini Anda akan mengenali apa manfaat pinjaman usaha. Apa lagi bila Anda punya niat untuk melakukan pengembangan karena usaha yang ditekuni sedang populer.

Tidak selalu dipandang negatif, adanya pinjaman, malah Anda dapat mengatur cash flow dan menjalankan operasional usaha seperti mestinya. Di bawah ini deretan manfaat pinjaman usaha.

  • Menyewa gedung baru untuk tempat pegawai bekerja.
  • Menggaji pegawai, bila Anda ingin membesarkan lingkup usaha.
  • Memperluas peralatan atau perlengkapan untuk mendukung aktivitas usaha.
  • Memudahkan untuk bereksperimen.
  • Menjaga kondisi darurat supaya masih terkontrol.


Baca juga: Tips Melepaskan Diri dari Sindrom Hedonic Treadmill


Pilihan Terbaik Pinjaman usaha secara Online

Nah, sama seperti yang telah diterangkan awalnya pinjaman usaha bukan hanya dapat diperoleh melalui bank saja. Karena, Anda dapat mengajukannya lewat cara online melalui service fintech yang telah tercatat dan dipantau oleh OJK. Salah satunya yang disarankan ialah Modal Rakyat.

Melalui service Modal Rakyat, Anda dapat memperoleh pinjaman dengan mekanisme angsuran mudah, proses cepat, dan bunga rendah.

Jika masih kuatir juga, Anda dapat lakukan perbedaan lebih dulu dari beberapa produk bank penyedia pinjaman sebagai partner terbaik Modal Rakyat.

Untuk proses pengajuannya, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa dokumen pendukung, misalnya:

  • Fotokopi KTP, kartu keluarga dan surat nikah (jika sudah memiliki keluarga).
  • Fotokopi NPWP individu/SPT PPh 21.
  • Cetak rekening tabungan tiga bulan paling akhir.
  • Salinan SIUP, TDP, NPWP Perusahaan.
  • Salinan laporan keuangan.
  • Materai

Bagaimana, benar-benar ringan kan? Yuk, ajukan pinjaman usaha di Modal Rakyat sekarang dan rasakan bermacam manfaatnya!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru