Gaya Hidup

Bisnis

Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino yang Bisa Ditiru

Paskalia-

12 Jul 2019

Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino yang Bisa Ditiru

Bob Sadino adalah tokoh yang menginspirasi. Tak heran jika banyak orang belajar tips berbisnis darinya, apakah Anda juga termasuk salah satunya? Oleh karena itu Anda harus menyimak Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino di bawah ini.

Bambang Mustari Sadino atau lebih dikenal dengan sapaan Bob Sadino adalah pengusaha nyentrik yang tak pernah segan membagikan pengalamannya kepada orang-orang. Pengusaha yang menggeluti bisnis di bidang olah daging dan pertanian tersebut seringkali mengajak generasi muda untuk tidak takut mencoba hal-hal baru. 

Lewat kegigihan dan kejelian melihat peluang, kesuksesan tetap bisa diraih meski tanpa bermodal uang banyak dan embel-embel gelar pendidikan.

Banyak orang tidak percaya dengan petuah tersebut, tetapi bukti berbicara lain. Bob Sadino berhasil meretas batas kewajaran bahwa siapa saja bisa berbisnis, tidak terpengaruh dari latar belakang pendidikannya.

Seolah berniat melawan arus, Bob Sadino malah menyarankan agar bisnis dapat dijalani dengan rasa kerelaan dan bukan karena “ada uang”. Memulai bisnis tidak harus dengan memiliki modal yang langsung besar.

Untuk mengetahui lebih lanjut Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino, Anda bisa menyimak pembahasannya di bawah ini. 


Baca juga: 4 contoh usaha dengan modal bisnis minim


5 Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino


1. Jalani bisnis tanpa pakem

Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino adalah jangan bergantung pada rencana karena rencana hanya dilakukan mereka yang belajar ilmu manajemen saja. Dalam kehidupan berbisnis, rencana tidak begitu dibutuhkan. Mengapa? Bisnis bukanlah ilmu pasti yang selalu berjalan mulus sesuai teori dan bisa diatur sesuai apa yang kita inginkan. Ada kalanya, Anda menemui rintangan-rintangan yang sulit dipecahkan. 

Bagi Bob Sadino, menyusun rencana membuat gerakan Anda jadi terbatas, dan Anda jadi seperti terpenjara. Rencana bisa saja menjadi bencana yang mengerikan. 

Bisa jadi Anda bisa mendapatkan target melebihi dari yang Anda rencanakan. Hal itu karena potensi setiap orang berbeda-beda dan hanya bisa diketahui jika digali secara serius. Potensi Anda lebih besar dari yang Anda bayangkan.

Menjalankan bisnis dengan prinsip mengalir akan membuat Anda bebas berpikir dan bebas melangkah. Anda bisa mencoba banyak bidang untuk mengetahui mana yang paling sesuai dengan bakat minat Anda. 

Bob Sadino dulunya pernah bekerja sebagai karyawan perusahaan pelayaran. Kemudian, ia banting setir menjadi peternak ayam. Semua itu ia jalani tanpa perencanaan, melainkan hanya mengikuti arah mata angin saja. 


2. Hidup sederhana

Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino berikutnya ialah menghindari perilaku hidup glamour. Dulunya, Bob Sadino pernah menjajal berbagai macam profesi, mulai dari kuli batu yang berpenghasilan kecil hingga menjadi supir bus Mercedes. Semuanya membawa pelajaran penting untuknya.

Dari berbagai pengalaman itu lah yang membuatnya sukses menjadi seorang pengusaha ayam ternak. 

Ia bahkan pernah mengatakan bahwa ia seorang pengangguran. Padahal, kala itu ia sudah memiliki rumah seluas kebun sawit dan menjalankan bisnis ternak ayam yang sukses. 

“Saya punya Kemchick sebagai supermarket, Kemfood untuk daging olah dan saya punya 1.600 pegawai yang bekerja di perusahaan saya. Saya hanya seorang pengangguran, tetapi saya bisa mengekspor ribuan ton ke Jepang. Makanya, saya jadi pengangguran!”.

Itu adalah kutipan kata-kata sederhana yang terlontar dari mulut Bob Sadino itu menunjukkan makna tersirat tentang keberhasilannya di dalam dunia bisnis. Menimbulkan kesan ia adalah seorang yang sederhana. Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino ini jangan Anda lupakan.

Apalagi kesederhanaan tersebut juga ditampilkan dalam kesehariannya yang sering mengenakan kemeja sederhana dipadu dengan celana pendek. 


Baca juga: 3 Jenis Pinjaman Modal Terbaik Saat Ini


3. Jadi diri sendiri

Bob Sadino adalah orang yang sangat percaya diri. Ketika bertemu Presiden Soeharto, ia bahkan tak mengubah gaya berbusananya sedikit pun dan masih mengenakan pakaian yang sama, yakni kemeja sederhana dipadukan dengan celana pendek. 

Akibat mempertahankan sisi nyentriknya tersebut, ia bahkan sempat diusir oleh penjaga karena dianggap kurang menghargai acara yang sedang berlangsung. Namun, itulah Bob Sadino, ia tetap tak berniat mengubah gaya busananya, walau hanya untuk menyenangkan hati orang lain. 


4. Berani mencoba hal yang baru

Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino selanjutnya adalah berani mencoba hal baru. Bob Sadino bukanlah pernah mengalami masa-masa berat dalam berbisnis hingga ingin menyerah.

Persaingan ketat sudah ia rasakan di saat ia memulai bisnisnya ini. Ia berhadapan dengan peternak ayam domestik yang lebih dulu terjun ke bisnis ini.

Namun, ia buang jauh-jauh kata menyerah itu. Ia mengubah strategi dengan lebih fokus dengan mengubah target pasarnya ke kalangan ekspatriat atau pelanggan warga negara asing. 

Cara ini terbilang sukses karena berhasil membesarkan Kemchick dan Kemfood yang menjadi bisnis andalannya.


5. Berani ambil risiko 

Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino yang terakhir adalah walaupun ada risiko, ya jalan saja. Hal itu karena pengusaha memang akan dibayang-bayangi oleh risiko. Risiko yang ada akan membantu bisnisnya berkembang menjadi lebih baik. Kalau tidak ada risiko, malah bisnis akan berjalan di tempat.  


Bagi Bob Sadino bisnis tidak hanya membutuhkan uang, tapi ada yang lebih penting lagi, yaitu, ide cemerlang dan usaha konkret untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Memulai bisnis ialah tentang mengeksekusi ide dengan cepat dan tanpa takut dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Tips Sukses Mengelola Usaha Ala Bob Sadino satu ini memang yang termasuk penting.

Menurut Bob Sadino, terlalu banyak berpikir soal untung rugi juga akan membuat Anda gamang mengambil keputusan. Padahal, dalam dunia bisnis, keputusan menjadi salah satu faktor penentu masa depan Anda. Oleh karena itu, Anda harus berani mengambil keputusan agar bisa segera mengeksekusi ide yang dimiliki.


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru