Gaya Hidup

Finansial

6 Tips Agar Sukses Sebelum Usia 30 Tahun

Paskalia-

28 Aug 2019

6 Tips Agar Sukses Sebelum Usia 30 Tahun

Siapa yang tidak mau sukses sebelum berumur 30 tahun? Nah, jika kamu ingin sukses sebelum usia 30 tahun, kamu wajib simak 6 tips agar sukses sebelum usia 30 tahun. Kenapa kamu perlu banget untuk baca artikel ini? Karena kamu perlu tahu ilmunya terlebih dahulu sebelum kamu mengimplementasikannya. 

Dengan mengetahui tips agar sukses sebelum usia 30 tahun di bawah ini, diharapkan kamu akan lebih lihai dalam memanajemen kehidupanmu. 

Namun sayangnya, untuk meraih sukses di usia muda itu perlu perjuangan yang tidak main-main. You’ve to work extra harder than what the normal people do, kamu harus bekerja lebih ekstra lebih dari orang-orang pada umumnya. Kenyataannya, mimpi untuk bisa sukses di usia muda malah menjadi sekadar angan saja. Mereka lebih memilihnya sebagai mimpi daripada berjuang untuk merealisasikannya.

Padahal, ada banyak sosok pengusaha-pengusaha yang sukses di usia muda. Mereka berasal dari seluruh penjuru dunia. Sebut saja Mark Zuckerberg pendiri Facebook, Travis Kalanick pendiri Uber, Belva Devara dan Iman Usman founder Ruang Guru, hingga Alfatih Timur pendiri Kitabisa.com. Lalu, apa sih rahasia mereka? Bagaimana cara mereka meraih kesuksesan di umur yang terbilang muda? 

Berikut ini adalah tips agar sukses sebelum usia 30 tahun yang dapat kamu praktikkan.


Baca juga: Cari Tahu Sumber Modal Bisnis Efektif Bagi Pemula di Sini


1. Talk Less, Action More 

Tips agar sukses sebelum usia 30 tahun yang pertama adalah talk less, do more, sedikit bicara banyak bertindak. Selain memiliki semangat serta rencana yang rinci, jangan lupa untuk segera merealisasikan rencana tersebut. Apalagi jika kamu sudah punya rencana bisnis yang cukup matang, jangan ragu untuk mengekseksusinya.


2. Menabung!

Kamu pasti sudah tidak asing dengan pepatah ‘hemat pangkal kaya’. Ya, salah satu bentuk berhemat adalah dengan menabung. Menabung merupakan salah satu cara untuk untuk berinvestasi. Dengan begitu, uang tabungan yang kamu miliki bisa kamu gunakan untuk membangun bisnis pertamamu. 

Ini adalah tips agar sukses sebelum usia 30 tahun yang tidak boleh kamu abaikan karena dampaknya akan cukup besar.

Apakah ada cara efektif supaya kita bisa konsisten dalam menabung? Tentu saja ada! Kamu bisa menggunakan prinsip skala prioritas agar kamu bisa konsisten dalam menabung. Kamu harus bisa membedakan jenis-jenis kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingan serta tingkat kebutuhannya. 

Tahan keinginanmu untuk membeli barang-barang yang tidak perlu, sekalipun barang tersebut sedang diskon besar-besaran! 

Lalu, kamu juga harus mengatur waktu sebaik-baiknya. Mengapa manajemen waktu juga sangat berpengaruh bagi kesehatan keuanganmu? Dengan mengatur waktu, kamu juga bisa mengontrol pengeluaran. 

Kurangilah waktumu untuk hanya sekadar nongkrong di kafe bersama teman-teman. Kamu harus hidup lebih prihatin dan menghindari sifat konsumtif berlebihan. Tips agar sukses sebelum usia 30 tahun adalah bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.


Baca juga: Rumus Produktivitas Kerja: Manfaat dan Cara Meningkatkannya


3. Menjalin Networking dengan Lingkungan Yang Baik 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lingkungan akan membentuk kepribadian kita. Jika dianalogikan, dampak lingkungan pertemanan dengan pribadi itu seperti berteman dengan penjual minyak wangi atau pandai besi. 

Teman yang baik itu ibarat penjual minyak wangi; kita akan terkena bau wanginya, sementara teman yang buruk itu ibarat berteman dengan pandai besi; kita akan terkena abu atau bau gosongnya. 

Selain membentuk kepribadian, lingkungan yang baik juga berpengaruh bagi performa bekerja dan pola pikir yang kamu miliki. Kamu perlu mengingat terus tips agar sukses sebelum usia 30 tahun ini karena akan sangat membantumu ke depannya. 

Menjalin networking yang baik bukan berarti kamu pilih-pilih teman, ya! Tetaplah menjalin hubungan dengan banyak orang, akan tetapi jadikanlah orang-orang dengan visi yang sama sebagai teman dekatmu. 

Bertemanlah dengan orang-orang yang memiliki energi positif. Energi positif yang dimiliki oleh lingkungan yang baik akan membantumu untuk tetap konsisten pada tujuanmu. 


4. Pilih Target Pasar

Salah satu langkah yang kamu rencanakan sebelum membuka bisnis adalah menentukan target pasar. Tentukan target pasar secara spesifik. Menentukan target pasar secara spesifik akan membantumu untuk bisa sukses. Tidak mengherankan tips agar sukses sebelum usia 30 tahun ini perlu diterapkan dengan baik.

Bagi kamu pebisnis pemula, ada baiknya untuk tidak memilih target pasar yang terlalu luas. Sebab dari niche market, kamu akan lebih mudah dalam menyesuaikan layanan. 


5. Cari Mentor yang Bisa Membimbingmu

Setiap orang butuh nasihat dalam hidupnya. Dengan nasihat, kamu bisa menentukan mana hal yang baik atau yang buruk bagi hidupmu. Maka dari itu, kamu perlu untuk mencari seorang mentor atau guru yang bisa kamu mintai pendapat. 

Menemukan seorang mentor merupakan salah satu hal paling penting yang dapat kamu lakukan dalam merintis cita-citamu menjadi pengusaha muda. 

Melalui mentor, kamu bisa berbagi pengalaman berharga. Mereka memiliki pengetahuan-pengetahuan serta sudut pandang yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan sendirian. Mereka juga memiliki pengalaman yang bisa kamu jadikan pelajaran. 

Melalui nasihat-nasihat dari mereka, kamu bisa menentukan pergerakan progresif serta membuat keputusan bisnis yang cerdas. Bagaimana cara untuk menemukan mentor yang tepat? Pertama, kamu harus membangun networking yang baik. Kamu bisa mengawali langkahmu dengan menghubungi kenalan-kenalan yang memiliki passion yang sama denganmu; yakni dalam dunia bisnis. Kamu bisa mencari informasi lewat mereka. 

Selain langkah di atas, kamu juga bisa menemukan mentor yang tepat untuk usahamu melalui jaringan komunitas. Aktiflah untuk mencari-cari kontak jaringan alumni, jaringan konferensi atau sumber-sumber komunitas dunia maya lainnya untuk membentuk sebuah networking yang solid. 


6. Tambah pengetahuanmu

Pepatah klasik terkenal mengatakan “berilmulah sebelum beramal”. Salah satu tips agar bisa sukses sebelum usia 30 tahun adalah dengan menambah pengetahuan. Pengetahuan bisa kamu raih dari mana saja, tidak harus sekolah formal. Dari membaca buku pun kamu bisa menambah pengetahuan.

Pengetahuan yang berkaitan dengan apa yang ingin raih, bisa menjadi aset yang besar bagimu. Kesuksesanmu tidak hanya bergantung pada apa yang kamu lakukan, tapi juga dari apa yang kamu ketahui. Oleh karena itu, teruslah meningkatkan ilmu pengetahuan yang kamu miliki karena hal itu tidak akan merugikanmu sama sekali.


Itulah tips agar sukses sebelum usia 30 tahun yang dapat kamu praktikkan. Ternyata, untuk bisa sukses di usia muda tidak sulit, kan? Semua orang punya kesempatan yang sama selama kamu memang berjuang terus untuk meraihnya. Jangan lelah untuk mengejar cita-citamu. 


Baca juga: Rahasia 7 Kunci Sukses Menuju Hidup yang Lebih Bahagia 


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru