Bisnis

Finansial

Gaya Hidup

Cari Tahu Sumber Modal Bisnis Efektif Bagi Pemula di Sini

Paskalia-

24 Feb 2021

Cari Tahu Sumber Modal Bisnis Efektif Bagi Pemula di Sini

Memulai suatu usaha memang tidak lepas dari peran modal bisnis sebagai penunjang utamanya. Dapat dikatakan, tanpa modal maka sebuah usaha akan sulit berkembang mengingat semua kebutuhan termasuk operasional membutuhkan banyak biaya, sehingga akan mustahil apabila Anda tidak mempunyai cadangan dana. 

Biaya tersebut sebenarnya tidak hanya Anda butuhkan ketika merintis usaha. Ketika memasuki tahap pengembangan saja, Anda diharuskan mempunyai modal bisnis cukup. Dikarenakan tidak memungkinkan apabila harus mengambil dari dana operasional. Akan sangat berisiko besar apalagi dana tersebut masih digunakan guna keperluan tidak kalah penting lainnya. 


Baca juga: Pendanaan Modal Invoice dan Anjak Piutang dalam Bisnis


Modal yang Berasal dari Dana Pribadi


Modal pada dasarnya adalah dana di mana dapat dimanfaatkan guna mengembangkan suatu usaha. Modal tersebut dapat berupa dana serta non materi seperti keinginan kuat Anda guna membangun usaha. Hanya saja bagi seorang pengusaha khususnya pemula sering kali merasa kesulitan bagaimana mencari dana tersebut. 

Tidak dapat dipungkiri apabila modal bisnis dapat juga diperoleh dari dana pribadi. Dana notabene berasal dari kantong sendiri memang sebenarnya relatif aman lantaran Anda tidak perlu terbebani sehingga dapat memanfaatkannya secara maksimal. Setidaknya Anda bersantai lantaran tidak pusing memikirkan cara mengembalikannya jika dana berasal dari pinjaman. 

Meski sumbernya berasal dari kantong pribadi, lantas membuat Anda seenaknya sendiri ketika menggunakannya. Ada baiknya mengalokasikan modal bisnis tersebut sesuai kebutuhan. Setidaknya hal tersebut menjauhkan uang dana dari penggunaan kurang bermanfaat hingga berimbas pada tidak berkembangnya usaha. Sikap komitmen memang diperlukan ketika menggunakannya apalagi perihal keuangan.


Baca juga: Inilah Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil


Ada beberapa kelebihan ketika Anda menggunakan modal bisnis berasal dari kantong pribadi. Antara lain Anda mempunyai kebebasan ketika membuat suatu keputusan usaha. Ada kalanya pembiayaan dari pihak lain membuat Anda harus mempertimbangkan usulan orang tersebut. Jelas hal tersebut secara tidak langsung membuat diri sedikit kurang nyaman. 

Kelebihan lainnya, Anda mempunyai waktu bersantai sehingga dapat fokus mengembangkan usaha. Dikarenakan tidak merasa ada beban berat atau tanggungjawab seperti halnya ketika memakai dana orang lain. Dengan begitu, sukses tidaknya sebuah bisnis bergantung sepenuhnya pada usaha Anda guna mengembangkannya, termasuk mengurus segala proses produksinya. 

Sekilas memang cenderung menguntungkan, namun akan lain ceritanya jika modal bisnis jumlahnya terbatas. Bagi pelaku usaha khususnya UMKM tidak jarang keterbatasan modal menjadi faktor penghambat berkembangnya suatu bisnis. Inilah salah satu alasannya mengapa UMKM di Indonesia sulit berkembang maju sehingga memerlukan suntikan biaya lebih. 


Baca juga: Cara Cerdas Kelola Modal Usaha Berasal dari Pinjaman


Dana dari Pihak Investor Sebagai Alternatif


Aktivitas produksi terus-menerus berjalan dan semua itu membutuhkan biaya tidak sedikit. Meski usaha dalam skala kecil kebutuhan dana tetap penting serta tidak dapat dianggap sepele. Tidak jarang para pengusaha mengajukan pinjaman apalagi dana dapat diperoleh dalam waktu cepat dengan syarat begitu mudah serta menguntungkan. 

Seperti telah disinggung sebelumnya, para pelaku usaha khususnya UMKM sangatlah butuh suntikan dana lebih mengingat modalnya minim. Hadirnya investor atau pihak lain setidaknya menjadi angin segar bagi sebuah bisnis. Mengingat banyak bisnis terpaksa gulung tikar akibat kekurangan modal bisnis, cukup disayangkan apalagi ide usahanya begitu menarik. 

Peran investor tersebut tidak dapat disepelekan. Penanaman modal yang dilakukan investor menjadi tambahan dana demi keberlangsungan produksi. Bahkan bisnis dapat berkembang lebih cepat di luar dugaan tatkala mendapat suntikan biaya. Tentu menjadi keuntungan tersendiri meski nantinya pengusaha harus berbagi hasil dengan investor tersebut.


Baca juga: Cara Mengelola Pinjaman Modal Usaha Agar Tepat Sasaran


Selain membantu dalam hal urusan keuangan, adanya modal bisnis dari investor juga mempunyai kelebihan lain. Di antaranya adalah aliran modal masuk perusahaan jumlahnya terbilang besar. Hal itulah yang membuat sistem produksi semakin meningkat dengan kualitas produk terbaik. Pengusaha tidak perlu cemas bakal kekurangan sumber dana. 

Kelebihan lain, Pengusaha tidak terlalu dipusingkan dengan beban biaya operasional perusahaan yang relatif besar. Bahkan banyak investor tersebut bersedia menanggung semua biaya operasional perusahaan. Sehingga Anda sebagai pendiri cukup fokus bagaimana caranya mengembangkan usaha tersebut agar angka penjualan semakin meningkat pesat. 

Cukup menguntungkan memang apabila mendapat suntikan modal bisnis dari investor. Permasalahannya mencari investor terpercaya sangatlah sulit bahkan hampir tidak mungkin. Jika ada Anda harus mengajukan proposal terlebih dahulu guna menarik minat mereka. Bagi pengusaha pemula tentu hal tersebut sangatlah sulit dilakukan lantaran berkaitan erat dengan pengalaman. 


Baca juga: Jenis-Jenis Asuransi Bisnis untuk Melindungi Usaha Anda


Cara Tepat Dapatkan Sumber Finansial Jaminan Mudah


Apabila kedua sumber sebelumnya kurang memungkinkan maka cara lain adalah dengan mengajak kerjasama atau bermitra. Anda dapat bermitra dengan teman, kerabat, hingga anggota keluarga yang sekiranya mampu diajak kerjasama. Selain orang tersebut sudah dikenal baik, setidaknya mereka mengetahui betul bagaimana keinginan serta visi misi Anda. 

Apabila memang tidak ada orang yang dapat dipercaya guna Anda ajak kerjasama, cara satu-satunya adalah dengan mengajukan pinjaman dana. Tidak perlu khawatir karena banyak fintech yang memfasilitasi pinjaman modal bisnis secara online dengan proses cepat. Bukan hanya cepat, namun juga cenderung aman seperti Modal Rakyat.


Baca juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Agar Tidak Gagal Bayar Pinjaman


Modal Rakyat adalah salah satu fintech P2P Lending terpercaya serta telah mendapat izin resmi dari OJK. Anda bebas melakukan pinjaman dana dengan persyaratan mudah, serta bunga rendah. Waktu pencairan juga sangat cepat sehingga cocok bagi Anda pengusaha pemula yang membutuhkan uang dalam waktu tidak lama. 

Anda juga tidak perlu keluar rumah lantaran dana tersebut akan langsung cair melalui rekening terdaftar. Mengenai pengembalian juga sangat mudah karena tenor dapat diatur disesuaikan dengan kemampuan Anda. Menjadi keuntungan tersendiri karena usaha Anda akan cepat berkembang ketika mendapat tambahan dana dari pinjaman tersebut. 

Guna mengurangi risiko penipuan, maka disarankan memilih fintech terpercaya. Carilah informasi selengkap mungkin sebelum benar-benar memutuskan meminjam. Serta pastikan Anda memanfaatkan dana tersebut sebagai modal bisnis secara optimal sehingga harapan bisnis berkembang pesat dapat terwujud. 


Baca juga: Kembangkan Usaha Anda dengan Pinjaman dari Modal Rakyat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru