Bisnis

6 Alasan Bisnis Keluarga Bisa Berhasil dan Langgeng

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Jun 2020

6 Alasan Bisnis Keluarga Bisa Berhasil dan Langgeng

Bisnis keluarga cenderung tetap ada untuk periode waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kewirausahaan tunggal. Penelitian menunjukkan bahwa 30% dari bisnis keluarga berlanjut ke generasi kedua sementara 12% melanjutkan ke generasi ketiga.

Dalam kebanyakan kasus kewirausahaan tunggal atau kemitraan, bisnis berhenti ada jika kematian atau penghentian kemitraan.

Tidak mudah memulai dan menjalankan bisnis keluarga. Sebagian besar bisnis gagal karena kurangnya visi dan tujuan yang terpadu. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa setiap anggota keluarga memperlakukannya seperti bisnis perusahaan. Selain itu, berbagi sumber daya dan pendapatan dapat menyebabkan cobaan.

Pertanyaan yang muncul adalah mengapa sebagian besar bisnis keluarga berhasil dan berjalan untuk jangka waktu yang lama? Artikel ini bertujuan untuk menyebutkan dan memberikan alasan mengapa bisnis keluarga berhasil.


Baca juga: Mengenal Peluang Usaha dengan Omzet yang Menjanjikan


Visi, Inovasi, dan Pertumbuhan yang Terpadu

Setiap anggota bisnis keluarga memiliki tujuan dan visi untuk membuat bisnis ini sukses. Tidak seperti jenis perusahaan lain yang karyawan bekerja untuk target dan pendapatan mereka, bisnis keluarga bekerja untuk kelanjutan bisnis. Kegagalan yang sering terjadi dalam kemitraan biasanya terkait dengan kurangnya tujuan dan visi yang sama.

Tujuan utama bisnis keluarga adalah bahwa bisnis berjalan dari satu generasi ke generasi lainnya. Dengan cara ini, mereka memiliki rencana yang ditetapkan tentang bagaimana memenuhi visi perusahaan. Selain itu, mereka memiliki rencana suksesi dan mereka bekerja mengembangkan tim pemimpin bisnis berikutnya.

Pakar keuangan mengatakan bahwa rencana suksesi seperti perubahan manajemen mengarah pada kesuksesan. Semua orang bekerja dengan level terbaik untuk memastikan mereka memenuhi syarat untuk ditunjuk sebagai tim manajemen berikutnya.

Manajemen saat ini bekerja ke level mereka yang terbaik untuk memastikan mereka mendorong perusahaan ke generasi berikutnya. Ini dicapai dengan perencanaan strategis untuk bisnis secara berkala. Mereka juga menyusun dewan independen untuk memberikan pengawasan kepada dewan manajemen. Juga, mereka memastikan semua orang selaras dengan nilai-nilai dan visi keluarga.


Kepercayaan

Sebagian besar bisnis yang sukses di sekitar dijalankan berdasarkan kepercayaan dan kejujuran. Ini biasanya merupakan penentu terbesar dalam kesuksesan. Hubungan anggota keluarga didasarkan pada kepercayaan. Ini membuat bisnis berjalan karena masalah dengan keuangan, manajemen, atau pengawasan tidak akan disaksikan. Selain itu, pelanggan cenderung menghasilkan kepercayaan dan kepercayaan dengan bisnis keluarga.


Kesatuan

Menuju ke arah yang sama sangat penting dalam bisnis apapun. Keluarga disatukan karena kesatuan mereka. Pengelola bisnis keluarga mampu menempatkan kepentingan bisnis di atas kepentingan diri mereka sendiri. Ketika ada kesatuan, komunikasi dan pengambilan keputusan menjadi kurang kompleks. Ini adalah penentu umum keberhasilan bisnis.

Saat membutuhkan pengambilan keputusan, tidak akan ada yang sulit untuk meyakinkan semua orang. Setiap anggota keluarga diberi kesempatan untuk menyumbangkan pandangan dan ide mereka sampai mereka datang dengan tujuan umum. Ini mudah dicapai karena setiap orang memiliki visi dan tujuan yang sama.

Untuk memastikan persatuan berlaku, mereka sering mengadakan pertemuan keluarga untuk mendidik anggota keluarga lain tentang bisnis. Selain itu, mereka membangun keterampilan penyelesaian konflik serta menanamkan fitur keterampilan komunikasi yang efektif.


Standar dan Nilai Etika

Studi menunjukkan bahwa 85% bisnis keluarga dijalankan oleh standar etika dan nilai-nilai keluarga. Selain itu, 60% dari bisnis besar di dunia dioperasikan berdasarkan kode atau praktik etika tertentu.

Standar dan kode etik membantu individu untuk menghasilkan keputusan rasional dalam melayani sesama karyawan dan pelanggan mereka. Etika dan kode keluarga biasanya ketat berdasarkan fondasi keluarga.

Bisnis keluarga terlihat lebih dari sekadar pendapatan. Ini berarti bahwa keputusan bisnis mereka dipandu oleh nilai-nilai dan praktik etika daripada keuntungan. Ini cenderung memikat pelanggan.


Tidak Semua tentang Uang

Keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh keuangan. Namun, para ahli menyarankan bahwa kesuksesan bisnis ditentukan oleh nilai-nilai dalam hal visi dan tujuan. Sebagian besar bisnis keluarga berupaya memberikan peluang ekonomi kepada masyarakat khususnya dalam hal pekerjaan. 


Mempersiapkan Generasi Selanjutnya

Berinvestasi pada generasi berikutnya adalah suatu keharusan. Sayangnya, "berinvestasi" pada generasi berikutnya sering disalahartikan sebagai "menemukan CEO berikutnya." Ini adalah perangkap umum bagi bisnis keluarga untuk jatuh ke dalam, yang biasanya mengarah pada menekan generasi berikutnya (secara implisit atau eksplisit) untuk meneruskan bisnis keluarga.

Banyak anggota keluarga generasi berikutnya yang bergabung dengan bisnis dengan tujuan semata-mata untuk menyenangkan orang tua mereka menjadi penerus yang berkinerja buruk dengan harga diri rendah. Di bawah kepemimpinan mereka, bisnis menjadi lebih sering daripada gagal.

Generasi ini didorong untuk meniru orang tua mereka secara berlebihan, dan orang-orang di sekitar mereka tidak berpikir bahwa mereka mungkin dapat dipercaya karena nama belakang mereka. Keluarga multigenerasi yang sukses menangkal kutukan ini dengan berinvestasi pada generasi berikutnya dengan:

  • Membantu mereka mencocokkan keterampilan / hasrat untuk bekerja (terlepas dari apakah pekerjaan itu ada di dalam atau di luar bisnis)
  • Mempersiapkan mereka untuk menjadi pemilik yang bertanggung jawab
  • Mendidik mereka tentang tantangan kepemimpinan

Meskipun ada banyak tantangan saat Anda mentransisikan bisnis ke generasi berikutnya, ada juga hadiah yang cukup besar bagi mereka yang berhasil melakukannya. Di luar keuntungan finansial, bisnis keluarga multi-generasi yang sukses menciptakan hubungan keluarga yang kuat dan langgeng, memberikan kontribusi signifikan kepada komunitas mereka, dan membangun warisan bagi generasi masa depan yang bisa dibanggakan.


Baca juga: Curi 10 Tips Kehidupan yang Luar Biasa dari Elon Musk

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru