Gaya Hidup

Curi 10 Tips Kehidupan yang Luar Biasa dari Elon Musk

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Jun 2020

Curi 10 Tips Kehidupan yang Luar Biasa dari Elon Musk

Elon Musk adalah Co-founder dan CEO Tesla dan SpaceX yang berpikiran maju memiliki visi yang jelas untuk hari esok yang lebih inovatif. Ia tidak takut untuk mengejarnya.

Kekayaan bersih Musk lebih dari $ 20 miliar pada Juli 2018, menurut Forbes. Karena itulah, dia jelas melakukan sesuatu yang sangat benar. Ikuti nasib baik Musk dengan meminjam beberapa tips dan trik yang mengarahkan pendakiannya ke puncak.


Baca juga: 6 Kesalahan dalam Berkarier yang Harus Anda Hindari


Pengetahuan adalah kekuatan

Panjang umur kutu buku! Musk dikabarkan telah membaca Encyclopedia Britannica secara keseluruhan pada usia sembilan tahun menurut CNBC. Dalam wawancara November 2017 dengan Rolling Stone, Musk bahkan mengatakan bahwa ia "dibesarkan oleh buku."

Semakin banyak pengetahuan yang Anda peroleh, semakin baik, jadi luangkan waktu Anda untuk membaca sebuah buku secara teratur.


Buat aksi hari ini

"Sekarang adalah waktunya untuk mengambil risiko," kata Musk dalam pidato pembukaannya tahun 2014 kepada siswa dari Sekolah Bisnis Marshall di University of Southern California. "Lakukan sesuatu yang berani. Kamu tidak akan menyesal."

Tidak perlu menunggu sampai Anda lebih tua, waktunya tepat, atau Anda memiliki lebih banyak pengalaman. Selami lebih dulu hari ini dan lihat apa yang terjadi.


Jangan pernah menyerah pada impian Anda

Musk mungkin telah naik pangkat menjadi salah satu pengusaha paling sukses sepanjang masa, tapi dia tidak asing dengan kegagalan. Misalnya, ia diturunkan jabatan sebagai CEO Zip2, perusahaan pertama yang ia dirikan. Kemudian PayPal, perusahaan lain yang ia dirikan bersama, dinobatkan sebagai salah satu dari 10 ide bisnis terburuk tahun 1999.

Pada tahun 2000, Musk juga mengidap malaria serebral yang berpotensi mematikan selama liburan ke Brasil dan Afrika Selatan. Hanya beberapa dari kesulitan pribadi dan profesional yang harus dialaminya akan menghancurkan banyak orang, tetapi tantangan ini hanya membuatnya lebih kuat.


Menjadi pemimpin bukan pengikut

Musk benar-benar bekerja untuk pergi ke tempat di mana tidak ada pria atau wanita - telah pergi sebelumnya. Dia mendirikan SpaceX pada tahun 2002 dengan misi menjajah planet lain, meskipun fakta bahwa bahkan NASA belum berhasil melakukan hal ini.

Menjadi trendsetter tidak harus membawa Anda keluar dari dunia ini. Terapkan pelajaran Musk untuk hidup Anda sendiri dengan menjadi seorang pemimpin, bukan pengikut.


Minta umpan balik

Terlepas dari semua yang telah dia capai, Musk sadar bahwa pendapatnya bukanlah satu-satunya yang penting. Dia tidak asing dengan menggunakan Twitter untuk meminta umpan balik kepada pengikutnya tentang berbagai topik, termasuk masalah Tesla tertentu.

Musk memiliki kekuatan untuk mengambil pendekatan "jalan saya atau jalan raya" untuk bisnis, tetapi dia tidak. Terapkan ini pada kehidupan Anda sendiri dengan meminta nasihat orang lain dan benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan.


Tambahkan nilai

"Keluar dari rapat atau turunkan telepon segera setelah jelas Anda tidak menambah nilai," kata Musk dalam email internal Tesla 2018 yang diperoleh oleh situs berita Electrek. "Tidak sopan untuk pergi, tidak sopan untuk membuat seseorang tinggal dan membuang waktu mereka."

Anda adalah orang yang cerdas dengan banyak hal yang ditawarkan. Jika Anda berada di tempat di mana keahlian Anda tidak dibutuhkan atau dihargai, dengan sopan pergilah dan alihkan fokus Anda ke suatu topik di mana kontribusi Anda sangat berarti.


Tempatkan diri di luar sana

Bahkan Musk tidak kebal terhadap penolakan dari majikan. Pada 1995, ia melamar pekerjaan di Netscape. Ketika dia tidak mendapat jawaban, dia pergi ke gedung dan nongkrong di lobi tetapi terlalu malu untuk berbicara dengan siapa pun. Hal ini mengungkapkan dalam wawancara 2012 dengan pengusaha dan investor Kevin Rose.


Selesaikan masalah Anda sendiri

Pada Desember 2016, Musk menjadi frustrasi saat terjebak dalam lalu lintas Los Angeles yang padat. Dia men-tweet, "Lalu lintas membuatku gila. Aku akan membangun mesin bor terowongan dan mulai menggali ..."

Kebanyakan orang mengeluh tentang lalu lintas, tetapi Musk mengambil tindakan. Pada Mei 2018, fase pertama terowongannya hampir selesai.

Pendekatan berpikir maju Musk berlaku untuk lebih dari sekadar lalu lintas. Ketika sebuah rintangan menahan Anda, temukan cara untuk mengatasinya.


Jaga waktu Anda

Tidak diragukan lagi, Musk memiliki banyak makanan di piringnya setiap hari. Untuk memaksimalkan produktivitas, ia membagi jadwalnya menjadi interval lima menit yang memungkinkannya untuk tetap sesuai jadwal.

Waktu adalah entitas berharga yang tidak bisa Anda dapatkan kembali. Hanya ada begitu banyak menit dalam sehari, jadi pastikan Anda menghabiskannya untuk kegiatan pribadi dan profesional yang paling penting.


Fokus pada gambaran besar

Dalam wawancara November 2017 dengan Rolling Stone, Musk mengungkapkan bahwa dia telah berada dalam "rasa sakit emosional yang parah" selama beberapa minggu, kemungkinan disebabkan oleh perpisahannya dengan aktris Amber Heard. Selama waktu ini, ia bekerja untuk meluncurkan sedan Tesla Model 3, jadi ia harus keluar dari kepalanya sendiri untuk hadir di sebuah acara perusahaan.

"... Aku harus menenangkan diriku: minum dua Red Bulls, bergaul dengan orang-orang positif dan kemudian, seperti, katakan pada diriku sendiri: 'Aku memiliki semua orang ini dan mereka bergantung padaku. Baiklah, lakukan!'" Dia kata.

Ketika keadaan menjadi sulit, lakukan pendekatan ini dalam hidup Anda. Kelilingi diri Anda dengan sistem pendukung yang solid dan berkonsentrasilah pada kebaikan yang lebih besar.


Bangun hubungan yang langgeng

"Saya tidak akan pernah bahagia tanpa memiliki seseorang," ungkap Musk dalam wawancara November 2017 dengan Rolling Stone.

Uang dapat membeli banyak hal, tetapi cinta bukanlah salah satunya. Selalu sediakan waktu untuk orang-orang terdekat Anda, karena kesuksesan sama sekali tidak bermanfaat tanpa mereka.


Belajar dari kesalahanmu

Tidak ada yang sempurna, termasuk Musk. Awal 2018 adalah waktu yang penuh tekanan bagi CEO Tesla ini karena sedan Model 3 perusahaan itu terganggu oleh masalah yang menyebabkan keterlambatan produksi.

"... Saya perlu mencari tahu bagaimana menjadi lebih baik ... dan kemudian kita bisa lebih baik dalam mencapai tujuan," katanya kepada "CBS This Morning" co-host Gayle King selama tur di pabrik Silicon Valley Tesla.

Pengalaman adalah guru terhebat dari semuanya. Setiap kesalahan adalah peluang untuk pertumbuhan, jadi gunakan kecelakaan Anda untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya.


Baca juga: 10 Hal yang Dapat Meningkatkan Perkembangan Pribadi

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru