Gaya Hidup

Bisnis

6 Cara Memotivasi Diri Agar Bekerja Lebih Keras

Paskalia-

28 Aug 2019

6 Cara Memotivasi Diri Agar Bekerja Lebih Keras

Untuk terus semangat bekerja itu tidaklah mudah karena seringnya setelah semangat, Anda akan kehilangan semangat itu tanpa alasan yang jelas. Jika Anda kesulitan memotivasi diri sendiri, artikel ini akan membantu Anda karena akan membahas tentang cara memotivasi diri agar bekerja lebih keras

Cara memotivasi diri agar bekerja keras terkadang dibutuhkan agar bisa lebih produktif dalam menjalani hari-hari yang penuh kesibukan. Akan sangat merepotkan jika Anda kehilangan semangat ketika pekerjaan sedang padat-padatnya. Untuk itulah Anda harus memiliki kemampuan untuk menyemangati diri sendiri.

Mengapa harus dari sendiri? Alasannya karena Anda tidak bisa selamanya meminta bantuan orang lain. Orang lain juga sedang sibuk dengan urusannya sendiri sehingga tidak akan fokus pada masalah Anda. Oleh karena itu, Anda akan lebih sering mengandalkan diri sendiri dalam menghadapi berbagai macam masalah.

Di sinilah Anda perlu tahu cara memotivasi diri agar selalu semangat dalam bekerja keras. Tujuannya agar Anda menyelesaikan pekerjaan tanpa terbebani sehingga hasil yang keluar pun akan maksimal.

Jika Anda dapat bekerja secara maksimal, hal itu pun akan berakhir baik untuk Anda. Untuk itu simak cara memotivasi diri sendiri dalam uraian berikut ini.


Baca juga: Alasan Mengapa Kerja Keras adalah Kunci Sukses


1. Perjelas Tujuan Akhir

Cara memotivasi diri agar semangat Anda tetap tinggi di masa-masa yang melelahkan bukanlah melihat dari banyaknya pekerjaan yang mampu Anda kerjakan. Sebaliknya, cobalah kembali melihat dan memperjelas tujuan Anda melakukan sesuatu.

Jangan berfokus pada seberapa keras Anda harus bekerja. Fokuslah pada pikiran bagaimana Anda menjadi seseorang yang Anda inginkan. Tujuannya terserah Anda, dan yang pasti dapat membuat Anda berbahagia, sekalipun Anda melakukannya untuk orang lain.

Dengan begitu, ketika Anda melakukan sesuatu atau membuat keputusan, Anda tidak akan terbebani dengan betapa sulit atau membuat frustrasinya hal tersebut. Sebaliknya, Anda akan berpikir bagaimana senang atau bangganya ketika Anda berhasil menjadi yang diinginkan.

Jangan lupa catat tujuan Anda ini agar Anda terus mengingatnya. Hal itulah yang akan membuat Anda selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan Anda. 


2. Jaga Fisik Anda

Terkadang masalahnya bukan pada mental, melainkan fisik. Keinginan agar tetap bisa bekerja dengan maksimal tidaklah cukup, Anda perlu menjaga diri agar tetap sehat untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Cara memotivasi diri sendiri ini yang paling sering diabaikan, padahal sangat penting.

Apakah Anda terus-menerus mengalami ketidaknyamanan, seperti sinus yang buruk atau rasa sakit yang terus-menerus? Apakah Anda sedih atau kesal atau hanya lesu sepanjang waktu tanpa alasan yang dapat Anda tunjukkan?

Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan tubuh tetap fit. Tidurlah dengan cukup sekitar tujuh jam setiap hari. Selain itu, tetaplah minum air putih minimal 1,5 liter per hari agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Dengarkan tubuh Anda ketika ia memberitahu Anda banyak hal. Carilah penyebab ketidaknyamanan Anda, dan tangani mereka sebaik mungkin. Ketika tubuh butuh beristirahat, maka beristirahatlah yang baik, jangan sampai menunggu sakit dulu. 


3. Menantang Diri untuk Memulai

Bagian tersulit di cara memotivasi diri sendiri untuk semangat dalam bekerja adalah memulai pekerjaan itu sendiri. Seringkali memulai adalah hal yang paling berat dan paling menghalangi diri untuk produktif. Padahal begitu Anda memulai, banyak hal cenderung mengalir begitu saja.

Saat Anda mulai bekerja, Anda sedang membangun fondasi yang lama-lama jika diteruskan fondasi itu pun akan menjadi bangunan yang lengkap. 

Untuk memulai ini, coba Anda paksakan bekerja dalam semenit saja. Jika masih malas, tambahkan semenit lagi. Biasanya ketika Anda sudah mulai menemukan ritmenya, Anda akan keterusan. Pekerjaan yang tadinya Anda pikir tidak akan dikerjakan pun akhirnya bisa dikerjakan juga.


4. Merangkul Ketidaknyamanan

Cara memotivasi diri selanjutnya adalah menemukan waktu yang pas keluar dari zona nyaman. Zona nyaman terkadang bisa menjebak karena hanya akan membuat Anda berada di tempat yang sama. Sementara itu Anda akan tahu potensi tersembunyi Anda ketika melakukan hal yang berada di luar zona nyaman Anda.

Jadi berhentilah membiarkan sedikit ketidaknyamanan melemahkan motivasi Anda. Nyatanya, sedikit berjuang adalah pertanda baik. Anda dapat tumbuh menjadi sosok yang sama sekali berbeda. Anda perlu bertumbuh agar Anda tahu sebenarnya Anda adalah sosok yang istimewa. 


5. Belajar Keterampilan Baru

Banyak karyawan yang sering mengeluh tidak banyak pekerjaan yang harus dikerjakan sehingga menimbulkan kebosanan dan membuatnya dalam posisi yang sama. Cara memotivasi diri sendiri yang patut dicoba adalah Anda dapat mengidentifikasi keterampilan yang menarik minat Anda dan relevan dengan profil pekerjaan saat ini. Lalu, tunjukkan hal itu pada manajer Anda.

Jika itu dapat meningkatkan nilai Anda sebagai aset, mereka mungkin akan membiarkan Anda melanjutkan dan bahkan mendanai pelatihan Anda. Inilah cara yang tepat sekali untuk menambahkan kemampuan dan pengalaman baru ke resume Anda? Setelah itu, tidak perlu heran apabila Anda dipromosikan naik jabatan karena kemampuan Anda meningkat dan berhasil membuat kinerja perusahaan naik. 


6. Pikirkan kebiasaan Anda

Cara memotivasi diri selanjutnya adalah membuat kebiasaan yang sehat. Dengan kegiatan yang teratur dan sehat, Anda akan menarik dan  menyebarkan energi positif untuk lingkungan di sekitar.

Jangan remehkan juga kekuatan jadwal. Dengan memiliki jadwal atau rutinitas, Anda bisa membangun perilaku tanpa mengandalkan kemauan. Buatlah jadwal yang paling relevan untuk Anda. Dari sana Anda akan belajar untuk lebih disiplin dalam menghargai waktu.


Itu adalah beberapa cara memotivasi diri yang bisa Anda lakukan agar bisa bekerja keras. Semua yang Anda lakukan dengan sungguh-sungguh tidak akan membuang waktu.


Baca juga: 6 Tips Agar Sukses Sebelum Usia 30 Tahun


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru