Bisnis

6 Langkah Memulai Bisnis Digital yang Sukses

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Mar 2020

6 Langkah Memulai Bisnis Digital yang Sukses

Bisnis digital adalah bisnis yang menggunakan teknologi sebagai keunggulan dalam operasi internal dan eksternal.

Teknologi informasi telah mengubah infrastruktur dan operasi bisnis sejak Internet menjadi tersedia secara luas untuk bisnis dan individu. Transformasi ini telah sangat mengubah cara bisnis melakukan operasi sehari-hari mereka. Ini telah memaksimalkan manfaat dari aset data dan inisiatif yang berfokus pada teknologi.

Transformasi digital telah berdampak besar pada bisnis; mempercepat kegiatan dan proses bisnis untuk memanfaatkan peluang sepenuhnya dengan cara yang strategis. Bisnis digital memanfaatkan ini sepenuhnya agar tidak terganggu dan berkembang di era ini. Staf C-Level perlu membantu organisasi mereka mengambil peluang sambil memitigasi risiko.

Pola pikir teknologi ini telah menjadi standar bahkan dalam industri yang paling tradisional, membuat strategi bisnis digital sangat penting untuk menyimpan dan menganalisis data untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam persaingan. Pengenalan komputasi awan dan model pengiriman SaaS berarti bahwa proses internal dapat dengan mudah dikelola melalui berbagai pilihan aplikasi, memberi organisasi fleksibilitas untuk memilih, dan mengubah perangkat lunak seiring bisnis tumbuh dan berubah.

Bisnis digital juga telah melihat pergeseran dalam daya beli; masing-masing departemen sekarang mendorong aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, daripada mengandalkan IT untuk mendorong perubahan.


Baca juga: Langkah Awal Memulai Bisnis Anda Sendiri


Membangun Bisnis Digital yang Sukses

Bisnis digital mengubah cara organisasi menggunakan dan memikirkan teknologi, memindahkan teknologi dari pemain pendukung ke pemain terkemuka dalam inovasi, pendapatan, dan pertumbuhan pasar. Bisnis digital tidak boleh dianggap sebagai program TI dan sebaliknya harus menjadi pola pikir perusahaan dan bahasa, dengan keahlian digital tersebar di seluruh perusahaan dan ekosistem nilai.


Bisnis telah menggunakan teknologi informasi dan digital untuk beberapa waktu sebagai sumber efisiensi dan produktivitas. Bisnis digital mewakili revolusi yang lebih ekstrim daripada perubahan yang didorong oleh teknologi sebelumnya. Dengan wawasan tentang teknologi dan informasi, Anda bisa mengembangkan dan mempromosikan bisnis digital yang sukses.


Langkah 1: Buat Pola Pikir yang Benar dan Pemahaman Bersama

Bisnis digital bukan hanya tentang memperluas penggunaan teknologi. Para pemimpin bisnis digital harus memikirkan teknologi dengan cara yang secara fundamental berbeda dari sebelumnya. Ini bukan enabler untuk diterapkan pada apa yang ingin dilakukan oleh bisnis tetapi sumber inovasi dan peluang untuk apa yang bisa dilakukan oleh bisnis. Model yang lebih proaktif ini berfokus pada gangguan kreatif dan model bisnis baru untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.

Ketika bisnis digital terus berkembang, saluran peluang yang akan berkembang akan mengambil karakteristik dari "momen bisnis”. Momen bisnis didefinisikan sebagai peluang sementara yang dieksploitasi secara dinamis.

Dalam konteks bisnis digital, momen bisnis adalah momen harian singkat dalam waktu dan katalisator yang menggerakkan serangkaian peristiwa dan tindakan yang melibatkan jaringan orang, bisnis, dan hal-hal yang menjangkau atau melintasi berbagai industri dan berbagai ekosistem.

Saat-saat bisnis penting, karena mereka akan memaksa perusahaan untuk memikirkan kembali peran yang mereka mainkan dalam aliran nilai. Momen bisnis menggambarkan berbagai kemungkinan dan pemain serta membantu perusahaan membayangkan dan merancang bisnis baru yang mengintegrasikan orang, bisnis, dan hal-hal untuk melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan lima tahun lalu. Ciri khas bisnis digital adalah kemampuan menemukan peluang-peluang ini, betapapun singkatnya.


Langkah 2: Tempatkan Pemimpin yang Tepat

Dunia digital yang bergerak cepat memaparkan kesenjangan dalam kepemimpinan digital, terutama yang berkaitan dengan disiplin kantor depan (yang terkait dengan pengalaman pelanggan) dan disiplin kantor pusat (yang terkait dengan strategi perusahaan). Tiga jenis pemimpin bisnis digital telah muncul untuk mengisi kesenjangan kepemimpinan ini:

  • Ahli strategi digital
  • Pemimpin pemasaran digital
  • Pemimpin unit bisnis digital

Peran-peran ini kemungkinan akan ada selama lima hingga 10 tahun ke depan, tetapi sebenarnya hanya posisi sementara. Ini karena digital hanya akan menjadi bagian dari cara kita melakukan semuanya segera, membuat peran tunggal, terpisah yang didedikasikan untuk inisiatif digital tidak tepat, jika bukan tidak mungkin.

Secara umum, akan ada inovasi yang signifikan dalam cara bisnis dikelola dan dipimpin dalam satu atau dua dekade mendatang. Sementara tiga peran diskrit optimal, satu orang dapat memainkan banyak peran, dan orang yang memenuhi peran ini juga dapat memiliki tanggung jawab lain.


Langkah 3: Luncurkan Pusat Keunggulan Bisnis Digital

Buat pusat bisnis digital keunggulan untuk memberikan masukan, saran dan peluang untuk pembentukan kolaboratif dari strategi digital dan saran kolaboratif, inovasi dan kemampuan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan.

Mulailah dengan mengakses peluang digital. Periksa kekuatan, kelemahan, dan peluang potensial Anda dan identifikasi teknologi baru dan bagaimana mereka dapat menimbulkan ancaman potensial.

Libatkan orang-orang dari seluruh perusahaan dan, yang lebih penting, dari luar perusahaan dan industri, seperti pengguna saat ini dan yang potensial, serta pemikir yang diakui dan tidak dikenal, baik yang terkait dengan maupun ortogonal dengan fokus visi utama perusahaan Anda. 

Menilai peluang dan terutama ancaman mulai dengan mengidentifikasi apa yang belum Anda pikirkan - tugas yang membutuhkan variasi yang diperlukan untuk mengajukan pertanyaan baru dan menyarankan cara baru untuk memikirkan masalah-masalah seperti melalui co-creation dan crowdsourcing.


Langkah 4: Merumuskan Strategi Digital untuk Menanggapi Peluang dan Ancaman

Setelah kebutuhan strategi digital telah ditetapkan, lima elemen berikut harus diatasi:

Model Bisnis Baru yang Diaktifkan Secara Digital - Model bisnis yang baru secara digital memungkinkan sumber pendapatan baru dan keunggulan kompetitif yang mengganggu untuk beberapa periode waktu. Menciptakan model bisnis baru akan menjadi posisi default hampir otomatis dari strategi bisnis digital.

Portofolio Produk dan Layanan - Dalam dunia yang semakin digital, produk dan layanan dapat menjadi virtual, tanpa kehadiran fisik.

Informasi sebagai Aset - Informasi, dan penggunaannya yang efektif, telah menjadi aset strategis dan keunggulan kompetitif bagi bisnis digital yang paling mampu mengeksploitasinya. Meskipun strategi informasi adalah elemen kunci dari strategi bisnis digital, organisasi harus menyeimbangkan keinginan mereka untuk keunggulan kompetitif terhadap pembatasan peraturan dan persyaratan hukum lainnya dan privasi dan banyak masalah etika pelanggan mereka.

Teknologi - Di perangkat seluler perusahaan digital dan membawa perangkat Anda sendiri (BYOD) menjadi lebih umum, komputasi awan dan layanan berbasis cloud dari semua jenis berkembang biak, dan data dari semua jenis meledak. Akibatnya, mengembangkan dan menerapkan strategi teknologi yang efektif menjadi lebih kompleks daripada sebelumnya.

Konten, Media, dan Saluran - Strategi bisnis digital yang sukses sangat tergantung pada pemahaman preferensi pelanggan untuk saluran, segmentasi, dan kemungkinan yang terkait dengan setiap instance.


Langkah 5: Temukan, Kembangkan dan Peroleh Keterampilan dan Peran Bisnis Digital

Bisnis digital menggabungkan keahlian, keterampilan, dan peran yang ditemukan tidak hanya di bidang TI, tetapi juga di seluruh perusahaan. Bisnis digital bukanlah program TI tetapi pola pikir perusahaan. Sementara bisnis digital berakar pada teknologi digital, ini pada akhirnya tentang bisnis. Pengambilan keputusan akan dimiliki, dioperasikan, dan berpotensi dipengaruhi oleh hubungan antara CIO dan pemimpin bisnis.


Langkah 6: Buat Kemampuan Bisnis Digital Baru

Dengan harapan bahwa keahlian bisnis digital akan menyebar di sekitar bisnis dalam waktu dua atau tiga tahun, tetapi pengakuan oleh banyak orang bahwa tenaga kerja mereka tidak siap dan tidak memadai, organisasi perlu mengeksplorasi jenis disiplin ilmu yang diperlukan untuk mendorong inisiatif bisnis digital. Praktik perekrutan tradisional tidak akan cukup.

Sebagai gantinya, organisasi harus mempertimbangkan untuk meluncurkan kamp pelatihan dan program pembelajaran lainnya tentang bisnis digital di semua area bisnis. Mereka harus menambang jaringan informal dan menyelidiki "mashup kerja" dengan menerapkan bisnis digital dan teknologi digital untuk distribusi pekerjaan dan melihat percontohan saluran baru untuk menemukan, membangun, dan memperoleh kemampuan bisnis digital.


Baca juga: 10 Jenis Bisnis Kreatif di Era Digital yang Bisa Kamu Coba

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru