Finansial

Apa Manfaat Menabung? Ini 6 di Antaranya

Kabrina Rian Ferdiani-

25 Jun 2020

Apa Manfaat Menabung? Ini 6 di Antaranya

Kebiasaan menabung sangat penting karena Anda tidak bisa tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Seseorang harus selalu memiliki pendekatan futuristik.

Menyimpan uang memberikan keamanan bukan dalam keadaan darurat. Sebagian besar waktu Anda mungkin menyadari, Anda telah menghabiskan lebih dari yang Anda harapkan. Lalu apa jalan keluar Anda?

Berikut 6 manfaat menabung yang perlu Anda tahu.


Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Kekhawatiran Tentang Uang


Menjadi Mandiri Secara Finansial

Tongkat pengukur untuk menjadi kaya berbeda tergantung pada siapa Anda berbicara. Namun, satu hal yang diartikan bahwa gagasan "menjadi kaya atau kaya" bagi kebanyakan orang adalah memiliki kemandirian finansial dan tabungan.

Mandiri secara finansial bisa berarti berlibur kapanpun Anda mau, meninggalkan pekerjaan dan kembali ke sekolah untuk beralih karier, memulai bisnis Anda sendiri atau berinvestasi di perusahaan baru, membantu anggota keluarga, mengambil pekerjaan dengan gaji lebih rendah yang lebih memuaskan secara pribadi daripada menguntungkan secara finansial.

Mandiri secara finansial akhir-akhir ini sering disebut sebagai pensiun. Anda bisa memilih bekerja karena ingin bukan karena harus untuk memenuhi kebutuhan.

Kemandirian finansial tidak sama dengan menjadi kaya. Anda hanya perlu memiliki aset yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda bisa hidup dengan nyaman tanpa harus bergantung pada gaji setiap bulannya.


Beli Rumah

Bank tidak akan meminjamkan uang kepada Anda untuk membeli rumah kecuali Anda memiliki uang muka, dan Anda tidak diperbolehkan meminjam uang muka. Anda harus menyimpan uang ini atau meminta seseorang memberikannya kepada Anda — dan tidak meminjamkannya kepada Anda.

Uang muka Anda harus minimal 5% dari harga pembelian rumah dan bank akan mempertimbangkan untuk meminjamkan Anda 95% lainnya. Ada semua jenis biaya dan biaya lain yang harus Anda bayarkan saat membeli rumah, sehingga Anda akan membutuhkan tambahan 5% hanya untuk biaya-biaya tersebut.

Tabungan adalah apa yang akan membuka pintu berutang rumah.


Membeli sebuah mobil

Ketika Anda ingin atau perlu membeli mobil baru, Anda harus memiliki uang muka untuk mendapatkan pinjaman mobil pada tingkat bunga yang wajar.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menabung sebanyak mungkin uang muka yang Anda mampu. Atau Anda bisa menabung hingga memiliki uang yang cukup untuk membeli mobil secara tunai.


Terbebas dari Utang

Jika Anda ingin keluar dari utang, Anda harus menyimpan sejumlah uang. Kedengarannya ironis, bukan? Namun, kartu kredit tidak akan pernah dilunasi jika Anda harus terus menggunakannya untuk setiap "darurat" yang datang.

Bahkan jika Anda seorang perencana hebat, statistik menunjukkan bahwa setengah dari kita mengalami setidaknya satu pengeluaran yang sama sekali tidak terduga setiap tahun.

Jadi sebelum Anda mulai secara agresif melunasi kartu kredit Anda, Anda harus menabung dan mengumpulkan dana darurat. Kemudian ketika hal-hal tak terduga muncul, Anda dapat membayarnya dari dana darurat alih-alih menggunakan kartu kredit Anda.


Baik untuk Hubungan Anda

Sembilan dari sepuluh argumen dalam pernikahan berpusat pada uang dan tekanan yang muncul akibat tidak cukupnya uang.

Pasangan merasakan beban hutang dan tidak memiliki cukup uang untuk mereka, dan itu dapat menyebabkan ketegangan, kemarahan, ketidakpercayaan yang sangat besar dan pada akhirnya menyebabkan berakhirnya sebuah hubungan.

Peliharalah hubungan Anda dengan orang-orang yang Anda cintai dengan memelihara keuangan Anda.


Bertahan saat Masa Krisis

Kita tentu lebih suka berpikir tidak ada hal buruk yang akan terjadi, tetapi kadang-kadang terjadi. Kita bisa kehilangan pekerjaan, mengalami kebakaran rumah, adanya pandemi, atau kecelakaan mobil.

Hidup tidak dapat diprediksi, jadi memiliki banyak uang untuk bersandar, untuk berjaga-jaga, akan memastikan bahwa rintangan di sepanjang jalan tidak mengubah rencana hidup Anda.


Baca juga: 9 Inspirasi Bisnis Online Bareng Sahabat


Selain Menabung, Investasi juga Bisa Menjadi Alternatif

Jika ingin mengembangkan uang yang dimiliki, investasi adalah jalannya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pendanaan di P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru