Bisnis

6 Tips Meminta Endorsement Selebgram yang Tepat dan Efektif untuk Produk Anda

Kabrina Rian Ferdiani-

18 Oct 2019

6 Tips Meminta Endorsement Selebgram yang Tepat dan Efektif untuk Produk Anda

Sebelum Anda mulai melirik artis atau selebgram dan influencer untuk menjadi endorser, Anda harus mengetahui tips meminta endorsement tepat dan efektif.

Membuat produk Anda memiliki banyak peminat tentu merupakan sebuah kunci dan tujuan keberhasilan bisnis Anda. Dengan begitu, produk Anda dapat terjual banyak dan Anda mendapatkan profit yang besar. Tidak jarang para pebisnis lain rela mengeluarkan biaya yang fantastis hingga jutaan rupiah hanya untuk melakukan promosi pada produk yang dimiliki.

Salah satu cara memperbesar peminat produk Anda adalah dengan memanfaatkan jasa endorsement. Teknik promosi ini sangat populer saat ini. Biasanya, endorse diberikan kepada artis yang aktif di Instagram dengan follower yang banyak atau biasa disebut selebgram. Dengan begitu, selebgram yang Anda pilih akan menarik follower-nya untuk membeli produk Anda.

Memang kebanyakan artis mematok tarif yang sangat tinggi untuk biaya endorsement. Apalagi jika artis tersebut mempunyai followers yang cukup banyak di akun Instagramnya. Semakin banyak followers semakin tinggi juga tarif yang diminta oleh selebgram atau influencer tersebut.

Meskipun endorsement merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif tetapi sangat sulit untuk menemukan selebgram yang tepat dengan bisnis Anda.

Selebgram yang tepat dapat menambahkan nilai tambah pada bisnis yang Anda miliki. Di sisi lain, pemilihan selebgram yang salah dapat mempermalukan dan menjatuhkan brand Anda. Bukannya produk Anda memiliki banyak peminat malah produk Anda semakin tidak disukai banyak orang. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Berikut ini adalah beberapa tips meminta endorsement dari selebgram yang tepat dan efektif untuk produk yang Anda miliki.


Baca juga: 7 Tips Mencegah Kebangkrutan Bisnis UMKM


Jangan Sembarang Menentukan Endorsement

Ketika Anda mencari banyak selebgram untuk di-endorse sebaiknya jangan asal memilih selebgram. Saat ini, banyak selebgram yang menawarkan jasa endorse dengan menawarkan tarif yang murah dan menarik. Namun, Anda harus berhati-hati memilih. Meskipun tarif yang diberikan sangat murah, Anda harus memperhatikan relevansi dengan nilai produk sehingga dapat membantu mengembangkan brand.

Oleh sebab itu, Anda perlu bersabar dalam menentukan endorsement agar produk Anda bisa di-endorse dengan selebgram yang tepat dan mempunyai banyak peminat. Buatlah keputusan yang paling tepat saat Anda akan menyetujui seorang selebgram untuk meng-endorse produk yang Anda miliki.


Melihat Profil Selebgram

Untuk memilih selebgram yang tepat terbilang gampang-gampang susah karena terdapat banyak selebgram yang ada sekarang. Oleh sebab itu, Anda harus memilih endorsement selebgram yang relevan dengan produk yang Anda miliki.

Pada umumnya, endorse akan diberikan pada selebgram yang memiliki karakter dan hobi yang berhubungan dengan produk Anda. Tentunya selebgram tersebut harus cocok dengan produk Anda. Hal ini bertujuan agar promosi yang dilakukan oleh selebgram mempunyai dampak positif terhadap penjualan produk yang Anda miliki.

Sebagai contoh, ketika Anda menjual produk kecantikan, maka carilah selebgram yang memiliki foto yang cantik dan selebgram tersebut suka dengan alat kecantikan. Misalkan saja selebgram tersebut sering melakukan tutorial make up. Dengan melakukan identifikasi terhadap minat yang dimiliki oleh selebgram, maka Anda dapat memastikan bahwa endorsement yang Anda lakukan akan mengalami kesuksesan. 

Anda dapat melakukan identifikasi minat dengan beberapa pertanyaan, antara lain pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Apakah produk saya bisa di-endorse dengan baik oleh selebgram?
  • Apakah brand yang saya miliki menarik minat selebgram?
  • Apa yang diminati oleh selebgram yang akan meng-endorse produk saya?

Dengan mengajukan beberapa pertanyaan tersebut, Anda akan mengetahui minat selebgram, dan mengetahui potensi selebgram dalam melakukan endorse. Identifikasi minat dapat membuat selebgram bisa meng-endorse dengan baik. 


Periksa Jumlah Komentar dan Like

Tips meminta endorsement yang efektif adalah dengan cara memeriksa jumlah komentar dan like. Banyak followers tidak menentukan bahwa selebgram tersebut cocok untuk meng-endorse produk Anda. Selain melihat followers Anda juga harus melihat like dan komentar.

Ada selebgram yang memiliki followers sebanyak 50.000 sedangkan jumlah like dalam postingan mencapai 4.000 likes. Di sisi lain, ada selebgram yang memiliki followers 100.000 dan jumlah like dalam postingan hanya mencapai 2.000 likes. 

Kira-kira, selebgram mana yang Anda pilih? Tentu selebgram dengan jumlah engagement yang lebih banyak bukan? Untuk itulah, jangan hanya melihat followers tetapi juga likes dan komentar.


Membandingkan dengan Selebgram Lain

Anda bisa mematok budget yang sangat besar untuk melakukan promosi pada produk Anda. Namun, akan lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan selebgram.

Carilah selebgram yang memiliki karakter yang sesuai. Tanyakan harga yang mereka patok untuk sekali endorse, kemudian bandingkan dengan selebgram lainnya. Apabila ada selebgram yang sudah cukup terkenal dan mematok harga yang tidak terlalu mahal serta karakter dari selebgram sesuai dengan produk Anda, maka sebaiknya Anda memilih selebgram ini untuk bekerjasama.


Memastikan Audiens Selebgram Tepat dengan Produk Anda

Memastikan audiens selebgram tersebut tepat dengan produk yang Anda miliki adalah elemen penting yang selanjutnya harus menjadi perhatian Anda. Sebagai contoh produk Anda adalah produk olahraga maka tidak cocok dengan selebgram yang mempunyai hobi di bidang kecantikan. Karena selebgram yang mempunyai minat dalam bidang kecantikan pasti memiliki audiens yang juga gemar dalam hal kecantikan. Jadi produk olahraga Anda tidak akan mendapat banyak peminat.

Karena itulah, Anda harus memperhatikan dengan benar apakah audiens yang dimiliki oleh selebgram tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap produk yang Anda miliki.


Memperhatikan Konten Foto

Salah satu tips meminta endorsement pada selebgram adalah memperhatikan foto dan video yang ada pada instagram selebgram. Para selebgram yang profesional pasti akan menampilkan foto atau video dengan kualitas yang baik dan menarik. Karena nantinya para selebgram ini akan dinilai bagaimana cara mereka memposting suatu produk. Kualitas foto dan video yang baik dan menarik tentu akan menarik banyak followers

Dengan melihat foto dan video selebgram, Anda bisa memiliki gambaran bagaimana selebgram tersebut mempresentasikan produk milik Anda. Pilihlah selebgram yang menampilkan foto dan video dengan menarik agar menarik minat audiens


Nah itu dia tips meminta endorsement pada selebgram yang tepat dan efektif. Anda dapat mempraktikkan tips ini agar produk Anda mampu menarik minat banyak orang dan mengalami penjualan yang meningkat.


Baca juga: 4 Jenis Investasi Aman, Menguntungkan, dan Resiko Rendah

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru