Gaya Hidup

Bisnis

7 Cara Berpikir Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tiru

Paskalia-

11 Jul 2019

7 Cara Berpikir Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tiru

Cara berpikir pengusaha sukses akan berbeda dibandingkan dengan pemikiran pengusaha lainnya yang belum mencapai kesuksesan. Jika Anda ingin memiliki kesuksesan yang sama seperti mereka, maka Anda bisa melakukan cara-cara yang sebentar lagi akan dijelaskan.

Terkadang sering kita jumpai ada sejumlah orang membuka bisnis yang sama, tetapi yang sukses sangat sedikit. Selain karena keberuntungan orang tersebut, aspek penunjang lainnya seperti cara, strategi dan lainnya lah yang lebih diperhatikan orang tersebut.


Baca Juga: Cara Investasi Paling Praktis, Siapapun Bisa


Maka 7 tips di bawah ini cocok sekali untuk Anda yang mempunyai impian menjadi pengusaha sukses dengan cara berpikir seperti di bawah ini.


1. Memfokuskan bisnis pada hal penting saja

Tips pertama ini seringkali disepelekan oleh berbagai pihak pengusaha, padahal jika kita melihat realita yang terjadi saat ini adalah banyak hal-hal yang penting pada bisnis, tetapi dibiarkan begitu saja.

Hal-hal penting tersebut dapat berupa peluang untuk mengembangkan bisnis, tantangan yang akan terjadi di saat atau nanti yang akan muncul. Hal-hal seperti itulah yang sangat penting sekali diperhatikan agar Anda bisa menghadapi atau melewati keadaaan yang bisa muncul kapan pun terjadi.


2. Harus mempunyai bisnis sendiri

Ini adalah salah satu cara berpikir pengusaha sukses yang juga sangat penting. Dikhususkan bagi Anda yang baru akan berniat menjalankan bisnis dan sudah memikirkan kelangsungan bisnisnya, maka Anda harus memiliki bisnis atau produk sendiri agar mudah dipasarkan. 

Sebaiknya Anda memilih dan fokus terhadap satu produk saja untuk bisnis yang Anda ciptakan dan jalankan. Tujuannya agar pikiran Anda tidak bercampur aduk untuk menghadapi segala macam produk yang belum tahu kedepannya akan diminati para pelanggan atau tidak.


3. Harus menjaga kualitas produk

Cara berpikir pengusaha sukses lainnya yang wajib Anda tiru adalah selalu menjaga kualitas produk Anda. Dalam hal ini Anda haruslah lebih perhatian dan teliti karena ini menjadi tonggak utama kelangsungan bisnis Anda.

Produk yang terjaga kualitasnya dengan baik akan selalu jadi incaran para pelanggan. Jika pelanggan menemukan produk yang tidak baik, maka bersiaplah untuk Anda akan kehilangan pelanggan tersebut.

Satu hal lagi, pebisnis banyak menjadikan cara memberikan diskon dan semacamnya agar menarik perhatian pelanggan. Anda sebagai pebisnis juga boleh melakukan hal itu, tetapi jangan pernah mengurangi kualitas produk Anda.


4. Harus memahami brand suatu produk

Brand adalah ciri khas seperti simbol, desain dan sebagainya yang juga penting dalam bisnis Anda. Dikatakan penting karena brand tersebut memiliki tujuan untuk memunculkan impresi yang mendalam dan bertahan lama di hati para konsumen.

Oleh karena itu cara berpikir pengusaha sukses ini begitu penting untuk ditiru dan dilakukan oleh para pelaku bisnis lainnya. Anda juga tidak boleh ketinggalan. Jadikan brand produk Anda laris dan disukai oleh para pelanggan.


5. Bangun bisnis dengan memanfaatkan networking

Networking atau sering disebut dengan jaringan sangat berguna sekali dalam membangun bisnis yang sedang Anda jalani. Cara berpikir pengusaha sukses inilah yang juga tidak boleh diacuhkan. Jangan hanya karena malas dan malu, menjadikan Anda untuk memikirkan ulang melakukan cara ini padahal orang lain di luar sana sudah duluan menjalankan salah satu cara efektif ini.

Anda pernah tidak mendengar sebuah cerita ada seorang teman yang meminta kepada teman lainnya yang akan mengadakan pesta pernikahan untuk dijadikan penerima tamu. 

Si teman berkata kenapa bisa seperti itu, jawab teman yang satunya lagi bahwa dia ingin mengenal semua teman-teman atau tamu yang hadir sekaligus bersosialisasi guna untuk memperkuat networking yang sangat dibutuhkan pada bisnisnya.


6. Up to date

Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia bisnis tidak berjalan monoton saja melainkan selalu berubah-ubah setiap saat atau sering disebut dinamis. Anda pun harus menerima hal itu dengan terbuka lebar. Perubahan dijadikan cara agar pelanggan yang datang tidak merasa bosan.

Perubahan memang begitu dibutuhkan agar bisnis yang sedang Anda geluti terkesan menarik dengan gaya dan cara yang selalu dinamis. Pernyataan itulah yang membuat cara berpikir pengusaha sukses Ini begitu penting dijalankan.


7. Menerima kritik dan saran

Kritik dan saran juga sangat dibutuhkan untuk para pelaku bisnis yang bertujuan untuk membangun bisnisnya menjadi lebih baik lagi. Cara berpikir pengusaha sukses inilah yang sering disalah artikan. Sebagian pelaku bisnis menganggap kritik dan saran merupakan hinaan yang luar biasa.

Padahal kritik dan saran yang berasal dari pelanggan atau teman, semata-mata hanya ingin membuat bisnis Anda mengalami perubahan yang lebih baik dan baik lagi. Dengan mengumpulkan segala macam kritik dan saran. Anda bisa menjadikan hal tersebut motivasi untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani.

Bahkan kalau ingin membuat bisnis Anda semakin maju, Anda bisa menyediakan semacam kotak atau tempat di mana pelanggan yang datang bisa menumpahkan segala macam unek-unek yang ada di benaknya terhadap segala sesuatu pada bisnis Anda meliputi produk yang dipasarkan, pelayanan yang diberikan, dan kebersihan tempat bisnis Anda.

Berdasarkan cara berpikir yang dimiliki para pengusaha sukses di atas sering kita acuhkan padahal begitu umum dan mudah sekali untuk diterapkan. Oleh karena itu Anda jangan pernah menutup mata jika berbicara mengenai hal-hal yang akan mendukung bisnis Anda menjadi semakin bagus lagi.


Demikianlah cara berpikir pengusaha sukses yang wajib Anda tiru agar Anda juga menjadi seperti mereka, memiliki bisnis yang lancar dan menjadi pengusaha yang sukses. Satu hal yang juga harus Anda lakukan setelah menjadi pengusaha yang sukses adalah menularkan hal tersebut kepada orang lain yang juga ingin merasakan bagaimana memperoleh kesuksesan saat berbisnis.


Baca Juga: Macam-Macam Investasi, Kenal Dulu Baru Mendulang Profit


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru