Finansial

7 Cara Menabung Tak Terduga untuk Kumpulkan 1 Juta dalam 1 Bulan

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Dec 2019

7 Cara Menabung Tak Terduga untuk Kumpulkan 1 Juta dalam 1 Bulan

Menabung adalah sesuatu yang perlu dilakukan agar pengeluaran dapat terkendali serta menyiapkan cadangan dana keuangan di masa depan. Cara menabung yang baik pun perlu Anda terapkan agar Anda dapat menyisihkan uang Anda untuk di tabung.

Dalam menabung, menentukan target tabungan yang perlu terkumpul cukup penting seperti target harus menabung satu juta dalam sebulan. Namun untuk dapat memenuhi target tabungan tersebut bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa halangan seperti uang yang terus terpakai sehingga target menabung dalam satu bulan tidak kunjung terkumpul.

Gimana cara menabung agar bisa terkumpul 1 juta dalam 1 bulan? Berikut tipsnya.

 

Baca juga: 10 Tips Nabung Untuk Bangun Rumah

 

Sisihkan Uang Langsung di awal Bulan adalah Cara Menabung yang Baik

Menyisihkan uang di awal bulan bisa menjadi cara menabung yang baik. Saat Anda telah menerima gaji pastikan untuk langsung menyisihkan sejumlah uang dan pastikan untuk tidak dipakai. Dengan menyisihkan uang secara langsung sebelum digunakan untuk kepentingan apapun, Anda dapat memastikan bahwa setiap bulan Anda bisa menyisihkan uang.

Berbeda jika Anda memilih menabung dari sisa pengeluaran dari kebutuhan yang harus Anda beli setiap bulannya. Belum tentu Anda dapat menabung bisa-bisa Anda malah tidak dapat menyisihkan uang sepeserpun karena uang terus terpakai tanpa Anda sadari.

 

Cara Menabung yang Baik Jangan Membeli Sesuatu yang Tidak Dibutuhkan

Jika Anda hendak menabung, maka Anda perlu berhemat. Terkadang justru bukannya Anda tidak mampu untuk menabung tapi Anda terlalu banyak membeli sesuatu sehingga Anda tidak dapat menyisihkan uang Anda.

Padahal boleh jadi Anda lebih banyak membeli barang yang tidak diperlukan ketimbang barang yang Anda butuhkan. Dengan benar-benar mengatur apa yang harus Anda beli, tentu Anda dapat menyisihkan uang dari gaji Anda untuk menabung. Tak mustahil jika dalam sebulan Anda bisa memperoleh tabungan satu juta.

 

Batasi Penggunaan Listrik adalah Cara Menabung yang Baik

Perhatikan penggunaan listrik Anda. Jika Anda ingin mulai berhemat agar bisa menabung, pemakaian listrik dapat melonjak jika Anda tidak terlalu peduli dengan jumlah pemakaian listrik Anda.

Anda dapat mengurangi pengeluaran listrik dengan cara matikan lampu saat Anda pergi. Anda juga dapat mematikan lampu saat Anda tidur dan jangan lupa siang hari lampu harus dimatikan. Matikan berbagai aliran listrik yang tak terpakai terutama jika Anda pergi dari rumah.

 

Jual Barang yang Tak Terpakai adalah Cara Menabung yang Baik

Pasti banyak baju yang jarang terpakai atau boleh jadi sudah tak pernah dipakai dan tergantung di lemari Anda. Jangan dianggap remeh dan dibiarkan begitu saja. Baju-baju tak terpakai itu bisa Anda jual kembali.

Manfaatkan marketplace untuk menjajakan barang yang Anda jual. Anda hanya perlu mengunggah foto barang Anda, beri harga, dan tunggu respons calon pembeli.

Kini juga terdapat marketplace yang khusus untuk menjual berbagai barang bekas seperti Carousell. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut kemudian manfaatkan untuk menjual pakaian atau barang-barang yang sudah tak terpakai oleh Anda.

Dengan menjual barang-barang yang tak terpakai, Anda dapat sekalian membereskan lemari Anda. Anda bisa mendapat uang untuk menabung. Tidak mustahil hasil penjualan baju dan barang tak terpakai Anda bisa membantu Anda untuk mengumpulkan tabungan 1 juta dalam sebulan.

 

Kurangi Nongkrong adalah Cara Menabung yang Baik

Jika Anda hendak menabung, maka kegiatan yang perlu Anda kurangi adalah nongkrong. Saat Anda terlalu sering nongkrong di cafe bersama teman-teman atau seorang diri, pengeluaran Anda otomatis akan bertambah.

Tentu bukannya tidak boleh sama sekali. Setelah bekerja tentu ingin melepas kepenatan atau sekadar memberi penghargaan kepada diri sendiri karena telah berusaha keras, Anda masih dapat memanjakan diri Anda dengan membeli makanan yang enak di tampak yang nyaman. Namun yang perlu Anda ingat adalah jangan lakukan hal tersebut terlalu sering. Cukup satu sampai 2 kali dalam sebulan agar penghasilan Anda tidak bobol dan Anda bisa menabung satu juta dalam sebulan.

 

Batasi Uang yang Anda Bawa adalah Cara Menabung yang Baik

Seringkali jika membawa uang dengan jumlah yang tak sedikit. Seringkali bisa terpakai untuk membelli sesuatu yang tidak direncanakan. Anda juga semakin mudah mengeluarkan uang Anda karena Anda merasa masih ada uang di dompet Anda.

Agar terhindar dari hal tersebut, bawalah uang sesuai dengan kebutuhan harian Anda. Sebelum itu, Anda perlu merencanakan keuangan harian Anda terlebih dahulu. Catat apa yang perlu Anda beli dan pengeluaran apa saya yang harus Anda bayar setiap harinya.

Misalnya uang makan dan transportasi bawalah uang yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Anda bisa membawa cadangan uang 100.000 di dompet Anda. Namun usahakan uang tersebut tidak terpakai karena uang tersebut adalah uang darurat. Pastikan jangan membawa banyak uang cash.

 

Baca juga: Ramalan Shio Tahun 2020 (Tikus, Kerbau, Harimau, Kelinci)

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru