Finansial

10 Tips Menabung untuk Membeli Rumah

Paskalia-

18 Jun 2019

10 Tips Menabung untuk Membeli Rumah

Menabung untuk membeli rumah sendiri tentu menjadi keinginan banyak orang, terlebih bagi yang mulai membangun keluarga. Untuk itu, ada beberapa tips menabung yang bisa diikuti agar keinginan Anda bisa segera diwujudkan. Selain penting sebagai sarana tempat tinggal, sebenarnya rumah merupakan bentuk investasi yang cukup menjanjikan. Hanya saja banyak orang yang terlalu menganggap serius hal ini lantaran fokus pada fungsi utamanya sebagai media berkumpulnya keluarga. Nah, sebagian kecil orang-orang yang menyadari rumah memiliki fungsi lain sebagai sarana investasi mulai mencari cara bagaimana merencanakan dan membangunnya.


Baca juga: Tips Menabung Ala Generasi Milenial dengan 7 Langkah


Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk benar-benar mewujudkan rumah impian adalah dengan cara menabung. Apakah Anda sudah berpikir jauh ke sana dan mempersiapkan tabungan untuk memulainya? Jika tidak, telaah kembali niat Anda, benarkah Anda ingin menabung untuk membeli rumah atau untuk memenuhi gengsi saja. Walaupun sebenarnya tak begitu penting apa niat Anda untuk membangun rumah, toh semua orang berhak bermimpi. Namun, yang membedakan adalah mereka yang berani berjuang mewujudkannya atau mereka yang tenggelam dalam mimpinya hingga lupa berusaha. Berikut ini 10 tips menabung untuk membeli rumah yang bisa Anda coba praktekkan.


Mulai Segera

Tetapkan rencana masa depan Anda mulai dari sekarang. Jangan lagi banyak menunda, sekalipun Anda merasa masih muda, belum menikah, dan belum punya tanggungan. Justru karena alasan itulah Anda harus mulai menyiapkan semuanya dari sekarang, agar tak ada penyesalan di masa mendatang.

Tak hanya pertimbangan soal umur dan kebutuhan yang kian meninggi, memiliki rumah sedari awal akan sangat menguntungkan diri Anda sendiri. Anda mungkin masih menyimpan berbagai alasan untuk menundanya, tetapi ketahuilah bahwa semakin hari harga rumah semakin mahal. Nah, bagi Anda yang berencana untuk membangun dari nol sadarilah bahwa harga bahan bangunan kian hari kian meroket di pasaran. Belum lagi jasa profesional dan tukang yang nantinya Anda butuhkan.

Tanpa perlu banyak beralasan lagi, siap tidak siap dan bagaimanapun kondisi saat ini berkomitmenlah untuk memulai. Lebih baik lagi jika Anda segera melakukan pembenahan keuangan. Ini merupakan bagian dari tips menabung untuk membeli rumah yang paling mendasar dan krusial tetapi seringkali disepelekan.


Baca juga: Tips Menabung saat Masih Kredit Rumah


Pastikan Tujuan Anda

Menabung memang penting, tetapi tujuan Anda mengumpulkan uang itu lebih penting lagi. Dengan menetapkan tujuan menabung, hidup Anda akan lebih terarah pada tujuan, juga tak berjalan asal-asalan. Selain itu, jika Anda sudah memantapkan hati mengenai tujuan dari menabung ini, secara otomatis Anda akan memotivasi diri untuk berkomitmen dan menyelesaikan yang sudah Anda mulai. Misalkan Anda ingin menabung untuk membeli rumah, ingatlah tujuan tersebut.

Jika takut lupa, sebaiknya Anda menyusun rencana jangka panjang dan menuliskannya. Otak kita akan lebih mengingat hal yang dituliskan dibandingkan hal yang hanya diangan-angankan. Tak ada salahnya Anda menempelkannya di tempat yang bisa dilihat setiap hari, sebagai pengingat diri.


Tentukan Jumlah yang Tepat

Setelah menetapkan tujuan, kini saatnya Anda menetapkan besarnya anggaran yang hendak Anda sisihkan. Dengan memiliki gambaran yang jelas mengenai besaran tabungan sejak awal, Anda bisa dengan mudah memperkirakan, atau bahkan menentukan secara tepat kapan tabungan ini bisa digunakan. Lakukan penghitungan dengan baik, sesuaikan rasio tabungan dengan pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda sehingga tidak mengganggu siklus keuangan harian.

Satu hal yang harus Anda perhatikan mengenai hal ini adalah menetapkan nominal yang masuk akal. Jangan sampai tabungan yang Anda ini memberatkan dan malah menjadi beban. Lebih baik tetapkan sedikit, tetapi konsisten tiap bulannya. Hal ini akan mempermudah Anda mencapai tujuan, yakni menabung untuk membeli rumah.


Lunasi Semua Utang

Jika Anda masih punya tanggungan utang, sebaiknya difokuskan untuk melunasinya terlebih dahulu. Bukannya bermaksud menunda menabung untuk membeli rumah, hanya saja utang harus lebih dulu diprioritaskan agar nantinya tidak menjadi beban. Sebab tanpa utang, menabung akan menjadi lebih menyenangkan. Memastikan diri terbebas dari lilitan utang merupakan salah satu tips menabung untuk membeli rumah yang benar-benar harus Anda perhatikan.


Tabungan dalam Bentuk Emas

Menabung kini bisa dilakukan dengan berbagai cara, tak melulu dengan menitipkan uang di bank. Anda pun bisa mencoba untuk menabung dengan cara berinvestasi pada emas. Emas adalah jenis investasi yang tidak bakal terdampak kemungkinan inflasi sehingga nilainya lebih stabil, bahkan terkadang naik secara signifikan. Namun jangan lupa untuk mempelajari seluk-beluk investasi ini secara detail sebelum terjun ke dalamnya.


Hidup Hemat

Saat ini memang menjaga gaya hidup hemat terasa sulit sekali diterapkan. Pengaruh sosial media yang sering memperlihatkan potret kegembiraan dengan berhura-hura nyatanya membawa pengaruh yang cukup tinggi pada kebutuhan untuk menjaga citra alias gengsi. Untuk itulah hidup hemat dan menekan keinginan untuk berbelanja menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat masa kini, terutama kaum milenial.


Belanja dengan Cerdas

Berbelanja memang suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan. Namun sayangnya kegiatan yang harusnya bermanfaat ini kadang menjadi celah baru dan menjelma menjadi salah satu pos pengeluaran terbesar. Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan mana saja yang merupakan kebutuhan atau sekedar keinginan saja. Prioritaskan mana yang lebih penting. Setelah itu Anda dapat menyisihkan uang belanja untuk menabung untuk membeli rumah.


Menabung dalam Bentuk Rumah

Tips yang satu ini maksudnya adalah mencoba mencicil membeli rumah yang diidamkan. Bisa mulai dari membeli genteng, batu, batako, atau semen terlebih dahulu. Walaupun terkesan sepele, hal ini justru bisa makin membangkitkan semangat Anda untuk segera menyelesaikan dan benar-benar membangunnya.


Libatkan Anggota Keluarga

Membangun rumah toh sama saja dengan membangun masa depan Bersama. Ada baiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan keluarga. Pastinya peran dan kebutuhan keluarga akan berpengaruh kepada pembuatan desain rumah. Siapa tahu pula para anggota keluarga bisa menegur saat Anda sedang khilaf dan keluar jalur dari tujuan utama untuk membangun rumah. Syukur-syukur jika mereka mau membantu menyisihkan uang untuk membantu membangun rumah.


Komitmen dan Disiplin

Hal terakhir dari tips menabung untuk membeli rumah adalah komitmen dan disiplin. Kenyataannya menabung untuk membeli rumah membutuhkan banyak dana. Maka dari itulah Anda membutuhkan waktu yang lama. Di sinilah komitmen dan kedisiplinan benar-benar dibutuhkan demi kelancaran masa depan. Tetapkan niat dan komitmen mulai hari ini. Disiplin kepada diri sendiri.


Semoga hunian impian Anda segera terwujud. Semangat!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru