Gaya Hidup

7 Cara Mengubah Stress Kerja Jadi Hal Baik

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Dec 2020

7 Cara Mengubah Stress Kerja Jadi Hal Baik

Stress kerja biasanya dianggap negatif dan membuat seseorang menjadi tidak berdaya. Mereka mengira bahwa stress yang dialami penyebabnya dari luar, padahal apa yang ada di luar diri bisa saja bukan menjadi salah satu penyebab stress.

Kamu mungkin berbuat salah dan lupa melihat ke dalam dirimu untuk mengetahui  penyebab stres. Sebaliknya, kamu lalu memproyeksikan semua emosi yang kamu rasakan pada sesuatu atau orang lain dan mulai mengalihkan kesalahan.

Jika kamu memiliki kekuatan untuk memproyeksikannya secara negatif, maka kamu harus memiliki kekuatan yang sama untuk memproyeksikan sesuatu secara positif. Kamu pasti mampu mengakali stres yang kamu rasakan dengan menggunakan energinya untuk mendorong kamu maju.

Beberapa tips ini semoga bisa mengubah stress kerja yang kamu rasakan menjadi kekuatan yang dapat mendorongmu menuju kesuksesan. Stres mungkin terasa tidak enak, tetapi kamu harus percaya bahwa itu juga bisa mendorongmu untuk maju. Yuk simak!


Baca juga: 5 Cara Sehat untuk Menangani Pikiran Negatif


1. Kembangkan kesadaran diri yang kamu miliki

Untuk mendapatkan “keuntungan” dari stres, sangat penting untuk memandang kehadirannya sebagai sikap atau filosofi yang berkelanjutan tentang kehidupan dan karirmu yang kamu ciptakan untuk dirimu sendiri.

Ketika kamu berhenti mengharapkan stres pergi dan lebih memilih untuk belajar mengatasinya, kamu akan mulai melihat stres sebagai kunci untuk membuka mata ke mana kamu perlu melaksanakan atau menarik beban pekerjaan agar lebih efektif.

Stress akan membuatmu sadar dimana kamu kurang dalam pengetahuan atau wawasan. Ketika kelemahanmu terungkap, kamu akan mengetahui bagian mana yang paling membutuhkan perbaikan diri sehingga kamu fokus memperbaikinya.


2. Jadilah individu yang kreatif

Stres berawal dari apa yang tidak dapat diprediksi. Kita semua pasti memimpikan sesuatu, tapi hidup tidak akan menjadi hidup tanpa kegembiraan dari apa yang tidak dapat kamu ramalkan atau prediksi.

Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih. Kamu bisa biarkan stres mengontrol dirimu dan jadi lebih kaku, atau kamu bisa membiarkannya membuatmu melihat hidup seperti seorang seniman dengan kanvas kosong.

Sebenarnya, stres merupakan hal yang penting karena bisa membuatmu tetap waspada.  Kamu memiliki kendali lebih ketika dapat menggunakan stres secara kreatif. 

Energi adrenal yang diciptakan oleh tekanan dari apa yang tidak dapat diprediksi dapat memberimu inovasi, kegembiraan dan tidak ragu mengambil risiko. Semakin kreatif dirimu, seringkali akan semakin sukses pula dirimu.


3. Memeriksa dan bertindak berdasarkan prioritas

Sukses adalah tentang prioritas. Jika kamu ingin tahu tugas apa yang harus didahulukan, respons stres yang kamu rasakan akan memberitahumu tugas mana yang mendesak dan butuh perhatian lebih dan tugas mana yang dapat ditunda untuk dikerjakan.

Mengetahui prioritas dan mengerjakannya saat itu memberimu hak pilihan atas beban kerja. Begitu kamu mengerjakan pekerjaan yang lebih mendesak, kamu tidak hanya merasa lega, tetapi yang lebih penting lagi, merasakan pencapaian yang luar biasa. Tidak ada yang bisa lebih menginspirasimu untuk terus bergerak ke depan selain pencapaian.


4. Berusaha menemukan peluang baru

Stres, jika digunakan secara efektif, dapat meningkatkan peluang. Jika kamu merasa stress, ada tantangan di tanganmu saat ini yang bisa digunakan untuk memotivasimu agar bangkit, mengubah arah, menambah pengetahuan, mencoba sesuatu yang baru, serta bergerak melampaui kegagalan untuk menciptakan peluang baru.

Tidak peduli tantangan apa yang ada di depanmu, tekanan yang datang dari tantangan tersebut dapat digunakan sebagai motivasi. Kamu bisa mengalah pada sainganmu atau mengalahkannya.


5. Tingkatkan kecerdasanmu

Stress kerja telah terbukti meningkatkan kognisi dan aspek tertentu dari kecerdasan individu. Respons melawan atau lari melepaskan bahan kimia tertentu yang dapat meningkatkan kemampuanmu untuk fokus.

Saat kamu berada di bawah tekanan seperti ini, tidak hanya fokusmu yang meningkat, tetapi juga kekuatan mental di bidang kapasitas akademis atau profesional.

Stres meningkatkan kemampuanmu untuk mengingat detail dan ingatan yang berguna ketika ditempatkan dalam situasi kritis, di mana pengetahuan dan keterampilan pemecahan masalahmu dibutuhkan. 

Kamu dapat mengandalkan stres untuk membuatmu lebih pintar di saat-saat tertekan seperti ini.


6. Sambut rasa frustrasi dengan optimal

Kamu adalah orang yang paling bahagia dan sukses saat berada di bawah tekanan tingkat frustrasi yang optimal. 

Cara paling efektif untuk berkembang dalam pengetahuan, keterampilan, atau bakat adalah dengan menempatkan diri dalam tugas atau situasi yang baru atau menantang.

Belajarlah menikmati proses. Karena pada kenyataannya, perjuangan adalah tempat dimana semua kegembiraan berada. Ketika kamu terus-menerus menemukan jalan dan melalui hal-hal yang tidak diketahui dalam kehidupan, kamu akan menyadari bahwa kamu sedang berkembang.

Biarkan perjuanganmu melahirkan inspirasi dan motivasi, bukan keputusasaan. Tidak akan ada untungnya  jika kamu tidak berjuang dan bekerja keras untuk mencapainya.


Baca juga: Tips Tetap Fokus WFH untuk Anda yang Memiliki Anak


7. Kembangkan strategi untuk mengatasi stress kerja

Stress bertujuan untuk memotivasimu untuk bisa melalui peristiwa di mana kamu mempertanyakan apakah kamu memiliki apa yang diperlukan untuk mengatasinya.

Kamu tidak pernah lebih inovatif daripada saat kamu stres karena kamu akan melakukan hampir semua hal untuk menghilangkan tekanan tanpa menciptakan lebih banyak stress.

Jika kamu bereaksi secara impulsif terhadap stres, kamu menciptakan lebih banyak stres untuk diri sendiri dan bahkan masalah yang lebih besar untuk diselesaikan. Agar dapat mengatasi stress secara efektif, kamu harus memperlambat dan memikirkan strategi terbaik untuk mengurangi stress dan memastikan strategi ke depan.

Semakin banyak strategi yang kamu pelajari dan gunakan, semakin siap kamu untuk menghadapi tantangan masa depan dan peningkatan kesuksesan.

Namun, jika kamu merasa kewalahan mengatasi stress yang kamu rasakan, jangan ragu untuk mencari bantuan pada profesional atau kamu bisa melakukan meditasi dengan menggunakan aplikasi Riliv!

Disadur dari:

  1. https://www.entrepreneur.com/article/304288


Ditulis oleh Yuri Mahirta Sari dari Riliv.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru