Bisnis

7 Pengusaha Sukses Kuliner yang Berhasil Meraup Omzet Miliaran

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Apr 2020

7 Pengusaha Sukses Kuliner yang Berhasil Meraup Omzet Miliaran

Untuk menjadi pengusaha sukses di bidang kuliner, maka kita harus mengusahakan segala upaya untuk mengembangkan bisnis yang sedang kita jalankan.

Akhir-akhir ini, bisnis di bidang kuliner memang semakin diminati, karena mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

Hanya saja, pesaing dalam bisnis kuliner juga semakin banyak, sehingga kamu harus lebih inovatif dan kreatif.

Selain rasa, keunikan menjadi salah satu faktor yang bisa mengantar seorang pebisnis kuliner menjadi sukses. Berikut beberapa pebisnis kuliner yang berhasil meraih omzet hingga miliaran rupiah di Indonesia!

 

Baca juga: 8 Pola Pikir Pengusaha Sukses yang Patut ditiru

 

Rangga Umara

Apakah pecel lele menjadi salah satu makanan favoritmu?

Kuliner favorit masyarakat nusantara ini tentu mudah dijumpai di pinggir jalan-jalan berbagai kota di Indonesia.

Tahukah kamu bahwa ada orang yang sangat sukses berbisnis pecel lele? Rangga Umara namanya. Rangga memiliki rumah makan bernama Lele Lela dengan menu unggulannya berupa pecel lele.

Rangga tidak pernah bermimpi untuk memiliki bisnis kuliner yang sukses. Ia mengawali bisnisnya karena kebutuhan untuk membayar uang sewa rumah bersama istrinya. Siapa sangka, Lele Lela menjadi primadona bagi masyarakat yang hobi berwisata kuliner.

 

Adrian Christopher Agus dan Eugenie Patricia Agus

Jika kamu mengenal kuliner bernama Puyo Desserts, tentu kamu sudah mengenal kedua pengusaha sukses ini. Kakak beradik ini semakin dikenal karena semakin banyaknya penggemar kuliner yang satu ini.

Puyo adalah camilan puding yang sangat lembut. Bisnis ini bermula setelah kakak beradik tersebut melihat puding lembut buatan ayahnya.

Dengan inovasi yang diberikan, mereka menyuguhkan puding dengan rasa baru dan warna menarik, sehingga membuat orang-orang selalu ingin mencobanya. Semakin hari, semakin banyak inovasi yang disuguhkan, baik dalam hal cita rasa dan tampilannya.

Kesuksesan di dunia bisnis mampu mengantar duo ini dalam daftar Forbes Under 30 Asia. Apakah kamu tertarik membuat bisnis kuliner seperti mereka?

  

Famela Nurul Islami

Memulai bisnis di usia 21 tahun tidak lantas membuat Famela Nurul Islami mudah menyerah. Bisnis ini dimulai pada tahun 2013 dengan modal Rp1 juta untuk membuat merek dagang, yaitu Lidi Geli.

Ia selalu gigih dalam mempromosikan produknya hingga satu tahun kemudian, ia sudah berhasil meraih omzet hingga puluhan juta rupiah.

Berdasarkan kisah dari para pebisnis di bidang kuliner di atas, maka kita bisa tahu bahwa tidak mudah untuk menjalankan suatu bisnis dan membuatnya sukses hingga berhasil meraup keuntungan jutaan hingga miliaran rupiah.

 

Baca juga: 9 Inspirasi Bisnis Online Bareng Sahabat


Santoni

Siapa sih yang tidak mengenal resto Bumbu Desa. Tempat makan yang khas dengan dekorasi warna cokelat ini sering kita lihat di kota-kota besar. Outletnya ada di pinggir jalan raya atau kita juga bisa melihatnya di berbagai mall.

Santoni adalah pemilik Bumbu Desa. Restoran dengan menu-menu khas tanah Sunda ini menawarkan kualitas bintang lima yang nggak main-main.

Santoni mengawali bisnisnya hanya dengan modal Rp8 juta. Pada tahun 2004, ia kemudian membuat Bumbu Desa sebagai bisnis waralaba dengan outlet lebih dari 50 buah.

Kuliner ini juga sudah memiliki cabangnya di luar negeri seperti di Malaysia, Singapura, dan juga Amerika Serikat! Tidak hanya memperoleh keuntungan, Santoni juga berhasil memperkenalkan kuliner tradisional kepada dunia.


Sukyanti Nugroho

Satu lagi pengusaha kuliner yang berhasil sukses dengan mengandalkan makanan khas Indonesia, Sukyanti Nugroho. Sukyanti mengawali bisnis Es Teler 77 dengan mengandalkan masakan ibu mertuanya, yaitu Ibu Muniarti.

Ibu Muniarti adalah pemenang lomba meracik es teler pada tahun 1982. Sukyanti menawarkan berbagai jenis masakan rumahan khas Indonesia melalui Es Teler 77.

Kini, gerai Es Teler 77 bisa kita lihat di mana-mana, terutama di berbagai mall di Indonesia. Sukyanti juga berhasil melebarkan sayap bisnisnya hingga ke Malaysia, Singapura, Australia, dan India.

Hebat, ya?


Victor Giovan Raihan

Jika kamu adalah penggemar teh, tentu tidak asing dengan Teh Kempot miliki Victor Giovan Raihan. Siapa sangka, Victor sudah mulai menekuni bisnisnya ini sejak duduk di bangku SMA.

Hingga sekarang Victor sudah memiliki lebih dari tiga puluh cabang, loh!

Teh yang ia tawarkan adalah teh yoghurt yang segar. Di dalamnya terdapat bahan-bahan seperti buah-buahan, susu, dan cincau. Mantab, ya?


Baca juga: 10 Peluang Usaha dengan Modal 500 Ribu Untuk Mahasiswa


Reza Murhaliman

Dulunya, pengusaha sukses ini bekerja sebagai serabutan setelah lulus dari SMA.

Karena tekad belajar yang kuat, Reza kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Maranatha Bandung dengan mengambil jurusan Manajemen.

Saat itu, ia sedang mengembangkan bisnis usaha keripiknya. Kamu tentu mengenal kerupuk pedas yang berasal dari Bandung ini. Ya, Maicih. Keripik pedas yang hadir dalam beberapa level ini sangat digemari generasi milenial.

Resep pembuatan kripik ini didapatnya dari seorang nenek dan kemudian Reza memberikan inovasinya dengan menyediakan beberapa level pada rasa pedas keripik tersebut.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru