Bisnis

Finansial

7 Tips Bisnis Laundry yang Sukses Tajir Melintir

Paskalia-

11 Jul 2019

7 Tips Bisnis Laundry yang Sukses Tajir Melintir

Bisnis laundry adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan mata pencaharian. Apalagi sekarang ini banyak sekali bisnis laundry yang sukses dikarenakan pemiliknya mampu untuk menjalaninya dengan baik. Mencontoh dari hal tersebut, pasti Anda mempunyai keinginan yang sama seperti itu.

Apalagi saat ini bisnis laundry semakin berkembang pesat dikarenakan kesibukan hampir dari setiap orang yang tidak sempat untuk mencuci dan menyetrika bajunya, khususnya untuk orang yang bekerja dari pagi sampai sore. Keberadaan laundry begitu bermanfaat untuk situasi keadaan mereka saat ini. 


Baca juga: 4 contoh usaha dengan modal bisnis minim


Karena beberapa alasan diatas membuat Anda ingin memiliki bisnis laundry yang sukses, 7 tips di bawah ini sangat bermanfaat untuk Anda lakukan.


1. Menggunakan peralatan laundry yang bagus

Bisnis laundry yang sukses tidak lain didukung oleh peralatan laundry yang bagus. Tidak harus mahal yang penting bisa dipakai dengan baik. Peralatan laundry seperti mesin cuci, pengering, pewangi dan setrika harus bisa digunakan dengan baik agar hasil dari laundry pakaian para pelanggan rapi dan memuaskan.

Sangat disarankan sekali Anda untuk membeli peralatan laundry yang baru dan bukan bekas. Hal itu akan mengurangi resiko yang buruk terjadi di tengah jalannya bisnis Anda seperti tiba-tiba rusak dan tidak berfungsi sehingga menghambat penyelesaian pekerjaan. Ditambah lagi Anda harus mengeluarkan uang yang banyak untuk memperbaiki peralatan tersebut.


2. Biaya laundry yang terjangkau

Kalau kita lihat semakin lebih mendalam, bisnis laundry sudah sangat banyak sekali tersedia di berbagai daerah baik kota maupun desa. Bahkan di satu tempat pun bisa ada beberapa laundry. Untuk mengurangi persaingan yang tinggi maka Anda bisa memberikan biaya laundry dengan harga yang terjangkau tapi tidak dengan mengurangi segala pelayanan Anda.

Anda juga bisa memberlakukan paket untuk meningkatkan pelanggan agar bisnis laundry semakin sukses. Harga paketnya sendiri bisa Anda lihat di berbagai informasi yang tersedia di internet dan bisa dijadikan acuan untuk Anda menentukan harga akan tetapi harga yang Anda berikan jangan sampai kelewatan sehingga untuk untungnya saja tidak dapat bahkan modal pun tidak kembali.


3. Bisnis laundry yang sukses mengedepankan pelayanan

Pernah tidak Anda mendengar beberapa pelanggan sering mengatakan seperti ini, “Mahal? Tidak menjadi masalah yang berarti selama pelayanan yang diberikan sangat memuaskan”. Dari sana kita bisa tahu bahwa pelanggan tidak hanya terfokus pada harga melainkan kualitas pelayanan.

Begitu juga pada bisnis laundry yang sukses yang tengah Anda perjuangkan sekarang. Buatlah pelanggan nyaman ketika berada di tempat Anda, memberikan informasi jika dibutuhkan dan ramah yang menjadi hal pokok. Terlebih lagi Anda juga harus menjaga kepercayaan pelanggan karena mereka menitipkan pakaian miliknya di laundry. Jangan sampai ada kesalahan apalagi sampai tertukar ataupun rusak.


4. Fasilitas yang memadai

Bisnis laundry yang sukses haruslah memiliki fasilitas yang memadai misalnya, pelayanan antar jemput dengan memberlakukan beberapa syarat tertentu. Cara tersebut jelas akan menaikkan omzet yang Anda miliki. Ditambah lagi pelanggan juga akan semakin senang karena tidak perlu repot-repot harus keluar rumah mengantarkan pakaiannya.

Jika kita telaah dengan baik, masih banyak jasa laundry yang tersedia saat ini, tetapi tidak ada layanan antar jemput. Sehingga jika ada menerapkan cara ini, maka langsung otomatis akan membuat bisnis laundry yang sukses untuk Anda.


Baca juga: 3 Jenis Pinjaman Modal Terbaik Saat Ini


5. Menjaga ketepatan waktu

Seluruh bisnis laundry yang sukses selalu berdampingan dengan waktu yang nantinya jika ada pelanggan yang datang ingin menggunakan jasa yang Anda tawarkan, Anda menyesuaikan harga dengan waktu yang sudah disepakati untuk menyelesaikannya. Anda pun harus memenuhi hal tersebut.

Anda juga tidak boleh memaksakan kehendak yang penting pemasukan banyak dan Anda main terima saja padahal pakaian yang diterima sudah sangat banyak dan diluar jangkauan Anda. Dalam hal ini Anda bisa memberikan penjelasan dan pengarahan mengenai berapa hari Anda mampu menyelesaikannya. Jika pelanggan tidak mau, maka Anda tidak akan mengecewakannya nanti.


6. Tidak pernah lelah melakukan pemasaran

Pemasaran adalah salah satu tips yang jitu untuk bisnis laundry yang sukses. Anda sebagai pebisnis di bidang laundry harus paham betul pemasaran seperti apa yang dapat memajukan bisnis Anda tersebut. Karena setiap bisnis tetap harus melakukan pemasaran, bahkan harus sesering mungkin dilakukan.

Sebuah perusahaan yang maju saja tidak pernah absen dalam melakukan pemasaran, apalagi bisnis laundry yang Anda geluti saat ini juga harus melakukan hal tersebut.


7. Waralaba untuk laundry? Siapa takut!

Jika ingin bisnis laundry yang sukses cara yang tepat adalah membuat sistem waralaba. Dengan menjaga kualitas, bisnis ini akan menambah keuntungan yang besar untuk Anda. Bahkan Anda bisa membuat cabang hingga ke luar kota.

Namun, Anda harus memperhitungkan semuanya terlebih dahulu sebelum terjun ke waralaba. Artinya, terjun ke bisnis waralaba membutuhkan persiapan yang matang. Jangan sampai Anda nekat membuka waralaba, tanpa tahu cara mainnya secara rinci.

Berdasarkan ke 7 tips di atas sepertinya bukanlah sesuatu yang sulit asalkan Anda benar-benar melakukannya secara serius. Kuncinya Anda harus rutin melakukannya tanpa harus mengeluh dan berhenti di tengah jalan.


Demikianlah 7 tips yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan bisnis laundry yang sukses yang merupakan impian bagi para pebisnis laundry lainnya. Lakukanlah ke 7 tips tersebut sebaik mungkin, karena jika Anda sudah benar dan tepat dalam melakukan hal tersebut, maka bisnis laundry yang Anda impikan selama ini akan berjalan mulus dan sukses.


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru