Bisnis

Finansial

4 Contoh Usaha dengan Modal Bisnis Minim

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Mar 2021

4 Contoh Usaha dengan Modal Bisnis Minim

Beberapa orang yang ingin mulai menjalankan bisnis tetapi takut untuk mengawali karena bermacam rintangan yang ada. Hambatan khusus yang menghalangi orang untuk mulai menjalankan bisnis ialah persoalan tersedianya modal bisnis.

Permasalahan tersedianya modal awal sebenarnya bisa diakali dengan bermacam langkah, selama ada kemauan yang kuat untuk memulai.


Manfaat Punya Bisnis Sendiri

Memang menjalankan bisnis atau usaha sendiri mempunyai resiko besar. Hingga perlu motivasi yang kuat dan ketegasan hati untuk menjalaninya. Dengan mempunyai usaha sendiri juga berguna diantaranya:

Belajar jadi bos

Lewat bisnis atau usaha yang dirintis sendiri, seorang bisa menjadi bos, sekecil apa saja usahanya. Seperti kata Bob Sadino yang disebut pebisnis sukses jika setinggi apa saja kedudukan seorang, ia tetaplah hanya karyawan sepanjang tetap bekerja pada orang lain.

Lewat bisnis yang dirintis sendiri, seorang tidak terikat dengan ketentuan apa saja dari pihak lain, dan malah ia yang membuat ketentuan dan kendali yang perlu dilakoni dalam menjalankan bisnis.

Dengan jalani usaha sendiri, seorang akan belajar jadi pimpinan yang bagus dan bertanggung jawab karena harus dapat tentukan arah usaha yang dijalaninya, sekalian harus juga pikirkan nasib dari pegawai yang ia memimpin.

Watak kepimpinan akan tercipta seiring berjalannya waktu selama seorang tekun dan serius jalani usahanya.

Pemasukan yang tak terbatas

Menjalani usaha sendiri akan membuat seorang memperoleh pendapatan yang tak terbatas, selama usaha dilakoni dengan strategi usaha yang tepat. Sementara bekerja menjadi karyawan cuma menghasilkan penghasilan yang stabil.

Orang yang mempunyai usaha sendiri ialah orang yang masih berpenghasilan dalam jumlah pendapatan yang variasi, bergantung pada bagaimana ia menjalankan usahanya.

Sementara karyawan ialah orang yang berpenghasilan tetap. Ingin sebesar apa kerja dan usahanya, tetapi pendapatannya tetap dan terbatasi oleh perusahaan.

Dapat membuka lapangan kerja

Orang yang menekuni usaha sendiri dapat memberi kesempatan untuk memberi pekerjaan ke orang yang masih belum bekerja dengan jadi pegawai di usaha yang dilakoninya.

Seorang pebisnis meskipun skala kecil jika sudah dapat mengambil karyawan, maka ia sudah berperan pada pengurangan tingkat pengangguran juga sekaligus menolong ekonomi orang yang lain menjadi pekerjanya.

Walau demikian, jadi seorang pebisnis pemula memang tidak gampang karena penuh rintangan dan resiko. Tetapi, keadaan itu akan membuat hidup lebih mempunyai warna dan menarik, terutamanya untuk orang yang menyenangi rintangan. 


Baca juga: Cermati 3 Jenis Modal Usaha ini sebelum Rintis Bisnis


Contoh Usaha dengan Modal Minim

Di bawah ini ialah contoh usaha yang dapat diawali dengan modal bisnis kecil:

Membuka usaha laundry

Membuka usaha laundry adalah salah satunya usaha kekinian dengan modal bisnis kecil kurang lebih cuma Rp6 juta untuk penyediaan beberapa alat berupa mesin cuci, detergen, pengering, timbangan, setrika, plastik, dan peralatan yang lain.

Layanan laundry mempunyai prospek usaha yang baik karena sekarang ini banyak orang-orang yang ingin serba instan termasuk dalam membersihkan pakaian.

Sehingga mereka cenderung pilih untuk membawa cuciannya ke layanan laundry, dibandingkan harus membersihkan sendiri karena menyita banyak tenaga dan waktu.

Usaha cuci motor dan mobil

Sekarang ini beberapa orang yang mempunyai kendaraan, baik itu motor atau mobil yang dapat digunakan untuk bermacam kepentingan. Tetapi, tidak seluruhnya orang mempunyai waktu senggang untuk mencuci dan membersihkan kendaraannya yang kotor setelah digunakan.

Karena itu, usaha layanan cuci motor dan mobil mempunyai kesempatan yang lumayan menjanjikan untuk ditelateni dengan modal kecil sebesar Rp2 juta. Modal usaha itu digunakan untuk membeli pompa air sampai perlengkapan pencuci kendaraan yang lain.

Penyedia menu sarapan

Layanan penyedia menu makan pagi adalah satu diantara macam usaha yang berpotensi besar karena banyaknya orang yang tergesa-gesa waktu untuk bekerja pada pagi hari sehingga tidak pernah sempat makan pagi, apa lagi menyediakan menu makan pagi.

Usaha kekinian modal kecil ini adalah salah satunya usaha yang gampang dilakukan, ditambah lagi oleh orang yang hobi memasak. Meskipun sekarang ini banyak usaha semacam di tepian jalan, tetapi tidak ada kelirunya untuk dicoba dengan kiat dan model usaha lain, misalnya layanan antar menu makan pagi ke rumah atau kantor, atau mungkin dengan peningkatan pengembangan yang lain.

Modal bisnis yang diperlukan untuk memulai usaha ini cuman kurang lebih Rp3 juta saja dan hal ini dibarengi dengan jam kerja yang fleksibel, tetapi akan seringkali bekerja pada pagi hari sebelum matahari muncul untuk menyiapkan ragam menu makan pagi yang dapat dipasarkan.

Menjadi reseller

Reseller bermakna menjual kembali barang yang dipasarkan oleh seseorang untuk memperlebar gapaian pasar. Jadi reseller itu bahkan juga dapat dikerjakan tanpa modal sedikitpun.

Anda dapat membantu pasarkan beberapa barang yang dijual penjual utama itu ke relasi atau lewat media sosial.

Keuntungan bisa Anda ambil dari selisih antara harga dari seller utama dengan harga jual Anda. Disamping itu, ada pula reseller dropship yakni reseller yang tak perlu beli barang dari penjual utama dan cuman pasarkan barangnya saja. Seller utama akan langsung mengirim barang ke customer dengan nama pengirim toko Anda.


Baca juga: Tips Menjadi Wirausahawan Sukses Melalui Media Sosial


Contoh Usaha Lainnya

Disamping itu, ada banyak tipe usaha yang lain dapat ditempuh dengan modal bisnis minim. Seperti layanan web development, menjadi penulis lepas, berjualan kelontong, usaha fotocopy, dan tipe usaha yang lain.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru