Bisnis

8 Kunci Sukses untuk Anda yang Ingin Jadi Pengusaha Startup

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Feb 2020

8 Kunci Sukses untuk Anda yang Ingin Jadi Pengusaha Startup

Semakin banyaknya bisnis rintisan atau startup bermunculan membuat banyak orang bermimpi bisa meraih sukses juga dari sektor serupa. Semua orang berharap dapat menciptakan ide baru yang luar biasa. Kalau sudah sukses, tentu saja harapan semua orang sama: bisa menjadi bos bagi diri sendiri, menciptakan sesuatu yang disruptif, membawa manfaat bagi orang-orang di sekitar dan tentu saja membawa keuntungan secara finansial bagi diri sendiri.

Sayangnya tidak semua orang yang bermimpi jadi pengusaha startup bisa mencicipi sukses. Faktanya di lapangan lebih banyak perusahaan rintisan yang gagal ketimbang yang berhasil. Ada beberapa poin penting yang disebutkan oleh para profesional untuk menjadi pengusaha startup yang sukses. Simak ulasannya berikut ini!


Baca juga: Ingin Memulai Usaha Rumahan? Jangan Lewatkan 8 Langkah ini


1.       Berani Mengambil Risiko dan Siap untuk Gagal

Kegagalan tidak selalu menghalangi Anda dari keberhasilan. Kadang gagal menjadi sebuah fase yang penting dan harus dialami oleh seorang pengusaha. Pengusaha yang baik tidak akan mencegah mereka melakukan apa yang mereka anggap sebagai sebuah ide bagus. Beberapa risiko yang Anda ambil mungkin tidak akan berhasil. Tetapi jika tidak mengambilnya sama sekali, Anda tidak akan pernah menemukan keberhasilan.


2.       Jangan Berhenti untuk Membuat Jaringan

Jaringan dan kenalan di sekitar adalah kunci untuk menjaga bisnis Anda tetap berada di ‘permukaan’. Ketika Anda memiliki orang-orang yang mampu dan mau membantu, mereka akan jadi sumber kekuatan yang luar biasa. Ketika sudah sukses, akan tiba masanya Andalah yang akan menjadi penolong bagi para pengusaha baru seperti Anda saat ini.

Menjalin hubungan baik dan menyimpan kontak dari setiap orang yang ditemui adalah salah satu langkah membentuk jaringan yang kuat. Minta saran dan bantuan mereka dan jaga hubungan baik bahkan sebelum Anda memerlukan bantuan mereka. Hubungan yang berkualitas akan menjadi pondasi penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis.


3.       Pelajari Fokus Anda

Banyak startup yang bisa meraih kesuksesan karena mereka berhasil mengidentifikasi fokus serta mengetahui target pasar mereka. Sebut saja Go-Jek, perusahaan ride hailing yang meraih keberhasilan karena konsep yang mereka tawarkan berbeda dari kebanyakan startup yang ada. Dengan menemukan layanan, produk atau fitur yang tidak pernah dipikirkan oleh orang lain sebelumnya, bisa membuka jalan Anda menuju kesuksesan.

George Shepherd, profesor hukum di Emory University merekomendasikan para pengusaha untuk ‘menjadi pakar di bidangnya’. Artinya, ketika sudah memutuskan untuk fokus di satu bidang, maka kuasailah bidang itu dengan baik. Dengan begitu, kesuksesan akan dengan mudah menyusul Anda.


4.       Jangan Pernah Berhenti Belajar

Menjadi seorang pengusaha artinya harus rela menjadi seorang pembelajar seumur hidup. Anda harus membuka telinga untuk saran, mau mendengarkan ide dari orang-orang di sekitar Anda dan belajar langsung dari orang-orang yang lebih berpengalaman.

Kewirausahaan terutama di bidang startup adalah tentang menyelesaikan masalah yang ada sembari terus belajar. Menemukan hal-hal baru akan selalu menjadi sumber ide dan seorang pengusaha harus bisa mendapatkan hal itu setiap harinya.


5.       Jangan Cemaskan tentang Uang Anda

Ada ungkapan yang mengatakan, “Anda tidak akan bisa menghasilkan uang tanpa menghabiskan uang.” Ketika menjalankan sebuah bisnis, Anda mungkin akan mendapatkan keuntungan finansial. Namun seorang pengusaha yang baik tidak hanya menghitung berapa uang yang mereka dapatkan, tapi juga hal-hal lain yang tidak kalah bernilai seperti pengalaman, jaringan dan hal-hal non material lainnya.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus habis-habisan menggelontorkan dana dalam berbisnis. Tetap sisakan uang untuk mendukung kehidupan pribadi Anda sembari membangun bisnis yang Anda impikan.


6.       Tetap Fleksibel dan Perhatikan Kondisi Pasar

Saat Anda sudah menentukan fokus dan target pasar, perlu diingat bahwa hal itu tidak akan bertahan selamanya. Pasar bisa berubah dan konsumen mungkin akan berhenti menggunakan jasa Anda. Memiliki ide awal yang solid memang penting. Tapi yang tidak kalah penting adalah fleksibilitas dan kemauan untuk memahami apa yang sebenarnya diinginkan pasar. Tidak menutup kemungkinan apa yang menjadi niat Anda di awal akan berubah seiring berjalannya waktu. Tak perlu khawatir karena semua merupakan bagian dari inovasi yang akan membawa bisnis Anda maju ke tahap selanjutnya.


7.       Temukan Rekan yang Saling Melengkapi

Bisnis startup adalah sebuah bisnis yang kompleks. Tidak hanya menyediakan produk, pemanfaatan teknologi adalah hal yang vital dalam menjalankannya. Karena itu alih-alih bekerja sendiri, Anda akan memerlukan rekan-rekan dari berbagai latar belakang untuk menyokong bisnis Anda.

Anda mungkin memiliki ide yang brilian. Tapi dalam eksekusinya Anda tentu akan memerlukan orang-orang yang paham kondisi lapangan, tenaga pengembang aplikasi yang sudah ahli hingga pakar keuangan untuk membantu Anda membuat alokasi dana dari startup yang akan dijalankan.


8.       Ingat Bahwa Diri Anda Tetaplah yang Terpenting

Tidak ada artinya sebuah kesuksesan jika dalam proses untuk mencapainya Anda harus mengorbankan diri sendiri. Tidak ada yang lebih berharga daripada kesehatan fisik dan kesehatan keuangan. Bekerja keras untuk mewujudkan ide memang penting. Tapi jangan lupa bahwa diri Anda tetaplah yang terpenting.

Selain menjaga kondisi fisik dengan beristirahat dan makan yang cukup, kondisi keuangan juga tetap harus dipertahankan dalam kondisi seimbang. Jangan mengorbankan seluruh tabungan apalagi dana darurat yang dimiliki hanya demi kesuksesan startup yang Anda buat.

Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat secara finansial adalah dengan memiliki investasi yang memadai dalam berbagai bentuk. IndoGold sebagai platform investasi dan tabungan emas siap menjadi partner bagi Anda yang ingin menjaga kondisi keuangan tetap dalam kondisi prima meski Anda sedang dalam proses merintis sebuah usaha startup.


Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tahun 2020

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru