Gaya Hidup

Ada 5 Tipe Pengusaha, Anda Termasuk yang Mana?

Kabrina Rian Ferdiani-

07 Jan 2020

Ada 5 Tipe Pengusaha, Anda Termasuk yang Mana?

Setiap pengusaha sukses memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Mereka membangun bisnis dan menjalankan bisnisnya dengan cara yang berbeda. Begitu pula dalam mengambil keputusan.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui tipe pengusaha berdasarkan bidang usaha yang digelutinya. Selain itu, perbedaan ini juga bisa dilihat dari bagaimana para pengusaha menciptakan produk mereka.

Yuk, cari tahu berbagai macam tipe pengusaha dan ketahui tipe pengusaha Anda.

 

Baca juga: Bagian-Bagian Penting dalam Menyusun Rencana Bisnis

 

Pengusaha Online

Pengusaha online atau pengusaha daring adalah seseorang yang mencari nafkah dengan menjual produk, layanan, atau informasi secara daring.

Bagaimana pengusaha online menghasilkan uang?

  • Menjual produk di situs web mereka (Label Pribadi, Dropshipping)
  • Menggunakan Pasar Pihak Ketiga (Tokopedia, BukaLapak, Shopee)
  • Informasi Penjualan (Kursus daring)
  • Menawarkan layanan online (Freelance, Iklan Berbayar)

Baca juga: 6 Peluang Usaha Berbasis Online Dengan Keuntungan Maksimal dan Resiko Kecil

 

Pengusaha Bisnis Kecil

Pengusaha bisnis kecil biasanya menyediakan layanan kepada seseorang atau bisnis kecil lainnya. Sebagian besar bisnis lokal dianggap kecil terutama jika bisnis itu milik keluarga dan memiliki kurang dari 50 karyawan.

Bisnis jasa sangat cocok untuk tipe wirausaha solo yang memiliki keterampilan yang dapat dibayar seseorang. Ini adalah cara mudah untuk perlahan memulai bisnis dan menghindari mengambil utang untuk mudah usaha.

Baca juga: 7 Sumber Modal Usaha Kurang dari 1 Juta

 

Pengusaha Investor

Pada tingkat kewirausahaan tertinggi adalah angel investor. Ini adalah tipe wirausahawan yang menghasilkan uang untuk memulai bisnis dan sekarang ingin membantu generasi berikutnya.

Pengusaha investor dapat memanfaatkan hubungan yang telah mereka bangun selama bertahun-tahun dan nama mereka untuk berinvestasi di perusahaan selama tahap awal pendanaan.

Hanya ada beberapa orang terpilih yang berhasil mencapai tingkat kewirausahaan ini. Mereka giat dalam menghasilkan uang dan sekarang mereka mencari cara untuk menjaga generasi startup pertumbuhan selanjutnya.

Baca juga: Hal yang Tidak Dilakukan oleh Orang Terkaya di Dunia

 

Pengusaha Lifestyle

Pengusaha lifestyle memiliki jenis usaha yang berfokus pada menciptakan lingkungan di mana mereka dapat mengatur jadwal mereka sendiri dan hidup di manapun mereka inginkan. Tujuannya adalah menjadi sefleksibel mungkin dan memaksimalkan kenikmatan. Biasanya orang-orang yang termasuk tipe pengusaha lifestyle disebut "perantau digital" atau solopreneur.

Solopreneur adalah orang yang beroperasi sepenuhnya sendiri dan tanpa dukungan dari tim. Mereka tidak memiliki mitra bisnis dan jika mereka membutuhkan bantuan, mereka menyewa freelancer untuk melakukan beberapa pekerjaan untuk mereka.

Solopreneur tertarik untuk menjaga biaya mereka tetap rendah karena mereka fokus untuk memastikan mereka mampu mempertahankan gaya hidup minimalis mereka selama mungkin.

Bagaimana pengusaha lifestyle menghasilkan uang? Biasanya mereka fokus pada bisnis daring berbiaya rendah seperti:

  • BloggingFreelance
  • Kursus daring
  • Perdagangan elektronik

Baca juga: Ide Bisnis Online Tahun 2020 yang Sayang untuk Dilewatkan

 

Pengusaha Influencer

Influencer adalah seseorang yang dapat membangun audiens dengan berbagai mengenai topik.

Ada 4 cara yang dilakukan pengusaha influencer untuk menumbuhkan audiens:

  • Berbicara di depan umum
  • Menulis (blogging, buku, media sosial)
  • Video (Youtube)
  • Audio (Podcast)

Influencer adalah pengusaha dengan audiens yang loyal. Perbedaan antara influencer dan pengusaha online adalah bahwa pengusaha online menjual produk, layanan, atau informasi. Sementara itu, influencer membagikan pengetahuan mereka secara gratis tetapi kemudian membebani pengiklan untuk menjual kepada audiens mereka.

Baca juga: 6 Tips Sukses Memasarkan Produk di Instagram

 

Menjadi pengusaha membutuhkan modal untuk membangun bisnis. Modal ini penting agar bisnis Anda terus berkembang. Tidak perlu khawatir bila Anda belum memiliki cukup uang untuk membangun bisnis. Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha di P2P Lending Modal Rakyat dengan bunga yang disesuaikan dengan kondisi finansial Anda.

 

Baca juga: 8 Usaha Rumahan dengan Modal Usaha Kurang dari 1 Juta

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru