Bisnis

6 Peluang Usaha Berbasis Online dengan Risiko Kecil

Paskalia-

01 Oct 2019

6 Peluang Usaha Berbasis Online dengan Risiko Kecil

Anda bingung untuk mencari peluang usaha berbasis online dengan keuntungan besar dan memiliki risiko yang kecil? Beberapa orang menginginkan peluang usaha dengan kriteria tersebut, hal ini disebabkan mereka ingin menghindari risiko-risiko besar yang dapat menghambat jalannya usaha. 

Peluang usaha dengan risiko yang besar tentu dapat merugikan pelaku bisnis. Hal ini jelas, karena usaha berbasis online termasuk dalam bisnis yang selalu memiliki risiko besar bagi para pelaku bisnis. Tidak jarang beberapa pelaku bisnis sering mendapat kerugian ketika berbisnis secara online, hal ini diakibatkan karena penipuan sedang marak pada bisnis online.


Baca juga: 5 Cara dan Tips Agar Semangat dalam Bekerja


Berikut ini adalah 6 peluang usaha berbasis online dengan keuntungan yang besar dan memiliki risiko kecil yang dapat Anda coba.


Mengelola Media Sosial

Ada dua tipe jasa yang dapat Anda jalani dalam peluang usaha berbasis online ini. Yang pertama adalah jasa admin dan kedua adalah jasa marketing. Jika Anda ingin menjadi admin sekaligus marketing juga bisa, Anda tinggal menaikkan saja penawaran upahnya.

Pasti Anda sudah tahu tugas apa yang dilakukan oleh admin. Pekerjaan admin adalah membuat postingan setiap hari secara rutin. Berbeda dengan marketing yang memiliki tugas-tugas berkaitan dengan pemasangan iklan. Anda harus mempelajari dahulu bagaimana menjadi admin dan marketing yang baik, sebelum memulai usaha ini.

Untuk mendapatkan klien untuk pekerjaan ini, maka Anda bisa mengunjungi Sribulancer. Di Sribulancer banyak pekerjaan yang ditawarkan untuk menjadi admin dan marketing online, tentu dengan bayaran yang cukup besar. 

Dengan memulai usaha ini, maka keuntungan yang didapatkan bisa maksimal dengan risiko yang sangat kecil. Hal ini disebabkan perusahaan yang mempekerjakan Anda tidak akan menipu, karena Anda mencari klien di Sribulancer. Sribulancer adalah situs terpercaya untuk freelance dan terbukti dapat memberikan bayaran yang pasti.


Baca juga: 9 Jenis Bisnis Praktis dan Menguntungkan untuk Anda Pilih


YouTuber

YouTuber di zaman sekarang adalah pekerjaan dan bisnis yang menggiurkan. Dengan ide-ide kreatif yang dituangkan dalam video, maka YouTuber akan menghasilkan uang setiap bulannya. Banyak cara yang bisa Anda pelajari untuk menjadi seorang YouTuber yang baik. 

Salah satu cara untuk menjadi YouTuber misalnya adalah mengikuti pelatihan dan seminar berbayar atau belajar dari internet secara otodidak. Misalnya Anda bisa belajar dari salah satu kanal di YouTube yang membahas tentang bagaimana menjadi YouTuber yang baik. Untuk dapat memulai bisnis ini tidak diperlukan modal yang cukup besar. Yang diperlukan hanya kreativitas untuk dapat menampilkan konten video yang menarik. YouTuber bisa menjadi peluang usaha berbasis online yang bisa Anda coba.


Blogger

Peluang usaha berbasis online yang gratis tanpa menggunakan modal bukan teori semata, melainkan kenyataan yang ada di dunia yang sudah serba canggih seperti sekarang. Salah satu usaha yang tidak memerlukan modal adalah menjadi blogger. Tulisan Anda tulis pun bisa beraneka ragam misalnya tentang kuliner, wisata, teknologi, dan lain sebagainya.

Traffic blog tersebut bisa semakin naik jika Anda bekerja sama dengan Google Adsense. Anda akan mendapatkan penghasilan dari tulisan yang Anda tulis, hal ini akan terjadi jika blog Anda mendapatkan minat yang baik dari pembaca. Maka jerih payah Anda akan sebanding dengan pendapatan yang akan Anda dapatkan.

Demi meraih pendapatan, Anda harus bisa mendatangkan visitor untuk membaca tulisan Anda. Caranya bisa dengan mempromosikan atau mengunggah di media sosial. Dengan menjadi blogger Anda tidak perlu banyak modal, sehingga dapat meraih keuntungan maksimal.


Copywriter

Peluang usaha berbasis online dengan keuntungan menjanjikan lainnya adalah copywriter. Tanpa adanya seorang copywriter maka konsumen tidak akan tertarik untuk membeli produk yang dijual, karena deskripsi produk kurang menarik. Seorang copywriter mempunyai peran yang cukup besar, yaitu mengajak atau menarik orang untuk membeli sebuah produk atau menggunakan jasa. 

Seorang copywriter mempunyai sebuah tugas yaitu membuat kata-kata kreatif yang menarik yang disematkan pada sebuah produk agar bisa menarik perhatian konsumen. Kemudian membuat konsumen membeli produk yang dijual atau ditawarkan.

Kata-kata yang dituliskan oleh seorang copywriter pun tidak sebanyak kata-kata yang terdapat pada buku. Cukup menulis beberapa kalimat yang membuat calon pembeli tertarik. Lebih jelasnya seorang copywriter menulis teks iklan yang menarik dan harus tepat sasaran. Maka peluang usaha berbasis online sebagai copywriter ini dapat Anda coba, karena mempunyai keuntungan yang besar dan risiko yang kecil.


Content Writer

Bisnis online berikut ini berlaku bagi Anda yang suka menulis. Bisnis online ini bisa dibilang gratis dan tanpa menggunakan biaya yang cukup besar. Hanya memerlukan skill menulis, Anda dapat memulai usaha ini dan mendapatkan klien yang mau membayar tulisan Anda.  Bisnis berbasis online ini termasuk menjanjikan.

Mengapa demikian? Banyak pelaku bisnis online yang bertambah setiap waktu. Mereka memiliki blog, website, dan lain sebagainya untuk bisa diisi dengan artikel atau sebuah karya tulis yang dapat menarik pengunjung.

Biasanya klien dari bisnis ini memiliki keyword yang harus dibuat menjadi artikel yang menarik. Content writer bertugas menulis artikel yang berkualitas dan berbahasa menarik. Tarif yang dikenakan oleh seorang content writer ini berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp80 ribu. Peluang usaha berbasis online sebagai content writer ini sangat menjanjikan karena tidak membutuhkan modal awal yang banyak.


Menggunakan Grup

Grup seperti Facebook dan Telegram memberi peluang bagi Anda untuk membuat komunitas yang bisa digunakan untuk berdiskusi satu sama lain atau bisa dibilang mereka pengikut Anda. Ada orang-orang yang rela membayar $125 per bulan hanya untuk mempelajari SEO dengan seorang ahli.

Hal ini menjadi peluang usaha berbasis online, karena bisnis ini tidak memerlukan terlalu banyak biaya. Bisnis ini hanya membutuhkan keahlian dalam satu bidang sehingga bisa mengajarkannya kepada anggota yang masuk dalam grup Anda.


Enam peluang usaha berbasis online di atas memiliki keuntungan maksimal dengan risiko yang kecil, bisa Anda coba untuk memulai bisnis. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru