Bisnis

Adaptasi Bisnis Ketika Memasuki New Normal Penting agar Tetap Bertahan

Kabrina Rian Ferdiani-

28 Jul 2020

Adaptasi Bisnis Ketika Memasuki New Normal Penting agar Tetap Bertahan

Pandemi virus corona telah secara fundamental mengubah cara bisnis beroperasi di dunia.

Perubahan seperti social distancing, face shield, dan peningkatan komunikasi secara virtual untuk meminimalkan kontak langsung tampak seperti sesuatu dari novel fiksi ilmiah pada awal tahun lalu. Tetapi langkah-langkah ini akan menjadi cara hidup di masa mendatang.

Kini, kita beralih ke new normal. kita akan melihat perubahan mendasar di seluruh komunitas bisnis. Tidak ada industri yang akan terhindar dari tingkat perubahan tertentu, dan banyak industri mengalami perubahan radikal dalam cara mereka beroperasi dan berhasil.

Semakin cepat Anda mengenali perubahan yang diperlukan dalam bisnis Anda, semakin cepat Anda dapat menavigasi pemulihan Anda. Berikut adalah lima tips untuk memandu proses Anda.


Baca juga: 4 Aturan Keuangan bagi yang Berusia 30-an


Lihatlah dengan cermat

Sekarang saatnya untuk menempatkan setiap aspek bisnis Anda di bawah mikroskop dan bertanya, "Perubahan apa yang harus saya lakukan sekarang dengan dampak COVID-19 dan bagaimana cara mencegahnya?"

Ini adalah langkah penting pertama yang harus diambil sebelum mencoba membuka kembali bisnis Anda. Lihatlah ke depan dan rencanakan bagaimana Anda akan beroperasi di masa depan. Jika Anda baru saja terjun ke bisnis tanpa langkah ini, kemungkinan Anda akan menemui hambatan yang Anda lewatkan karena kurangnya perencanaan.


Berkomunikasi, Berkomunikasi, Berkomunikasi

Berkomunikasi dengan seluruh tim Anda, dan terus berkomunikasi. Berusahalah untuk mencapai keselarasan dan pemahaman 100% di semua tingkatan organisasi Anda. Semua orang perlu melihat dengan jelas perubahan yang Anda laksanakan dan mengapa itu perlu.

Pertahankan komunikasi dengan semua karyawan. Jangan hanya mengomunikasikan kebijakan dan tindakan baru, tetapi tegaskan budaya perusahaan dan komitmen untuk melindungi staf Anda juga.


Jadikan Keamanan sebagai Prioritas Anda

Pertahankan keamanan bagi karyawan, pelanggan, dan pemasok Anda sebagai prioritas utama Anda. Pertimbangkan persediaan peralatan pelindung pribadi Anda sendiri dan bermitra dengan rantai pasokan yang solid dan andal untuk menjaga seluruh organisasi Anda aman dan terlindungi; tidak hanya sekarang tetapi juga di masa depan.

Tinjau, revisi, dan sesuaikan kembali pedoman sumber daya manusia Anda dan pedoman internal Anda untuk pekerjaan jarak jauh untuk memastikan bahwa seluruh organisasi Anda tahu apa yang diharapkan jika kita dihadapkan dengan ini lagi. Ini akan mengurangi rasa takut dan ketidakpastian.


Cari Peluang Baru

Evaluasi apakah ada peluang baru bagi bisnis Anda untuk tumbuh atau memasuki ceruk baru yang berbeda selama masa-masa ini. Meskipun pandemi telah memengaruhi bisnis dengan cara negatif, ada kemungkinan bahwa pandemi telah menciptakan peluang baru untuk produk atau layanan yang berprofil rendah di masa lalu untuk menjadi yang terdepan.


Melaksanakan

Empat tips sebelumnya tidak bisa menjadi "citarasa hari ini" dan menghilang seiring waktu. Ikuti inisiatif-inisiatif ini dan pastikan Anda memimpin dengan memberi contoh.

Jika tidak, seluruh organisasi Anda akan melihat kurangnya tindak lanjut Anda, dan itu akan merusak kredibilitas Anda. Terutama sekarang, keluar dari pandemi, semua orang membutuhkan pemimpin yang konsisten dan dapat diandalkan untuk diikuti.

Saat ini, penting bagi para pemimpin bisnis untuk tidak melupakan orang-orang mereka, karyawan mereka, dan tim mereka. Ini adalah aset terpenting Anda. Ingat, satu konstan untuk masa depan adalah ia akan berubah dan berkembang. Untuk memaksimalkan peluang Anda dan terus memposisikan organisasi Anda untuk sukses, Anda harus berubah seiring waktu dan berkembang untuk kesuksesan.


Baca juga: Memulai Bisnis Sampingan, Solusi Terbaik Saat Finansial Menurun

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru