Bisnis

Memulai Bisnis Sampingan, Solusi Terbaik Saat Finansial Menurun

Kabrina Rian Ferdiani-

24 Jul 2020

Memulai Bisnis Sampingan, Solusi Terbaik Saat Finansial Menurun

Bisnis sampingan merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan saat kondisi finansial sedang menurun atau dalam kondisi buruk. Teknologi yang semakin pesat bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk membangun bisnis online. Namun, untuk bertahan di dunia bisnis online yang semakin luas membutuhkan strategi khusus.

Modal produk saja tidak cukup untuk bersaing di dunia industri saat ini. Anda harus bisa menciptakan sesuatu yang unik dan original sehingga bisa diterima oleh konsumen. Bisnis yang kreatif bisa bertahan lama dan berkembang seiring berjalannya waktu. 

Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan hal penting dalam membangun bisnis online. Ada beberapa poin penting untuk membangun bisnis yang sukses dan bertahan lama. Meskipun hanya sebatas bisnis sampingan, jangan pernah menyelepekan hal kecil. 

Karena dari sesuatu yang kecil bisa berdampak besar bagi perkembangan bisnis Anda di masa yang akan datang. Sukses tidaknya bisnis yang Anda jalankan sangat berpengaruh pada kesiapan Anda dalam membangun rencana bisnis.


Baca juga: Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Mendapatkan Keuntungan


Bangun Komitmen yang Kuat

Hal utama yang harus Anda pegang untuk membangun bisnis adalah komitmen. Anda harus bisa membangun rencana bisnis yang baik, terutama dalam mengatur waktu untuk bekerja, freelance, dan pribadi. Meski hanya bersifat freelance atau part time, harus dimulai dengan niat yang sungguh-sungguh dan ketekunan.  

Proses awal yang harus dilakukan dalam membangun bisnis sampingan adalah melakukan riset pasar. Hal ini sangat penting untuk mengetahui permintaan konsumen secara luas. Selanjutnya, Anda bisa menentukan bisnis apa yang berpeluang besar dan diterima oleh konsumen. Anda juga harus belajar manajemen bisnis yang baik agar tidak mengganggu pekerjaan utama.

Menjalankan bisnis sampingan dan pekerjaan utama dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk melakukannya. Melalui manajemen waktu yang sudah ditetapkan, bisa dijadikan acuan untuk mengelola bisnis dengan maksimal. Sehingga waktu luang Anda tidak sia-sia dan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.


Tentukan Ide yang Unik dan Menarik

Setelah manajemen waktu sudah siap, jangan lupa untuk menciptakan ide yang unik agar bisa diterima oleh masyarakat luas. Ide bisnis sampingan sangat beragam, mulai dari menjual produk hingga menawarkan jasa. Pilih ide yang sesuai dengan passion dan kemampuan Anda, sehingga lebih menyenangkan dalam menjalankanya.

Anda bisa mencari ide melalui internet ataupun survei langsung di lapangan. Arus globalisasi yang semakin pesat, memberikan banyak inovasi baru yang bisa dijadikan ide bisnis. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa minta pendapat teman, keluarga, atau rekan bisnis untuk mendapatkan ide yang paling tepat sebagai bisnis sampingan.

Dalam memilih produk atau jasa yang akan ditawarkan, pastikan memiliki potensi jual yang tinggi. Banyak orang yang tidak memerhatikan permintaan konsumen sehingga produk yang dihasilkan tidak bisa diterima dengan mudah. Sebelum memulai bisnis tersebut, pertimbangkan dengan matang dan lihat kondisi pasar.


Buat Rencana Bisnis Sampingan yang Terorganisasi

Jika ide bisnis sudah ditentukan, jangan lupa membuat rencana bisnis yang tersusun dan terorganisasi dengan baik. Bussines plan tersebut mencantum produk yang akan dibuat, modal termasuk alat, bahan, dan akomodasi lain, serta target atau sasaran bisnis. Selanjutnya, Anda bisa membangun bisnis sesuai rencana yang sudah ditentukan.

Bisnis sampingan membutuhkan konsistensi dan planning yang baik. Anda juga harus fokus pada satu produk atau jasa yang sudah direncanakan, untuk dikembangkan secara maksimal. Ada dua jenis produk yang bisa dijual, yaitu produk sementara dan produk jangka panjang atau awet. 

Produk sementara dalam bisnis sampingan biasanya mudah diterima dan laris di pasaran, seperti makanan atau minuman yang sedang viral. Bisnis ini dapat menghasilkan omzet yang menjanjikan tanpa modal besar. Jika Anda ingin membuat produk yang awet, Anda bisa memilih produk yang dibutuhkan untuk keperluan hidup. 


Lakukan Marketing Melalui Media Sosial dan Marketplace

Marketing tidak lagi dilakukan secara offline melalui brosur atau sebagainya. Marketing paling tepat untuk mengenalkan bisnis sampingan Anda secara luas adalah melalui media sosial. Marketing online jauh lebih efektif dan efisien, serta tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Cukup dengan smartphone dan internet saja, bisnis Anda bisa dikenal secara luas.

Selain medsos, Anda bisa memanfaatkan marketplace sebagai media pemasaran. Banyak marketplace populer yang siap menjadi toko online Anda dengan berbagai fasilitas yang menarik. Mulai dari promo, diskon, gratis ongkir, dan sebagainya yang menguntungkan konsumen maupun produsen.

Marketing online bisa melalui instagram, website, whatsApp, twitter, dan media sosial lainnya. Apalagi saat ini konsumen lebih menyukai belanja online dibandingkan harus datang ke toko offline secara langsung. Hal ini berpeluang besar untuk mengembangkan bisnis sampingan Anda lebih luas dan terkenal.


Kelola Keuangan dengan Baik dan Rapi

Jika bisnis sudah berjalan, jangan lupa mengelola keuangan dengan baik dan teratur. Buat catatan keuangan dengan rapi, yang berisi pemasukan, pengeluaran, saldo, dan sebagainya. Lakukan pengecekan profit secara berkala untuk memastikan bisnis berkembang dan berjalan sesuai rencana.

Buat rekening yang terpisah antara penghasilan bisnis dengan pekerjaan utama Anda. Lakukan pencatatan keuangan dengan disiplin, agar finansial terpantau dengan baik dan mudah. Pengelolaan keuangan ini sangat penting untuk menunjang kemajuan bisnis sampingan Anda dan memantau omset yang didapatkan.

Bisnis tidak akan bertahan lama jika keuangan tidak teratur dan berantakan. Manajemen keuangan adalah poin penting dalam menjalankan bisnis freelance, baik secara online maupun offline. Dengan keuangan yang teratur, bisnis bisa berjalan semakin lama dan sukses.

Persiapan yang matang dan terencana dengan baik dapat mengantar bisnis Anda menuju kesuksesan. Jangan pernah takut untuk memulai bisnis apapun, dan selalu perhatikan poin penting sebelum memulainya. Dengan tips tersebut, bisnis sampingan bisa berjalan lancar dan kemungkinan gagal lebih kecil. 


Baca juga: Kakeibo, Seni Mengatur Uang a la Orang Jepang

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru