Bisnis

Ingin Ajukan Pinjaman Modal Tanpa Masalah? Perhatikan Hal Ini

Kabrina Rian Ferdiani-

09 Jun 2020

Ingin Ajukan Pinjaman Modal Tanpa Masalah? Perhatikan Hal Ini

Sering kali untuk memperbesar skala usaha, pinjaman modal menjadi solusinya. Tidak dapat dipungkiri bahwa modal merupakan unsur yang penting dalam keberlangsungan bisnis baik dalam usaha skala besar maupun skala kecil. 

Dengan kemajuan teknologi, saat ini ada beragam jenis jasa penyedia layanan peminjaman modal usaha yang memberikan kemudahan akses. Sehingga Anda bisa mendapatkan modal usaha dengan cepat serta tidak akan sulit lagi.

Sayangnya ada pengusaha yang kurang mampu mengelola pinjaman modal yang bisa diakses dengan mudah tersebut. Tentu hal ini sangat disayangkan. Seharusnya mendapatkan laba dari pengembangan usaha, tetapi justru terlilit utang beserta bunga pinjamannya. Maka sebelum mengajukan pinjaman Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut.


Baca juga: Mudahnya Mendapat Pinjaman Modal Usaha dari Modal Rakyat


Hitung Kelayakan Kredit Usaha Anda dengan Prinsip 5C

Biasanya dalam proses pengajuan pinjaman modal, lembaga atau pihak bank akan melakukan perhitungan kelayakan kredit berdasarkan 5C. Adapun 5C merupakan singkatan yang dapat dijabarkan sebagai Capacity (kelayakan kas untuk mampu membayar hutang), Capital (Harta pokok), Conditions (Kondisi usaha keseluruhan), Character (karakter integritas peminjam) serta Collateral (kepemilikan aset). 

Sebetulnya setiap pihak pemberi pinjaman yang resmi akan melakukan perhitungan ini. Namun ada baiknya bila Anda memahami prinsip tersebut supaya mengerti kondisi kelayakan kredit usaha terkini. Untuk mempermudah cara pengecekan, dapat dilakukan melalui status website resmi BI. Paling tidak, Anda dapat memperkirakan secara kasar.

Badan atau lembaga yang resmi memberikan pinjaman modal pasti memiliki regulasi untuk melakukan perhitungan kelayakan kredit dari bisnis Anda. Untuk itu Anda sebagai calon peminjam harus dapat memastikan terlebih dahulu bagaimana proses lembaga tersebut melakukan penilaian dan perhitungan kelayakan kredit serta seberapa lama pengajuan dapat diproses. 


Perkirakan Kemampuan dalam Membayar Cicilan Pinjaman

Jangan sampai Anda melakukan pengajuan pinjaman modal yang terlalu besar melampaui kemampuan membayar. Bisa-bisa Anda malah terjerat kasus utang. Sebagai perhitungan sederhana, Anda dapat memperkirakan berapa besar uang yang dapat dikeluarkan untuk mencicil utang setiap bulannya tanpa mengganggu arus kas usaha. 

Hasil ini dapat dihitung secara kasar melalui besaran pengeluaran usaha Anda setiap bulannya. Serta perkiraan besaran dana yang dikhususkan untuk keadaan darurat setiap bulannya. Ada berapa jumlah sisa kas dalam usaha Anda per bulannya? 

Besaran kas sisa inilah yang diperkirakan secara kasar mampu Anda bayar setiap bulannya untuk membayar cicilan utang. Penting untuk memiliki laporan arus kas secara rinci untuk melakukan perhitungan yang matang sebelum mengajukan pinjaman modal. 

Dana darurat penting juga dialokasikan secara khusus untuk menghadapi menurunnya penghasilan usaha yang mungkin disebabkan karena faktor di luar kendali. Selain itu, Anda juga harus disiplin untuk mengangsur tiap bulan supaya tidak diberikan bunga atau pinalti tambahan.


Hitung Besarnya Dana Pinjaman yang Diperlukan

Setelah melakukan perhitungan terkait aset dan kemampuan membayar utang per bulannya, dari data tersebut Anda dapat menentukan besarnya pinjaman modal yang diperlukan untuk mengembangkan usaha. Ingat, pinjamlah sebanyak yang Anda butuhkan. 

Bila Anda masih ragu, coba lakukan perhitungan lagi dengan membuat perhitungan proyeksi dari arus berkala. Melalui hasil perhitungan tersebut, tentu Anda lebih jelas untuk menentukan besaran dana yang diperlukan dalam bulan-bulan tertentu. 

Dari data tersebut juga dapat diperoleh rentang waktu yang diperlukan untuk membayar angsuran pinjaman sesuai kondisi berlangsungnya bisnis Anda. Dengan bantuan ini, Anda akan lebih tepat untuk menentukan besaran pinjaman dana yang efektif dan yang paling sesuai. 

Memang terkesan pusing dan repot di awal pengajuan pinjaman modal, namun perhitungan tersebut justru membawa banyak manfaat. Dengan data-data tersebut, Anda dapat menentukan pilihan pinjaman dan jumlah besaran pinjaman yang tepat. Anda juga dapat menentukan masa tenor yang paling sesuai dengan kondisi bisnis Anda.


Pahami dan Cermati segala Syarat Peminjaman

Sebagai calon peminjam, Anda diharuskan untuk memahami dengan cermat segala persyaratan dan perjanjian yang umumnya harus disepakati dalam proses pinjaman modal. Telitilah dalam membaca dan jangan ragu bertanya kepada petugas yang berwenang bila ada ketidakpahaman atau keraguan Anda dalam memahami persyaratan.

Secara umum, persyaratan dokumen pengajuan peminjaman dana usaha meliputi beberapa dokumen pribadi Anda sebagai calon peminjam modal. Misalnya fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi laporan keuangan dari usaha yang akan diajukan pinjaman, rekening koran terakhir serta slip gaji. Dokumen-dokumen tersebut biasanya merupakan syarat umum yang diperlukan untuk mendaftar peminjaman modal. 

Mungkin dalam kasus tertentu juga diperlukan berkas kepemilikan aset. Barangkali Anda diminta untuk menunjukkan surat kepemilikan sebagai salah satu jaminan dalam pengajuan pinjaman modal. Beberapa penyedia jasa pinjaman menerapkan adanya jaminan untuk mengantisipasi apabila nasabah dapat melakukan pembayaran utang secara lunas atau kondisi-kondisi lain yang tidak diharapkan.


Periksa Kredibilitas Penyedia Jasa Pinjaman

Langkah yang penting dan tidak boleh Anda lewatkan yaitu memastikan kredibilitas si penyedia pinjaman modal. Dengan kemudahan teknologi saat ini, ternyata ada banyak penipuan yang mengatasnamakan peminjaman modal untuk usaha. 

Anda harus waspada dengan cara memeriksa lembaga atau perusahaan tersebut apakah terdaftar secara hukum atau dinaungi resmi oleh lembaga keuangan negara. Melakukan pemeriksaan terhadap kredibilitas penyedia jasa pinjaman penting dilakukan agar bisnis Anda dapat berlangsung dengan aman. 

Data-data yang diunggah akan terlindungi. Selain itu, pilihlah lembaga penyedia pinjaman usaha yang sudah terbukti memberikan kualitas pelayanan terbaik. Adanya layanan yang ramah, cepat tanggap, solutif dan pasti juga menjadi pertimbangan tambahan. 

Ajukan pinjaman dana untuk usaha dengan perencanaan serta perhitungan yang matang. Dengan begitu, dana pinjaman dapat berfungsi optimal dan bisnis semakin berkembang. Sebagai salah satu penyedia jasa peminjaman modal yang berizin OJK, P2P Lending Modal Rakyat bisa dijadikan sebagai penyedia pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha UMKM Anda. 


Baca juga: Definisi Sukses Menurut Orang-Orang Sukses

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru