Finansial

Inilah Alasan Memilih Reksa Dana bagi Investor Pemula

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Jun 2020

Inilah Alasan Memilih Reksa Dana bagi Investor Pemula

Jika Anda tertarik berinvestasi, maka reksa dana atau mutual fund dapat menjadi pilihan tepat, khususnya bagi investor pemula. Investasi merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, terutama untuk menjaga kondisi finansial tetap stabil atau bahkan meningkat. Berinvestasi sejak usia muda tentunya akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

Beragam pilihan investasi tersaji bagi siapapun yang berpikir panjang untuk finansial di masa depan. Dengan gaji yang Anda peroleh saat ini, sebaiknya tidak menggunakannya 100% pada hal-hal yang kurang perlu. Sebaliknya, sisihkan sekurang-kurangnya 10% untuk disimpan menjadi tabungan secara rutin setiap bulannya. 

Memiliki tabungan memang menguntungkan, akan tetapi jika Anda bisa melipatgandakan uang tersebut, mengapa tidak? Jawabannya adalah dengan berinvestasi. Investasi sendiri ada bermacam-macam dengan kebutuhan modal beragam, mulai dari properti, saham, forex, deposito, hingga reksa dana. Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan finansial Anda saat ini.

Bagi Anda yang masih pemula dan bingung kemana sebaiknya menginvestasikan dana, maka reksa dana bisa menjadi pilihan. Jenis investasi yang satu ini memungkinkan pemilik modal terbatas untuk menempatkan dananya di instrumen investasi secara aman. Berikut adalah alasan mengapa Anda perlu memilih investasi yang satu ini.


Baca juga: Ini Dia Panduan Investasi Reksa Dana Untuk Pemula!


Tidak Memerlukan Modal Besar

Salah satu kendala terbesar dalam aktivitas investasi terletak pada modal. Umumnya, kebanyakan orang menganggap bahwa investasi harus dilakukan dengan jumlah dana hingga puluhan bahkan jutaan rupiah. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena sebenarnya Anda tetap dapat melakukan investasi meskipun dengan dana terbatas.

Jika Anda hanya memiliki modal yang tidak terlalu banyak, namun tetap bersikeras ingin investasi, maka reksa dana adalah solusinya. Investasi ini merupakan wadah yang menghimpun dana masyarakat sebagai investor untuk kemudian ditempatkan pada berbagai instrument investasi. Berbeda dari jenis investasi lain, investasi ini tidak harus dengan modal besar.

Bahkan dengan uang 100 ribu saja, Anda sudah dapat membeli unit penyertaan reksa dana. Saat ini beberapa Manajemen Investasi memberikan kemudahan bagi calon investor dengan memberikan minimal modal sebesar Rp100 ribu saja. Dengan begitu, Anda sudah bisa menjadi investor yang memiliki saham di beberapa perusahaan ternama.


Mendapat Keuntungan Berupa Diversifikasi Investasi

Pada investasi reksa dana, modal yang Anda tanamkan akan dihimpun oleh manajer investasi yang kemudian akan ditempatkan pada beberapa instrumen investasi dengan persentase yang berbeda-beda. Pembagian dana tersebut dikenal dengan istilah diversifikasi investasi. Diversifikasi ini memungkinkan investor untuk memiliki beberapa instrumen investasi di berbagai perusahaan.

Seperti yang telah diketahui, ada beberapa jenis mutual fund, yakni reksa dana saham, pendapatan tetap, pasar uang, dan campuran. Anda dapat memilih jenis mana yang paling sesuai dengan tujuan investasi Anda. Dengan persentase tertentu, manajer investasi akan membagi dana Anda secara cermat dan penuh pertimbangan. 

Diversifikasi investasi ini merupakan keunggulan tersendiri bagi para investor. Penempatan dana di beberapa instrument akan menurunkan risiko kerugian jika terjadi penurunan harga pada satu sektor. Karena masih memiliki investasi di sektor lain dengan nilai return menarik, maka Anda tetap bisa memperoleh keuntungan finansial.

Manajer investasi memiliki kompetensi yang mumpuni dalam mengatur komposisi yang tepat dan menguntungkan bagi investor. Misalnya, jika Anda tertarik membeli unit penyertaan reksa dana saham, maka dana yang diinvestasikan dalam bentuk saham sebesar 80% hingga 100%. Sedangkan sisanya akan ditempatkan pada pasar uang atau obligasi.


Dana Dikelola oleh Ahlinya

Salah satu alasan penting mengapa harus memilih reksa dana adalah karena dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh seorang ahli yang memiliki kompetensi tinggi. Dalam investasi ini, ada pihak yang disebut dengan manajer investasi. Pengelolaan dana dilakukan secara professional dengan melakukan analisis-analisis investasi yang jitu. 

Anda tidak perlu mengelola investasi secara mandiri dan tidak harus menguasai pasar saham. Melakukan analisis perusahaan hingga pergerakan saham maupun uang di pasar finansial bukanlah hal yang mudah. Namun hal itu tidak akan menjadi kendala bagi pemula yang tak mengerti kondisi pasar finansial karena sudah ditangani oleh ahlinya.

Investor reksa dana tidak perlu pusing memikirkan saham perusahaan mana yang sedang mengalami kenaikan atau justru anjlok. Manajer investasi bertindak sebagai pengambil keputusan kapan hendak membeli, menjual, atau menahan saham suatu perusahaan. Mungkin Anda akan berpikir apakah manajer investasi dapat dipercaya sepenuhnya.

Hal tersebut sangat wajar mengingat dana yang Anda percayakan akan dikelola pihak lain. Tapi tidak perlu khawatir karena status manajer investasi diperoleh melalui seleksi ketat dan harus mengantongi sertifikat dari regulator pasar modal. Meski begitu, Anda tetap harus memilih Manajemen Investasi terpercaya yang memiliki izin resmi dari OJK.


Pengelolaan Dana Transparan dan Aman

Pengelolaan dana pada investasi reksa dana dikenal transparan karena investor akan diberikan prospektus terlebih dahulu. Prospektus tersebut memuat laporan keuangan yang telah melalui proses audit. Di samping itu, Anda juga dapat melakukan monitoring atau pemantauan sendiri yang disajikan dalam situs Manajemen Investasi.

Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan dana yang Anda miliki karena dana dari investor disimpan oleh pihak ketiga, yakni Bank Kustodian. Bank Kustodian bersifat independen sehingga dapat mencegah terjadinya penipuan investasi oleh perusahaan abal-abal yang berniat membawa kabur dana nasabah.

Sebelum menanamkan modal pada sebuah investasi, tentunya perlu mengetahui alasan kuat mengapa memilih investasi tersebut. Beberapa alasan di atas merupakan pertimbangan penting yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli unit penyertaan. Dengan penjelasan tersebut, kini Anda bisa mempertimbangkan reksa dana sebagai langkah investasi untuk finansial yang lebih baik.


Baca juga: Mau Memulai Investasi Reksa Dana Online? Begini Cara Mudahnya

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru