Finansial

Informasi mengenai berbagai aplikasi pengelolaan keuangan

Amry Nur Hidayat-

11 Jun 2022

Informasi mengenai berbagai aplikasi pengelolaan keuangan

Selain memiliki sumber keuangan yang mencukupi, salah satu bagian penting dalam mencapai kekayaan adalah pengelolaan uang itu sendiri. Untungnya, pemilik aset kini dipermudah dengan hadirnya aplikasi pengelola keuangan

Aplikasi keuangan dapat digunakan untuk mengetahui alur dana pemasukkan dan pengeluaran. Anda akan memperoleh catatan mengenai tanggal masuk uang, barang yang dibeli ketika ada pengeluaran, dan bahkan pengingat apabila telah mendekati batas alokasi uang. Dengan begitu, keuangan dapat dijaga tetap stabil sehingga tidak boros dan tidak digunakan secara tidak tepat sasaran. 


Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Pengelolaan Keuangan?

Pengelolaan keuangan dapat dipahami sebagai pengalokasian dana sehingga tepat guna. Artinya, uang yang dimiliki harus digunakan secara efektif untuk memenuhi kebutuhan. Cara yang dilakukan untuk ini adalah seperti mencatat pengeluaran, membuat rencana pengeluaran, dan lainnya menggunakan cara manual atau menggunakan aplikasi-aplikasi pengatur keuangan.  

Lebih luas dari itu, pengelolaan keuangan adalah upaya atau tindakan pengendalian aset agar lebih menguntungkan. Tidak hanya sekedar supaya tepat guna, pengelolaan uang dilakukan agar mendapat keuntungan. Artinya, apabila Anda memiliki uang Rp 1 juta, pengelolaan uang dilakukan agar aset Anda bertambah lebih dari Rp 1 juta setelah jangka waktu tertentu. 

Cara yang dilakukan adalah dengan melimpahkan uang tersebut ke dalam instrumen pengelolaan dana. Salah satu yang kini sedang banyak dipilih adalah platform instrumen pengelolaan dana Modal Rakyat. 

Modal Rakyat merupakan fintech peer to peer lending yang bekerja sama dengan banyak pelaku bisnis UMKM di Indonesia. Uang yang dikelola oleh pemilik aset akan diserahkan kepada para pelaku bisnis sebagai modal pengembangan usaha. Nantinya, Anda sebagai pengelola dana akan mendapat bagian untung sebesar 18% dari modal per tahun. 

Simak informasi lebih lengkap mengenai pengelolaan uang di Modal Rakyat melalui link berikut: menjadi pendana di Modal Rakyat.


Aplikasi Pengelola Keuangan

Untuk mengatur keuangan pribadi, Anda dapat membuat rencana keuangan dan melakukan pencatatan setiap pengeluaran. Hal itu bisa dilakukan secara manual menggunakan buku atau pun menggunakan aplikasi catatan keuangan. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi pengelola keuangan yang dapat Anda gunakan. 

  • Money Lover
  • Catatan Keuangan Harian
  • Teman Bisnis
  • Money Wiz
  • Sepran Expense Manager
  • Level Money
  • Monefy
  • Mint
  • Penny
  • Ando Money
  • Wally
  • Quick Books
  • Fast Budget
  • Financisto
  • Spendee


Baca Juga: 10 Metode Mengatur Keuangan untuk Hidup Lebih Hemat


1. Money Lover

Aplikasi yang dapat digunakan di platform iOS dan Android ini menawarkan akses gratis untuk akun biasa dan berbayar untuk versi premium. Telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna, berikut ini adalah berbagai fitur yang dimiliki oleh 

1. mencatat anggaran masuk dan keluar

2. mencatat piutang

3. menampilkan grafik finansial

4. dapat dihubungkan dengan rekening bank

5. menyediakan fitur bantuan perencanaan keuangan untuk target spesifik

6. catatan dapat disimpan dalam bentuk file Excel dan CSV

7. bisa melakukan scan pada kuitansi. 


2. Catatan Keuangan Harian

Aplikasi pengatur keuangan bahasa Indonesia yang bisa dipasang di iOS dan Android ini tersedia gratis. Beberapa fitur canggih yang ada di dalamnya adalah:

1. memiliki pengaturan detail pada pencatatan uang masuk dan keluar. Informasi mengenai jumlah uang, tanggal, hingga kategori dapat dibaca pada aplikasi ini. 

2. laporan keuangan dapat dilihat berdasarkan kategori tertentu. 

3. menyediakan fitur privasi agar tidak dapat dilihat oleh orang lain. 


3. Teman Bisnis

Aplikasi pencatatan keuangan Android ini cocok digunakan oleh seseorang yang mengatur keuangan pribadi dan usaha. Pelaku usaha online shop dapat dengan mudah mengalokasikan keuangan pribadi dengan keuangan usaha meskipun dijalankan bersamaan. Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi ini adalah:

1. mencatat pemasukan dan pengeluaran dari banyak sumber

2. memisahkan uang masuk dan keluar berdasarkan kategori

3. mencatat kredit dan utang

4. menampilkan laba dan pertumbuhan simpanan berdasarkan periode waktu tertentu


4. Money Wiz

Berbeda dengan beberapa aplikasi keuangan yang lainnya, Money Wiz menjadi aplikasi gratis yang lebih tepat digunakan oleh seseorang yang paham perencanaan keuangan. Berbagai fungsi yang lebih rinci akan lebih lengkap dalam membuat catatan, tetapi bisa jadi lebih rumit bagi awam. Beberapa kelebihan aplikasi iOS dan Android ini adalah:

1. menyajikan data laporan keuangan berupa uraian transaksi, perbandingan anggaran, dan pemisahan penerima uang

2. memungkinkan custom kategori pemasukan atau pengeluaran dana

3. menyimpan catatan dalam bentuk PDF


5. Sepran Expense Manager

Aplikasi pencatatan keuangan pribadi iOS dan Android ini adalah aplikasi yang cocok untuk Anda yang tidak selalu terhubung dengan internet. Dalam keadaan offline, aplikasi ini tetap dapat mencatat data. Selain itu, beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi gratis ini adalah:

1. mencatat keuangan harian

2. memiliki fitur pengingat untuk membenarkan alokasi dana

3. memiliki tampilan data input yang mudah dipahami


6. Level Money

Aplikasi yang bisa digunakan di iOS ini dapat digunakan secara gratis. Dengan tampilan diagram, Level Money dapat lebih komunikatif dengan pengguna. Fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan secara gratis dalam aplikasi ini adalah:

1. dapat dihubungkan dengan rekening bank

2. mengatur keuangan masuk dan keluar pada rekening bank dan kartu kredit

3. memiliki pengingat pengeluaran uang


7. Monefy

Aplikasi catatan keuangan harian ini menarik untuk digunakan karena menyajikan data sebagai diagram dan pembagian kategori yang banyak. Aplikasi keuangan gratis ini dapat digunakan di iOS dan Android secara gratis dan berbayar untuk tambahan kategori. Untuk versi gratis, beberapa fitur yang dapat digunakan adalah:

1. dapat digunakan untuk lebih dari satu akun

2. memiliki banyak kategori

3. memberi catatan keuangan dari periode harian hingga tahunan

4. menghitung pengeluaran dalam bentuk persentase


Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi dan Manfaatnya untuk Anda


8. Mint

Aplikasi yang banyak digunakan oleh kaum milenial ini dapat diunduh di iOS dan Android. Tidak hanya menyajikan pengeluaran dan pemasukan harian, aplikasi gratis ini dapat digunakan untuk melihat portofolio investasi. Selain itu, berbagai fitur yang ditawarkan adalah:

1. memiliki pengaturan rekening bank, kredit, dan tagihan bulanan

2. dapat mengelompokkan berbagai anggaran belanja yang berbeda kategori

3. menyajikan data dalam bentuk bagan dan grafik

4. memberi pemberitahuan apabila ada pengeluaran yang melebihi alokasi dana


9. Penny

Aplikasi keuangan untuk iOS ini dapat digunakan secara interaktif, bahkan seperti asisten pribadi. Tidak hanya mencatat, aplikasi gratis ini dapat memberi tips masalah keuangan sehari-hari. Dalam bentuk chat, Anda dapat mengajak ngobrol aplikasi ini seperti mengobrol dengan seorang konsultan. Selain itu, beberapa fitur lain Penny adalah:

1. memberi pengingat tagihan yang harus dibayar

2. memberi informasi kenaikan tagihan rutin

3. memberi catatan pengeluaran setiap periode tertentu


10. Ando Money

Seperti namanya, aplikasi keuangan ini dapat dipasang gratis di platform Android. Andro Money menjadi salah satu aplikasi yang menyajikan catatan secara sederhana sehingga mudah untuk dipahami. Beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna adalah:

1. menyajikan data pengeluaran secara detail

2. dapat terhubung dengan Google Docs dan Dropbox

3. mencatat keperluan kecil seperti menonton film, makan harian, dan lainnya


11. Wally

Bagi seseorang yang kerap melakukan belanja, baik untuk usaha atau keperluan pribadi, aplikasi iOS dan Android ini sangat mudah digunakan. Aplikasi gratis ini memiliki berbagai fitur, seperti:

1. dapat melakukan scanning struk hanya dengan memfotonya

2. melakukan pencatatan mingguan dan bulanan

3. memberi keterangan penggunaan uang secara terperinci


12. Quick Books

Aplikasi catatan keuangan premium ini dapat digunakan di iOS dan Android dengan fitur premium. Berbagai fiturnya tidak hanya bisa digunakan untuk mengatur keuangan pribadi, tetapi juga efektif untuk keuangan bisnis. Berbagai fitur yang ditawarkan Quick Books adalah:

1. menghubungkan aplikasi dengan banyak rekening dan kartu kredit

2. menghubungkan akun tagihan bulanan 

3. memberi perbandingan pemasukan dan pengeluaran setiap bulan


13. Fast Budget

Aplikasi yang memiliki tampilan menarik ini dapat digunakan secara gratis di iOS dan Android dengan fitur yang cukup banyak. Meskipun begitu, ada beberapa fitur yang dapat digunakan hanya jika Anda berlangganan. Berbagai kelebihan aplikasi ini adalah:

1. memiliki tampilan berupa animasi dan ikon yang menarik

2. menampilkan overview keuangan yang dikategorikan berdasarkan budget dan pengeluaran

3. dapat menambahkan berbagai kategori sesuai kebutuhan


14. Financisto

Jika Anda memiliki berbagai mata uang, maka aplikasi gratis yang dapat digunakan di berbagai platform smartphone ini sangat tepat dipilih. Beberapa kelebihan lain aplikasi keuangan ini adalah:

1. memberi penilaian mengenai kondisi keuangan, baik atau buruk

2. penyajian catatan secara simple dan mudah dimengerti

3. memberi catatan secara detail, seperti kategori dan tanggal pengeluaran


15. Spendee

Aplikasi pengelolaan uang ini menjadi salah satu aplikasi gratis pilihan yang menyajikan catatan dalam bentuk diagram dan ikon yang mudah dipahami. Dukungannya terhadap mata uang kripto menjadikan aplikasi iOS dan Android ini cocok untuk anak muda. Berbagai kelebihan lainnya adalah:

1. menghubungkan aplikasi dengan akun bank dan dompet digital

2. dapat terhubung dengan dompet kripto

3. menyajikan catatan keuangan dalam berbagai ukuran waktu

4. menyajikan fitur dukungan berhemat dan pencapaian untuk membeli barang tertentu


Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros?

Agar lebih efektif penggunaannya, pendapatan harus diatur dengan baik. Pengaturan atau pengelolaan uang tersebut dapat dilakukan dengan berbagai langkah berikut:

  1. tepat dalam membuat anggaran dana
  2. rajin membuat catatan keuangan
  3. tidak melakukan utang nonprodukti atau utang yang tidak menghasilkan
  4. lakukan evaluasi setiap bulan untuk melihat pengeluaran yang dapat ditekan
  5. alokasikan dana dengan rumus yang dianjurkan ahli, seperti 50-30-10 atau 40-20-10-10 


Apa itu 50 30 20?

Para ahli telah memberi rekomendasi alokasi dana gajian atau pemasukan yang tepat. Rumus tersebut dapat digunakan untuk semua jumlah pendapatan. Dua rumus yang kerap digunakan adalah 50-30-10 atau 40-20-10-10 .

Rumus 50-30-10 mengalokasikan dana sebanyak 50% gaji untuk keperluan sehari-hari selama satu bulan. Selanjutnya, 30% gaji untuk alokasi hiburan dan lifestyle, dan 20% untuk investasi. 

Sementara itu, rumus 40-20-10-10 membagi 40% untuk kebutuhan hidup selama satu bulan, 20% untuk lifestyle, 10% untuk menabung, dan 10% untuk amal dan sosial.



Artikel Terkait
image image
Artikel Baru