Finansial

8 Cara Perencanaan Keuangan yang Efektif

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Aug 2021

8 Cara Perencanaan Keuangan yang Efektif

Sudahkah kamu melakukan perencanaan keuangan? Apabila sudah, apakah terdapat dampak positif yang dirasakan? Apabila belum, ada baiknya kamu mempertimbangkan hal tersebut.

Menurut penelitian saja mengatakan bahwa rata-rata orang yang memiliki rencana keuangan memiliki aset 60% lebih banyak daripada orang yang hidup mengalir tanpa rencana. 

Ketika berhubungan dengan uang, perencanaan yang dilakukan haruslah konkret karena banyaknya faktor yang mempengaruhinya.


Baca juga: 10 Tips Hidup Sederhana Bikin Bahagia


Mengapa Perencanaan Keuangan Sangat Penting?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana perencanaan keuangan yang efektif, ada baiknya kita paham terlebih dahulu mengapa perencanaan keuangan sangatlah penting untuk masa depanmu yang lebih baik. 

Inflasi 

Secara sederhana, inflasi merupakan kenaikan harga barang dan jasa. Sebagai contoh, misalnya saat ini kamu bisa membeli segelas kopi susu kesukaanmu di harga Rp 20 ribu. Dengan nominal uang yang sama pada 10 tahun mendatang, bisa jadi nominal tersebut tidak berlaku lagi, sebab harga segelas kopi susu telah berubah menjadi Rp 40 ribu. 

Dengan adanya inflasi, nilai riil uang tergerus olehnya. Terlebih inflasi tidak dapat dihindari, sehingga untuk menopang inflasi di masa mendatang, seseorang perlu merencanakan keuangan agar dapat mengimbangi inflasi sekaligus menjaga agar tujuan finansial dapat terpenuhi. 

Tujuan finansial jangka panjang 

Setiap tahap kehidupan manusia, pastinya terdapat pencapaian-pencapaian tertentu yang ingin diraih. Baik itu memiliki kendaraan pribadi, rumah pribadi, pernikahan dan lain sebagainya. Pencapaian tersebut tentunya tak dapat diraih dalam jangka waktu yang pendek, sehingga membutuhkan sebuah alat dalam meraihnya.

Alat tersebut merupakan perencanaan keuangan. Salah satu upaya dalam perencanaan keuangan yang dapat mewujudkan tujuan finansial jangka panjang adalah investasi. 

Keadaan darurat

‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’. Slogan tersebut tidak hanya soal kesehatan, tapi ketika berhubungan dengan keuangan juga bisa diaplikasikan lho. Terkadang terdapat kondisi-kondisi yang tidak terduga yang dapat menjadi rintangan ketika ingin mencapai tujuan finansial, seperti misalnya kerusakan rumah, kondisi kesehatan mendadak dan lain sebagainya. 

Mimpi 

Perencanaan keuangan adalah langkah untuk menggapai impianmu. Bisa jadi mimpimu adalah liburan ke luar negeri bersama keluarga, rumah sendiri atau lain sebagainya. Meskipun tanggung jawab tetap dijalani, namun mimpi kedepannya dapat digapai. 

Pensiun

Ketika usia kita nantinya tidak produktif, maka bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari saat pensiun? Maka jawabannya adalah dengan melakukan perencanaan keuangan. Menyiapkan dana pensiun sedini mungkin memiliki keuntungan yang maksimal dimana kamu dapat memanfaatkan konsep  bunga berganda. 


Baca juga: Tentukan Prioritas dengan Piramida Perencanaan Keuangan


Cara Membuat Perencanaan Keuangan yang Efektif

Lalu, bagaimana sih sebenarnya membuat perencanaan keuangan yang efektif? Dilansir dari Edarabia.com, berikut ini 8 caranya, 

Mengatur pengeluaran 

Jika kamu menemukan bahwa sebelum akhir bulan tidak ada uang yang tersisa, hanya bertahan dari gaji ke gaji, maka kamu hidup diluar dari kemampuanmu. Kamu bisa menghindari kekacauan tersebut dengan anggaran bulanan. Dengan adanya anggaran bulanan, kamu dapat memetakan kemana saja uangmu akan pergi. 

Kamu dapat menerapkan konsep anggaran bulanan Living-Saving-Playing ala perencana keuangan ternama, yaitu Prita Ghozi. Pada konsep tersebut, anggaranmu dibagi menjadi 3 pos utama, yaitu 50% untuk kebutuhan primer (Living), 30% untuk menabung dan investasi (Saving) dan 20% untuk pos kebutuhan hiburan (Playing). 

Membuat laporan keuangan pribadi 

Dengan adanya laporan keuangan pribadi, akan membantumu untuk mengetahui uang yang masuk vs uang yang keluar. Ketika ingin membuat laporan keuangan pribadi, mulailah dengan mengumpulkan berbagai catatan dan bukti utang yang kamu miliki. 

Kemudian, tulis daftar aset yang kamu miliki, seperti tabungan di bank, investasi, serta aset lainnya. Lakukan hal yang sama dengan daftar utangmu, seperti pinjaman, kartu kredit, dan utang lainnya. Idealnya, uang yang kamu miliki haruslah lebih tinggi dibanding utangmu. 

Menghindari pengeluaran yang berlebihan 

Pengeluaran yang tidak terencana seringkali tidak disadari. Apabila tidak diatasi, maka tujuan finansial yang ingin diwujudkan kedepannya akan sulit tercapai. Berbagai cara berikut dapat diaplikasikan agar dapat mengatasi pengeluaran yang berlebihan yaitu mengeluarkan uang sesuai kebutuhan, membawa daftar saat belanja, fokus hanya pada yang kamu butuhkan serta memberi tahu teman dan keluarga kamu. 

Membuat portfolio investasi 

Berinvestasi dilakukan untuk memenuhi tujuan masa mendatang. Sebaiknya, sebelum memulai investasi dapat menentukan tujuan investasi sehingga dapat memaksimalkan sejumlah dana yang ingin dikumpulkan. Apabila kamu pemula dalam investasi, berikut ini beberapa pilihan investasi yang dapat kamu pertimbangkan bagi kamu yang takut akan risiko tinggi.  

Berinvestasi untuk masa pensiun 

Dana pensiun sangat baik apabila dipersiapkan sejak dini, karena dapat memanfaatkan konsep bunga berganda. Dalam menentukan besaran dana pensiun yang ingin dikumpulkan, kamu bisa memulainya dengan menentukan di usia berapa kamu akan pensiun serta kebutuhan sehari-hari yang nantinya akan diperlukan. 

Mengatur utang 

Mengatur utang adalah salah satu kunci terpenting dalam perencanaan keuangan. Kamu dapat menyusun skala prioritas utang mana saja yang harus dibayarkan terlebih dahulu atau bahkan mencari penghasilan tambahan agar dapat menyelesaikan utang diluar dari rencana awal. 

Mengantisipasi risiko

Perencanaan keuangan juga mengenai manajemen risiko. Anda perlu memahami bahwa di dalam kehidupan mu dan aset yang kamu miliki mengandung risiko. Oleh karena itu, ada baiknya memiliki asuransi serta dana darurat.  

Merencanakan pajakmu 

Secara umum, perencanaan pajak dapat membantumu menganalisa keuanganmu dan menentukan cara bagaimana mengoptimalkan hal tersebut. Hal tersebut memungkinkan kamu mengambil keuntungan dari pembebasan dan pengurangan pajak. Pastikan bahwa kamu tidak melakukan penghindaran pajak.


Baca juga: 6 Perbedaan P2P Lending Produktif dan Konsumtif


Pendanaan di P2P Lending Modal Rakyat dan Dapatkan Keuntungan hingga 18% per tahun

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 18% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru