Finansial

Permudah Hidupmu dengan 6 Aplikasi Perencana Keuangan ini

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Jul 2021

Permudah Hidupmu dengan 6 Aplikasi Perencana Keuangan ini

Perkembangan teknologi dan perangkat digital tentunya memudahkan kehidupan manusia, salah satunya dengan hadirnya aplikasi perencana keuangan. Membantu mencatat, mengalokasikan anggaran, bahkan memiliki fitur laporan rutin bulanan. 

Saat ini ada banyak sekali aplikasi dengan berbagai fiturnya, mulai dari yang hanya bisa mencatat saja atau sampai terhubung dengan rekening bank. Namun ternyata masih banyak yang belum menggunakannya, padahal ada banyak sekali manfaat dari aplikasi tersebut. 


Baca juga: Apa Pentingnya Perencanaan dan Tujuan Keuangan Pribadi di Usia Muda?


Mengapa Perlu Aplikasi Perencana Keuangan

Salah satu cara sukses dalam mengatur finansial adalah dengan memastikan bahwa mencatat setiap pengeluaran. Catatan tersebut nantinya akan berguna sebagai patokan dalam mengevaluasi pengeluaran atau pendapatan tiap bulannya. 

Dengan adanya catatan tersebut berbagai keputusan finansial tentunya dianggap akan lebih obyektif serta terukur. Namun pencatatan yang dilakukan secara tradisional, ternyata memiliki banyak kelemahan. Kelemahan ini yang membuat orang cenderung enggan mencatat. 

Kelemahan pertama adalah memerlukan banyak waktu untuk mencatat secara tradisional. Mulai dari membuat tabel, mengelompokkan jenis pengeluaran, dan menganalisisnya semuanya dilakukan secara manual. Tentunya tidak efisien bagi yang jam kerjanya tinggi. 

Belum lagi untuk membaca atau melihat lagi laporan keuangannya juga cukup sulit, karena hanya melihat tabel dan angka saja. Cara mempermudahnya adalah dengan membuat diagram, namun langkah ini cukup ribet. 

Kondisi tersebut menjadi pendorong untuk dikembangkannya berbagai aplikasi perencana keuangan. Harapannya adalah mempermudah masyarakat dalam mencatat keuangannya. Berbagai fitur diadakan, seperti mengkategorikan otomatis atau membuat diagram grafik. 

Adanya berbagai kemudahan tersebut tentunya mampu mendorong serta mengedukasi masyarakat untuk lebih perhatian dengan finansialnya. Dengan demikian, mencapai target keuangan atau finansial di masa mendatang tentunya semakin mudah. 


Baca juga: Mengatur Keuangan Gaji Pas-Pasan Supaya Bisa Investasi!


6 Contoh Aplikasi Perencana Keuangan

Sudah banyak sekali aplikasi – aplikasi untuk membantu merencanakan serta mencatat finansial bagi Anda. Mulai dari berplatform android gratis maupun berbayar, keduanya memiliki tujuan sama yaitu mempermudah mengelola keuangan. Berikut beberapa aplikasinya. 

1. Monefy

Aplikasi catatan keuangan  ini memberikan suasana mencatat pemasukan maupun pengeluaran menjadi lebih menyenangkan. Tampilan UI sederhana, dilengkapi dengan grafik dan ilustrasi menjadikannya sarana mencatat terbaik. Anda serasa seperti bermain game. 

Fitur praktisnya adalah adanya fasilitas widget, sehingga memungkinkan penggunanya untuk mencatat dari homescreen tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Klasifikasinya juga rapi, memudahkan untuk melihat perkembangan laporan bulanannya. 

2. AndroMoney

AndroMoney adalah aplikasi perencana keuangan yang digunakan untuk memudahkan membaca serta menginput informasi pengeluaran dan pendapatan Anda. Tampilannya difokuskan pada kesederhanaan, sehingga pengguna tidak terganggu dengan banyaknya digit angka. 

Untuk laporannya sendiri bisa disajikan langsung dalam bentuk grafik, membuatnya lebih praktis untuk dibaca serta dianalisis. Apabila Anda menginginkan pencatatan mudah dan sederhana, bisa mencoba menggunakan AndroMoney. 

3. Wallet

Salah satu program yang bisa disinkronkan dengan akun bank adalah Wallet. Melalui hal tersebut, Anda bisa melacak pengeluaran dan pendapatan tanpa harus mencatatnya manual. Sehingga lebih memudahkan untuk mengatur finansialnya. 

Selain pencatatan juga disertai dengan fitur menarik lainnya. Di antaranya adalah perencanaan pembayaran masa depan. Fitur tersebut memungkinkan Anda merencanakan pembayaran serta pengingatnya, dengan demikian tidak lupa ketika tanggal pembayarannya. 

4. Fast Budget

Melalui aplikasi pengatur keuangan fast budget, pencatatan tidak lagi terasa boring atau kurang menarik. Tampilannya dibuat sesederhana mungkin, namun masih menarik untuk digunakan. Salah satunya adalah dengan memberikan efek animasi. 

5. 1Money

Merencanakan finansial berarti memiliki laporan obyektif dalam setiap transaksinya. 1Money memberikan fasilitas tersebut, bahkan dilengkapi dengan berbagai mata uang. Sehingga setiap transaksi akan tercatat serta terhitung dengan obyektif. 

Keunggulan lainnya adalah fitur sinkronisasi dengan cloud, memungkinkan Anda mengamankan informasi atau data pribadi. Kelemahan dari 1Money adalah beberapa fiturnya hanya bisa digunakan setelah melakukan pembayaran terlebih dahulu. 

6. Spendee

Apabila Anda suka berbelanja atau ingin mengurangi konsumsi, Spendee bisa menjadi aplikasi perencana keuangan terbaik untuk Anda. Fitur budgetingnya memungkinkan Anda memberikan batasan tertentu pada kategori tertentu. 

Misalkan ingin membatasi konsumsi jajan sebesar 2 juta per bulan, maka nanti apabila kategori jajan sudah hampir mencapai 2 bulan akan ada pengingatnya. Adanya pengingat ini memudahkan untuk menjaga pola konsumsi agar tidak berlebihan. 


Baca juga: Anak Kost, Yuk Bikin Financial Planning yang Benar


Tips Mengoptimalkan Aplikasi Perencana Keuangan

Ketika melihat informasi unduhannya, Anda akan menemui bahwa sudah banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut. Namun kenapa hanya sedikit yang berhasil dalam mencapai tujuan finansialnya? faktornya mungkin beragam. 

Salah satunya adalah karena penggunaan aplikasinya kurang optimal. Memiliki atau menginstall aplikasi perencana keuangan saja belum tentu bisa membuat kondisi finansial membaik dengan sendirinya. Perlu ada beberapa langkah – langkah agar bisa berjalan optimal. 

Gunakan Secara Rutin

Pertama mulai dari menggunakan aplikasi pencatatannya secara rutin dan teratur. Artinya pemilik aplikasinya harus meluangkan sebagian waktunya untuk menginput data terkait pengeluaran dan pendapatannya secara disiplin. 

Mungkin akan sedikit sulit atau melelahkan apabila pencatatannya dilakukan ketika malam hari. Untuk mengurangi bebannya, sebaiknya setiap kali bertransaksi luangkan waktu sejenak untuk membuka ponsel dan menuliskannya pada aplikasi perencana keuangan. 

Selain mencegah lupa, juga bisa mengurangi beban Anda ketika malam hari tiba dan perlu merangkum seluruh pemasukan dan pengeluarannya. Tentunya terkadang terasa aneh untuk mencatatnya setiap kali bertransaksi, ini hanya perlu pembiasaan saja. 

Tinjau Ulang

Kedua harus senantiasa ditinjau ulang setiap catatannya, terkadang karena asiknya mencatat sangat jarang meninjau ulang bagaimana pengeluaran tersebut setiap harinya atau tiap bulannya. Meninjau kembali membantu Anda untuk lebih menyadari posisi keuangannya. 

Salah satu kunci kesuksesan dalam mengelola finansial adalah menyadari kondisi finansialnya secara obyektif. Caranya adalah dengan membiasakan untuk membuat catatan terhadap setiap pengeluaran atau pemasukan yang Anda lakukan. 

Pencatatan tersebut nantinya akan digunakan sebagai alat analisis serta alat evaluasi. Terlebih kini banyak sekali aplikasi perencana keuangan, membuat proses pencatatan menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. 


Baca juga: Financial Freedom: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mencapainya


Pendanaan di P2P Lending Modal Rakyat dan Dapatkan Keuntungan hingga 18% per tahun

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungannya.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 18% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id  untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru