Finansial

Financial Freedom: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mencapainya

Kabrina Rian Ferdiani-

14 Jul 2021

Financial Freedom: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mencapainya

Mendengar istilah financial freedom mungkin sudah sangat sering namun apakah Anda sudah memahaminya? Apalagi jika menjadikan financial goals sebagai tujuan hidup tentu sudah harus tahu bagaimana cara mewujudkannya.

Jika Anda tertarik mempelajari tentang financial freedom maka bisa belajar dari dasarnya sampai caranya. Ketahui juga apa manfaat yang didapatkan karena sangat penting memiliki mimpi dengan segudang manfaat positif.


Baca juga: 7 Level Menuju Financial Freedom, Cari Tahu Posisi Anda


Apa itu Financial Freedom?

Ada satu wejangan menarik yaitu jangan sampai “besar pasak daripada tiang” yang terdengar sangat klasik. Sebagian menganggap hal tersebut penting dan sebagian lainnya mengabaikan begitu saja tanpa perduli artinya.

Padahal dari wejangan sederhana tersebut bisa didapatkan ilmu manajemen keuangan secara sederhana. Artinya jangan sampai mengeluarkan uang untuk berbagai biaya lebih besar dari pendapatan yang didapatkan baik bulanan maupun harian.

Inilah dasar adanya konsep financial freedom yang sering digembar-gemborkan pada saat seminar tentang keuangan. Banyak orang sudah mengetahui tentang kebebasan keuangan namun hanya sekedar tahu saja tanpa mau mendalaminya.

Dari segi pengertian sebenarnya tidak ada rumusan baku namun intinya tentang bebas secara keuangan. Seseorang mampu mencukupi semua kebutuhan dan tetap ada penghasilan masuk meskipun sedang tidak bekerja.

Secara sekilas mungkin terkesan mustahil bagaimana bisa mendapatkan penghasilan namun tidak bekerja. Padahal konsep sederhana, ketika bekerja maka Anda akan mendapatkan uang dan penghasilan sesuai kerja keras masing-masing.

Hal inilah sangat menarik dibahas dimana financial freedom sangat erat kaitannya dengan aset produktif. Jadi seseorang mengumpulkan aset yang mampu memberikan penghasilan tambahan tanpa harus dikerjakan sendiri.

Kelirunya banyak orang belum memahami antara aset konsumtif dengan aset produktif sehingga beda hasilnya. Aset produktif bisa membantu menambah hasil sedangkan aset konsumtif hanya menambah beban dan nilai jualnya menurun.

Konsep dari kebebasan keuangan ini bukan dari seberapa besar aset yang sudah Anda miliki. Namun bagaimana aset tersebut mampu memberikan penghasilan rutin sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus bekerja.

Dengan sifat subjektif dimana setiap orang memiliki ukuran berbeda karena jumlah penghasilan dan kebutuhan tidak sama. Anda harus mengenali diri sendiri baru bisa mencapai kebebasan keuangan sesuai kebutuhan.


Baca juga: Kartini Masa Kini: Perempuan yang Ingin Merdeka Finansial


Manfaat Jika Memiliki Financial Freedom

Banyaknya orang yang ingin mempelajari tentang kebebasan finansial tentu hal ini bukan sekedar ikut-ikutan saja. Pasti ada manfaat menguntungkan yang membuat banyak orang akhirnya mau belajar dan mengubah kebiasaan mereka.

Manfaat utama dari financial freedom yaitu mampu memenuhi kebutuhan dalam hidup dan tidak perlu bingung secara keuangan. Tetap mendapatkan penghasilan secara aman meskipun sedang tidak bekerja sekalipun.

Manfaatnya akan sangat dirasakan ketika sudah tidak lagi mampu bekerja atau dalam keadaan sakit. Anda tetap mendapatkan hasil sehingga bisa benar-benar istirahat dan menikmati hidup tanpa terbebani.

Kekayaan yang dimiliki mampu memberikan penghasilan jadi bukan dengan menjual aset baru mendapatkan hasil. Aset Anda akan tetap jumlahnya namun dari sanalah sumber penghasilan bisa didapatkan.

Sederhananya ketika mampu mencapai financial freedom Anda tidak perlu memaksa diri sendiri untuk bekerja terus menerus. Anda bisa mengistirahatkan badan dan pensiun kapan saja tanpa harus menunggu tua.

Menariknya ketika Anda ingin liburan maka tinggal berangkat saja tanpa harus khawatir kehabisan uang. Bahkan saat tidur sekalipun jika sudah memiliki banyak aset produktif akan mendapatkan penghasilan.

Manfaat inilah yang menjadi incaran kaum milenial sehingga berusaha mencari berbagai cara agar mampu mewujudkan mimpi tersebut. Termasuk merubah kebiasaan hidup agar mampu mengumpulkan banyak aset produktif di usia muda.

Setelah mengetahui pengertian dan sekilas tentang manfaatnya tidak ada salahnya Anda mulai memikirkan hal ini. Banyak orang sukses sudah merasakan manfaatnya bahkan sejak usia muda dan tidak mustahil diwujudkan.


Baca juga: 7 Langkah Capai Financial Freedom ala Tony Robbins


Cara untuk Mencapai Financial Freedom

Semua orang memiliki kesempatan untuk bisa bebas secara finansial dan hal ini tidak menutup kemungkinan bagi siapa saja. Pelajari cara-cara yang akan dijelaskan berikut ini karena dapat meningkatkan peluang Anda.

Memahami kondisi keuangan saat ini

Hal mendasar yang harus dilakukan untuk mencapai financial freedom adalah memahami bagaimana kondisi keuangan Anda saat ini. Kenali keuangan Anda misalnya apakah penghasilan sudah mampu mencukupi semua kebutuhan saat ini.

Jika penghasilan tidak cukup karena terlalu banyak biaya hidup maka harus melakukan koreksi dulu. Dengan melihat dari segi gaya hidup terlalu boros atau lainnya kemudian mulai melakukan perubahan.

Menentukan tujuan keuangan

Setelah melakukan evaluasi pada kondisi keuangan saat ini kemudian buat tujuan jangka panjang. Anda sendiri yang dapat menentukan tujuan keuangan dan jangan tergantung dari tujuan orang lain karena jelas berbeda.

Tujuan keuangan sangat penting dan membantu untuk memberikan motivasi serta arah kemana harus melangkah. Jangan sampai Anda tidak memiliki tujuan sehingga masih kesulitan dalam mengelola keuangan.

Mencari sumber pendapatan lain

Selanjutnya Anda harus mencari sumber-sumber pendapatan lain yang dapat memberikan penghasilan lebih besar. Jangan merasa puas atas apa yang didapatkan saat ini, apalagi jika hanya mengandalkan gaji.

Investasi mulai sekarang

Paling penting lakukan investasi dari sekarang juga apapun itu silahkan cari referensi terbaik. Jangan berpikir kalau investasi harus selalu membeli aset dengan nilai besar dan langsung mendapatkan hasilnya.

Mempelajari dasar-dasar tentang kebebasan secara finansial sangat penting bagi siapa saja yang ingin merubah masa depan. Jangan ragu untuk segera mulai mencari financial freedom sebagai target agar hidup lebih baik.


Baca juga: Ingin Raih Financial Freedom? Stop Lakukan 5 Kebiasaan ini


Pendanaan di P2P Lending Modal Rakyat dan Dapatkan Keuntungan hingga 18% per tahun

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 18% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru