Finansial

Apa itu Asuransi Kesehatan? Inilah Pengertian dan Manfaatnya

Brigitta Winasis-

12 May 2021

Apa itu Asuransi Kesehatan? Inilah Pengertian dan Manfaatnya

Tidak ada orang yang ingin tiba-tiba jatuh sakit atau mengalami musibah. Maka dari itu perlu Anda melakukan tindakan pencegahan sebelumnya. Pasalnya Anda tidak pernah tahu kapan akan jatuh sakit, apalagi biaya berobat semakin mahal dari waktu ke waktu.

Solusi yang bisa dilakukan adalah mempunyai asuransi kesehatan. Produk asuransi ini bisa menjadi sarana pencegahan jika Anda mengalami musibah terkena penyakit, apalagi jika cukup parah.


Baca juga: Dana Darurat, Memangnya Anak Muda Sudah Butuh?


Namun sayangnya banyak orang merasa asuransi kesehatan ini belum cukup penting untuk dimasukkan dalam daftar kebutuhan pokok. Banyak yang merasa asuransi adalah produk keuangan yang umumnya dimiliki masyarakat kelas atas. Anda harus menepiskan pandangan ini jauh-jauh. Anggaplah asuransi kesehatan sebagai aset yang dapat membantu Anda di masa depan.

Apakah Anda ingin tahu lebih jauh tentang asuransi? Simaklah penjelasan berikut ini.


Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan yakni sebuah variasi produk asuransi yang secara spesifik menjamin kesehatan atau perawatan para membernya seandainya mengalami jatuh sakit atau kecelakaan.

Mengingat dengan pengertian asuransi kesehatan itu, asuransi kesehatan akan meng-cover perawatan selama yang diinginkan peserta asuransi saat sakit bahkan jika mengalami kecelakaan. Layanan kesehatan yang di-cover asuransi ini mencakup rawat inap dan rawat jalan serta obat yang diperlukan.

Ketika mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan, pastikan apa saja biaya asuransi yang di-cover, sebab sebagian asuransi kesehatan cuma menanggung biaya rawat inap di rumah sakit dan dengan nominal yang cenderung kecil.


Baca juga: Lakukan Perencanaan Keuangan dalam Keluarga Mulai Sekarang


Alasan Wajib Mempunyai Asuransi Kesehatan

Premi asuransi saat ini cenderung murah, tapi manfaat yang diperoleh juga tak optimal. Anda perlu memahami seluruh produk asuransi kesehatan yang ada di pasaran termasuk pengalaman mereka dalam menangani klaim anggotanya.

Perhatikan benar-benar semua klausul yang ada pada polis. Jika tidak, Anda malah dirugikan justru pada saat sangat membutuhkan asuransi hanya karena layanan kesehatan tersebut tidak ditanggung asuransi.

Masa depan memang tidak dapat diduga. Meskipun Anda sudah berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit, tidaklah cukup. Anda wajib memiliki proteksi yakni asuransi kesehatan. Minimal Anda memiliki Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai asuransi dasar.

Jika suatu saat Anda mengalami musibah, asuransi dapat membantu meringankan beban Anda. Maka dari itu, pilih produk asuransi yang sesuai keperluan Anda.


Keuntungan Asuransi Kesehatan

Seandainya Anda telah |mempunyai asuransi kesehatan, pasti Anda akan merasa lebih tenang apabila terjadi sesuatu pada diri sendiri ataupun anggota keluarga. Tak hanya memberi manfaat pada diri sendiri dan keluarga, ada kegunaan lain dari asuransi kesehatan seperti yang dijabarkan berikut ini.


Membantu Mengontrol Keuangan

Manfaat asuransi kesehatan yang pertama ialah bisa menolong Anda dalam mengontrol finansial pribadi. Mempunyai asuransi kesehatan mengharuskan Anda membayar premi secara rutin tiap bulannya. Hal ini akan membuat Anda menyisihkan pemasukan Anda untuk membayar premi. Dengan demikian, pengelolaan keuangan Anda malah akan jelas tiap bulannya.


Memperingan Ongkos Rumah Sakit

Ketika tiba-tiba jatuh sakit, Anda jadi tak perlu khawatir memikirkan berapa banyak biaya perawatan yang akan Anda keluarkan. Maka dari itu Anda dapat lebih santai dan berkonsentrasi pada pemulihan dan perbaikan kesehatan yang sedang Anda jalani. Oleh karena memiliki asuransi kesehatan, Anda tidak perlu khawatir karena sudah terjamin secara keuangan untuk biaya ke depannya. Asuransi kesehatan juga mencegah risiko kesehatan yang tiba-tiba datang, karena Anda sudah mempersiapkan diri.


Variasi Layanan Kesehatan yang Ditawarkan

Umumnya asuransi kesehatan dapat menutup biaya pengobatan atau layanan kesehatan apapun. Hal ini tercantum dalam polis yang disepakati pada awal pembuatan asuransi. Perhatikan pula plafon yang diberikan asuransi sesuai premi yang Anda bayarkan.

Berikut beberapa jenis proteksi kesehatan yang ditawarkan asuransi.


Rawat Inap

Penyedia asuransi akan mengganti ongkos pengobatan yang disebabkan penyakit dan membutuhkan rawat inap di rumah sakit sesuai syarat yang tercantum dalam polis asuransi.


Rawat Jalan

Penyedia asuransi akan mengganti ongkos pengobatan yang disebabkan penyakit dan membutuhkan rawat jalan sesuai syarat yang tercantum dalam polis asuransi.


General Check Up

Penyedia asuransi akan mengganti ongkos pemeriksaan kesehatan sesuai program yang tercantum dalam polis asuransi.


Kacamata

Penyedia asuransi akan mengganti pembelian lensa kacamata dan frame atau sesuai rujukan dari dokter mata.


Melahirkan

Penyedia asuransi akan mengganti biaya persalinan sesuai program yang tercantum dalam polis asuransi.


Gigi

Penyedia asuransi akan mengganti biaya pengobatan termasuk perawatan umum, perawatan gusi, perawatan gigi kompleks, perbaikan gigi, serta gigi palsu.


Contoh Produk Asuransi Kesehatan

Sebelum memilih layanan asuransi kesehatan, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya jumlah premi yang dibayarkan dan layanan kesehatan apa saja yang ditawarkan. Jika Anda sering bepergian ke luar negeri, perhatikan apakah asuransi tersebut juga menanggung segala risiko kesehatan. Selain itu tanyakan berapa anggota keluarga yang ikut dilindungi dalam asuransi.

Beberapa pertimbangan ini mungkin membingungkan bagi Anda. Maka dari itu berikut dijelaskan sejumlah layanan asuransi kesehatan yang bisa menjadi pilihan Anda.


Allianz

Allianz menawarkan produk yang bervariasi dan program yang cukup menyeluruh. Asuransi ini menjamin rawat inap. Sebagian produk Allianz juga menawarkan jaminan persalinan, rawat jalan, serta perawatan gigi. Ada pula jaminan khusus untuk biaya kemoterapi, HIV/AIDS, biaya pemakaman, hemodialisis, pemulasaran jenazah, dan evakuasi.

Allianz juga menawarkan proteksi untuk 49 penyakit kritis tahap akhir tanpa syarat batas waktu.

Premi yang dibayar per tahunnya berkisar Rp11.250.000 untuk rawat inap. Keuntungan lainnya batas rawat inap yang ditawarkan Allianz lebih banyak daripada layanan asuransi lainnya.

Harga kamar rawat inap yaitu Rp750.000 dengan total 180 hari per tahun, sesuai jenis perawatannya.


Prudential

Prudential menawarkan produk asuransi kesehatan yang bervariasi, termasuk yang berbasis syariah. Prudential menanggung biaya rawat inap dan bedah. Keuntungan lainnya Prudential dapat digunakan di luar negeri.

Asuransi ini bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit di negara lain, seperti Kamboja, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand. Di Indonesia sendiri Prudential melayani perawatan di 500 RS dan klinik.

Manfaat harian yang ditawarkan ke anggotanya sebesar Rp3,5 juta untuk rawat inap. Anda dapat memilih masa perlindungan, yakni sampai umur 55, 65, hingga 75 tahun.


Manulife

Manulife menawarkan layanan asuransi kesehatan tambahan yakni asuransi jiwa term-life atau rider. Keuntungan ini membuat banyak orang tertarik, meskipun Manulife bukan perusahaan asuransi kesehatan murni.

Premi yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan produk asuransi lainnya, yakni Rp9.854.000 untuk rawat inap. Biaya kamar yang ditanggung sebesar Rp800.000 per hari dengan total 60 hari per tahun. Manulife dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mencari asuransi kesehatan untuk keluarga.


Demikian penjelasan tentang asuransi kesehatan dan berbagai produk yang direkomendasikan. Bagaimana, Anda sudah yakin dengan pentingnya asuransi kesehatan? Ingatlah akan pentingnya memiliki jaminan di masa depan.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru