Finansial

Beragam Contoh Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Kabrina Rian Ferdiani-

08 Apr 2021

Beragam Contoh Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Kita mengenal beragam contoh investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan investor. Misalnya saja emas, properti maupun saham dapat menjadi alternatif untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Dengan berinvestasi, bisa menjadi langkah untuk mempercepat tujuan keuangan yang ingin dicapai. Seperti ketika Anda ingin membeli rumah enam tahun lagi, jika Anda menabung tentu saja jangka waktu tercapainya tujuan bisa lebih lama lagi dibandingkan berinvestasi.


Baca juga: 4 Investasi Jangka Pendek Terbaik untuk Anda


Contoh Investasi Emas Menggiurkan dalam Jangka Panjang

Contoh investasi yang menggiurkan untuk mencapai tujuan jangka panjang seperti membeli rumah adalah emas. Apalagi emas nilainya juga cenderung naik setiap tahun, sehingga Anda tidak perlu takut mengalami kerugian.

Berikut di antaranya berbagai hal yang perlu disiapkan ketika berinvestasi emas.


Hal yang Perlu Disiapkan ketika Berinvestasi Emas

Ada beragam cara untuk berinvestasi emas di zaman perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi. Investasi emas tidak hanya dalam bentuk emas batang, tapi juga digital.

Jika membeli emas dalam bentuk batangan atau logam mulai, tentu harus menyiapkan tempat penyimpanan. Hal ini dilakukan agar emas yang dimiliki tetap awet, bahkan aman atau tidak mudah dicuri oleh orang.

Jika emas batangan disimpan secara aman, tentu saja Anda tidak perlu khawatir kehilangan dana investasi berharga. Sebaliknya, jika membeli emas dalam bentuk digital, Anda tidak perlu memikirkan tempat penyimpanan.

Segala proses transaksi pembelian maupun penjualan emas dapat dilakukan secara online. Sehingga Anda tidak perlu bingung dan khawatir jika memiliki tabungan emas. 

Jika menggunakan contoh investasi untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti emas Anda juga wajib mencari platform maupun perusahaan yang melayani transaksi emas. Baik untuk memenuhi kebutuhan emas batangan maupun digital.


Risiko Investasi Juga Patut Diperhatikan

Setiap instrumen investasi yang dipilih tentu saja memiliki risiko atau tingkat kerugian bagi investor. Bahkan untuk instrumen yang dipandang minim risiko sekalipun seperti emas.

Salah satu contoh investasi untuk jangka panjang seperti emas, Anda tetap akan menjumpai risiko, terutama jika membeli emas fisik. Seperti risiko kehilangan atau bahkan dicuri orang, hal tersebut tentu saja tidak dapat diprediksi.


Keuntungan Memiliki Emas

Dibalik risiko yang harus diterima, setiap instrumen investasi tentu saja memiliki keuntungan. Faktor tersebut juga bisa menjadi pendorong seseorang memilih instrumen investasi tertentu.

Emas adalah instrumen yang nilainya tidak berpengaruh pada inflasi, berbeda dengan uang. Nilai emas cenderung stabil bahkan meningkat setiap tahun sehingga sangat menguntungkan investor.


Baca juga: Alasan Investasi Emas Tidak Pernah Mati dan Terus Diminati


Properti Mampu Memberikan Keuntungan Besar

Contoh investasi yang dapat dijadikan pilihan oleh investor adalah properti seperti rumah maupun tanah. Jika Anda memiliki tujuan keuangan lebih dari lima tahun, misalnya untuk menyiapkan dana pendidikan maupun pensiun, investasi properti bisa menjadi pilihan.

Ada beragam cara untuk berinvestasi properti pada masa kini, misalnya membeli tanah maupun membangun rumah lalu disewakan. Anda bahkan bisa menjadikan bentuk investasi tersebut sebagai passive income.

Keuntungan akan didapatkan oleh investor ketika berinvestasi properti seperti tanah, ruko maupun rumah adalah kenaikan harga. Artinya harga tanah, ruko maupun rumah setiap tahun mengalami kenaikan.

Ada beragam bentuk investasi properti yang dapat dipilih oleh investor. Contoh investasi jangka panjang berkaitan dengan properti yang bisa dipilih adalah tanah, sewa rumah, ruko, maupun apartemen.

Anda bisa menyesuaikan dengan dana atau modal yang dimiliki. Misalnya Anda memiliki modal cukup untuk membeli tanah dibandingkan dengan membangun rumah untuk disewakan, tentu saja investasi dengan pembelian tanah bisa dijadikan alternatif.

Dalam berinvestasi properti seperti menyewakan rumah, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya maintenance atau perawatan. Seperti pengecatan, penambalan jika ada yang bocor, dan lain-lain, tentu saja hal tersebut membutuhkan biaya tersendiri.

Contoh investasi jangka panjang seperti properti memang membutuhkan modal besar. Namun hal tersebut juga sebanding dengan keuntungan yang didapatkan, apalagi jika Anda melakukan penjualan properti.

Di sisi lain, investasi properti seperti menjual atau menyewa rumah memang tidak likuid atau mudah dicairkan. Artinya Anda perlu menunggu waktu untuk mendapatkan customer atau calon pembeli.

Anda bahkan harus melakukan promosi atau pemasaran di situs penjualan maupun penyewaan properti agar pembeli tertarik. Apalagi pembeli juga tentu saja membandingkan harga sewa maupun beli di pasaran.


Baca juga: Berikut ini 4 Keuntungan Investasi Properti


Saham Bisa Menjadi Instrumen Investasi Menggiurkan

Contoh investasi jangka panjang yang tidak kalah menggiurkan adalah saham. Saham memang dikenal sebagai instrumen investasi yang memberikan return sangat besar, tidak mengherankan jika investor tertarik berinvestasi.

Mengenai persentase imbal hasil, investasi saham bahkan bisa menawarkan keuntungan dengan persentase sebesar 20% per tahun. Sebaliknya, risiko yang harus ditanggung juga tinggi, aset investor dapat berkurang bahkan terburuknya bisa hilang seluruhnya.

Namun, sebagai seorang investor saham, tentu saja Anda perlu mempelajari ilmu dan strategi agar bisa mengelola dana saham. Hal ini juga bentuk untuk menghindari diri dari kerugian besar.

Saham tidak menawarkan perlindungan bagi investornya. Seluruh kerugian dan setiap pilihan yang diambil sepenuhnya tanggung jawab investor, maka dari itu sebaiknya tidak coba-coba dan lebih baik belajar terlebih dahulu jika berinvestasi saham.

Dalam berinvestasi saham, tentu saja Anda harus memilih perusahaan atau emiten bagus. Dalam arti kondisi fundamental perusahaan yang bersangkutan juga bagus dan berpotensi semakin berkembang ke depannya.

Misalnya memilih perusahaan yang produknya kita gunakan sehari-hari untuk kebutuhan rumah tangga. Seperti pasta gigi, sabun cuci, detergen, maupun makanan sehari-hari. 

Perusahaan yang produknya digunakan sehari-hari tentu saja sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Peluang untuk berkembang juga semakin besar.

Anda bisa memilih instrumen investasi untuk memenuhi tujuan finansial dalam kurun waktu lama. Beragam contoh investasi jangka panjang dapat dipilih sesuai dengan modal yang dimiliki.


Baca juga: Ingin Investasi Saham? Ini 5 Hal yang Harus Dipahami


Kembangkan Aset Bersama Modal Rakyat

Modal Rakyat adalah platform P2P Lending yang mempertemukan antara pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman modal usaha (borrower) dan juga lender atau pemberi pinjaman. Kami sudah berdiri sejak 2018 dan berhasil menyalurkan pinjaman sebesar 1 triliun Rupiah. Modal Rakyat juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Sebagai lender, Anda bisa mendanai mulai dari Rp25.000 saja. Anda juga akan mendapatkan keuntungan hingga 25% per tahun. Yuk, mendanai UMKM sekarang! Daftarkan diri Anda di sini dan gunakan kode promo BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis Rp25.000.

Bergabung juga dengan akun telegram Modal Rakyat untuk mendapatkan informasi peluang pendanaan paling update.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru