Finansial

Investasi Bitcoin: Ketahui Besarnya Risiko

Kabrina Rian Ferdiani-

15 Feb 2021

Investasi Bitcoin: Ketahui Besarnya Risiko

Investasi bitcoin layaknya instrumen lain selain memberi keuntungan juga mempunyai risiko yang wajib dipahami oleh seorang investor.

Butuh perjuangan ekstra disertai strategi khusus ketika benar-benar berkeinginan memperoleh profit. Ada beberapa sebab mengapa risiko tersebut bakalan menghantui terlebih ketika sedang bermain investasi. Sehingga ada baiknya mencari tahu serta segera menemukan solusi.

Berikut beberapa risikonya.


Baca juga: Curi 10 Tips Kehidupan yang Luar Biasa dari Elon Musk


Faktor Volatilitasnya Terbilang Tinggi Dibandingkan Instrumen Lain

Mata uang digital  tersebut akhir-akhir ini memang populer di Indonesia. Dalam waktu singkat peminatnya meningkat drastis karena terbukti mempermudah setiap transaksi serta dapat memberi keuntungan tinggi. Hanya saja memperolehnya butuh waktu lama serta tidak mudah apalagi jumlahnya relatif terbatas di dunia. 

Volatilitas menjadi risiko cukup sering terjadi serta dialami oleh banyak investor. Faktor tersebut memungkinkan Anda kesulitan memprediksi nilai bitcoin sedang naik atau turun. Kondisinya yang cukup fluktuatif serta sulit diprediksi lantas membuat banyak orang menganggapnya bukan mata uang. Kestabilan nilainya bahkan sulit diperoleh. 

Beberapa sebab sekaligus pemicu mengapa fluktuasi tersebut terjadi di antaranya ketika transaksi jual beli dengan harga besar. Transaksi inilah yang berpotensi membuat harga bitcoin merangkak naik bahkan cenderung ekstrim. Inilah yang kemudian disebut sebagai volatilitas di mana menjadi risiko paling sering terjadi serta sulit dihindari. 

Akibat faktor volatilitas cukup tinggi serta sulitnya menghindarinya maka menjadi sebab mengapa banyak investor bitcoin skeptis bakal mendapat untung. Kebanyakan dari mereka lebih memilih instrumen lain dengan tingkat kestabilan harga lumayan tinggi. Tentu investor berpengalamanlah yang mampu bertahan di tengah ketidakmungkinan seperti itu.


Seringkali Antusiasme Investor Hanya Sesat 

Selain dipengaruhi oleh faktor eksternal ternyata internal atau berasal dari diri investor juga ikut berpengaruh. Sangat disayangkan fenomena antusiasme sesat sering kali terjadi. Kebanyakan seseorang tertarik berinvestasi bitcoin dengan semangat membara lantaran terpikat dengan keuntungannya. Hanya saja itu tidak berlangsung lama atau sesaat belaka.

Karena masuk kategori investasi cryptocurrency, sering kali menjadi bubble atau antusiasme yang bakal meledak kapan saja terhadap bitcoin. Wajar apabila banyak orang investasi tersebut tidak akan berakhir baik justru sesuai harapan di awal.   

Kesulitan memahami inilah apalagi waktunya pendek membuat banyak investor kemudian tumbang satu-persatu. Bukannya untung justru Anda akan mendapat kerugian dalam jumlah relatif besar. 

Meski begitu, peluang mendulang untung dengan jumlah besar tetap terbuka lebar bagi Anda yang ingin berinvestasi di dalamnya. Hanya saja Anda harus benar-benar berpikir keras dalam memahami model investasi bitcoin tersebut. Selama Anda mampu menambah pengetahuan sembari sabar dalam prosesnya bukan tidak mungkin keuntungan tersebut bakal menghampirimu. 


Cukup Rentan Terjadi Suatu Penipuan 

Faktor keamanan menjadi pertimbangan penting tatkala ingin berinvestasi. Akan tetapi cukup disayangkan lantaran bitcoin menjadi instrumen investasi yang justru rentan penipuan. Alasan anonimitas menjadi sebab utamanya risiko penipuan tinggi. Di mana sulit diketahui siapa pembeli serta penjual dari mata uang elektronik tersebut. 

Dapat dikatakan jika hampir semua transaksi mata uang virtual tersebut dilakukan secara rahasia dengan identitas investor tersamarkan. Sebuah fenomena cukup ironis mengingat peminatnya sangat tinggi dengan tingkat keuntungan terbilang besar. Sehingga banyak oknum yang memanfaatkan guna melakukan transaksi jual beli secara ilegal. 

Masuk kategori cryptocurrency menjadikan bitcoin rentan di-hack oleh oknum tidak bertanggung jawab. Risiko inilah yang membuat banyak orang meragukan instrumen investasi tersebut. Walhasil banyak orang kemudian beralih ke instrumen investasi lain tidak kalah menjanjikan. Cukup disayangkan sebenarnya namun, hal tersebut sulit dihindari. 

Meski demikian, Anda harus ingat jika kini memilih wallet atau dompet virtual terpercaya menjadi salah satu solusi agar tetap aman berinvestasi. Memang kebanyakan masih anonim namun, tidak sedikit juga wallet yang mengharuskan pendaftar menyertakan identitas pribadi seperti foto hingga KTP. 


Baca juga: Cara Kerja Peer-to-Peer Lending dan Manfaatnya untuk Masyarakat


Lakukan Pendanaan UMKM sembari Mengembangkan Dana bersama Modal Rakyat

Ayo bantu pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mendapatkan modal usaha dan raih keuntungan.

Dengan modal mulai Rp25.000 saja Anda sudah bisa memberikan akses pinjaman modal bisnis untuk UMKM di Indonesia melalui Modal Rakyat. Selain itu, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 25% per tahun.

Gunakan kode promo BLOG25 dan mendapatkan saldo gratis Rp25.000 untuk mulai mendanai. Hubungi customer service kami melalui email di cs@modalrakyat.id untuk mengetahui syaratnya lebih lanjut. Follow Instagram Modal Rakyat di @modalrakyatid untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru