Finansial

Gaya Hidup

7 Langkah Capai Financial Freedom ala Tony Robbins

Kabrina Rian Ferdiani-

01 Apr 2021

7 Langkah Capai Financial Freedom ala Tony Robbins

Mencapai financial freedom atau kebebasan keuangan merupakan keinginan bagi banyak orang, mulai dari anak muda hingga orang tua. Meski uang bukan segalanya, tapi tetap saja kita membutuhkan uang untuk memenuhi berbagai keperluan hidup.

Selagi masih muda, tentu kita dituntut untuk bekerja keras agar bisa menikmati hasilnya lebih cepat. Tony Robbins memiliki trik khusus untuk bisa mencapai kebebasan keuangan yang bisa Anda contoh dan berikut penjelasan lengkapnya.


Baca juga: Serba Serbi Dana Darurat Yang Kamu Perlu Ketahui


Pensiun tidak harus berusia tua, kita bisa menciptakan kondisi di mana kita bisa pensiun di usia yang masih muda. Pensiun di sini tidak hanya berarti tidak bekerja, tapi kita sudah bisa memenuhi kebutuhan ke depan tanpa bekerja. 

Tentu saja butuh usaha lebih untuk bisa mengumpulkan uang yang dibutuhkan saat tidak mendapatkan penghasilan dari bekerja. Banyak tokoh-tokoh terkenal dengan berbagai kesuksesannya dalam mencapai kebebasan finansial, seperti Tony Robbins. 


Buat Keputusan Menjadi Seorang Investor, Bukan Konsumen

Jika Anda ingin memiliki mobil Mercedes, maka inginlah memiliki perusahaan Mercedes. Pernyataan tersebut merupakan gambaran bahwa jika Anda ingin mencapai financial freedom, maka berpikirlah untuk menjadi investor, bukan konsumen. 

Pikiran dan sikap sebagai investor harus kita contoh agar tidak mudah untuk menghamburkan uang hanya untuk membeli barang konsumtif, apalagi jika tujuan pembelian barang hanya untuk gaya hidup karena hal ini tentu merugikan Anda.

Saat Anda memiliki uang, jangan berpikir untuk menghabiskannya untuk membeli berbagai barang, apalagi jika tidak memerlukannya. Anda bisa memanfaatkan uang tersebut untuk berinvestasi atau modal usaha sehingga uang akan berkembang.


Jadilah Ahli Investor

Langkah sebelumnya telah membahas sedikit tentang pentingnya investasi dalam mencapai financial freedom. Berikutnya, kita diharuskan menjadi ahli investor agar bisa memaksimalkan keuntungan dari sistem investasi yang Anda pilih. 

Sebelum Anda mulai terjun di dunia investasi, disarankan untuk memahami aturan yang ada agar terhindar dari besarnya risiko investasi. Investasi bukan hanya dunia yang menguntungkan, tapi memiliki risiko besar jika Anda tidak tahu strateginya. 

Anda bisa mempelajari berbagai konsep investasi, baik investasi jangka pendek hingga jangka panjang. Sebelumnya, pastikan Anda memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan, seperti saham atau P2P Lending. 


Ciptakan Permainan yang Bisa Dimenangkan

Untuk mencapai financial freedom, Anda diharuskan memperhitungkan dengan pasti berapa dana yang dibutuhkan di masa depan. Kesalahan membuat angka mustahil untuk bebas finansial sering terjadi hingga membuat mereka menunda investasi. 

Itulah mengapa pentingnya menghitung uang pensiun yang dibutuhkan dengan mengetahui umur berapa Anda harus pensiun dan perkiraan usia hidup. Sekarang ini, sudah banyak aplikasi ponsel yang bisa membantu Anda menghitung angka tersebut. 

Robbins juga menggunakan aplikasi yang mampu memberikan saran tentang pola pengeluaran, proses menabung yang tepat dan membantu Anda untuk mengubah kebiasaan mengatur keuangan sehingga kebebasan finansial dapat tercapai.


Baca juga: Apa itu Investasi? Simak Ulasan Lengkapnya di Sini


Melakukan Evaluasi Alokasi Aset

Melakukan berbagai strategi atau teknik pengaturan keuangan tentu tidak akan berguna saat Anda tidak melakukan evaluasi. Setiap strategi atau teknik tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dievaluasi pada waktu tertentu. 

Untuk mencapai financial freedom, Anda harus membuat daftar keinginan agar semakin bersemangat. Pastikan Anda memilih cara dengan minim risiko, apalagi jika Anda tidak expert atau Anda bisa mempelajari hal tersebut dengan lebih proaktif.

Sebelum mantap untuk berinvestasi, Anda harus tahu alokasi aset yang paling sesuai dengan toleransi risiko yang bisa Anda terima. Jangan lupa melakukan evaluasi dalam kurun waktu tertentu untuk melihat efektivitas alokasi yang Anda jalankan.


Buatlah Rencana Pendapatan Seumur Hidup

Mengatur pendapatan menjadi bagian penting yang harus Anda perhatikan jika ingin mencapai financial freedom. Anda bisa menggunakan aset untuk memenuhi kebutuhan makan, berlibur atau lainnya karena aset bertujuan untuk masa depan. 

Percuma jika Anda memiliki banyak aset tapi tidak memiliki pendapatan sama sekali karena nantinya aset tersebut akan habis untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pada akhirnya, Anda yang akan kebingungan bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup. 

Oleh karena itu, pastikan Anda tetap memiliki pendapatan meski sudah tidak bekerja. Pendapatan pasif menjadi pilihan yang tepat karena Anda tidak perlu bekerja, misalnya dengan membangun kontrakan, deposit, investasi, dan lain sebagainya. 


Berinvestasi dengan Strategi

Investasi memang menjadi cara paling efektif untuk mencapai financial freedom dalam waktu dekat. Namun, tetap ada risiko yang harus Anda perhatikan agar tidak mengalami kerugian. Itulah mengapa Anda harus terus belajar tentang investasi. 

Setiap orang memiliki strategi dan tekniknya masing-masing untuk mendapatkan keuntungan dari investasi. Anda bisa mengikuti cara orang sukses di investasi untuk mengikuti kesuksesannya sehingga mampu mencapai keamanan dalam finansial. 

Jangan sembarangan belajar investasi karena Anda justru bisa menjadi korban oknum tidak bertanggung jawab. Pastikan Anda belajar pada orang yang tepat, yaitu orang yang mengerti investasi, terjun di dunia investasi dan sudah capai kesuksesan. 


Baca juga: 8 Rahasia Mencapai Karier Sukses di Masa Depan


Lakukan, Nikmati, dan Bagi

Banyak orang yang sudah merencanakan ini dan itu untuk mendapatkan uang. Tapi, banyak juga di antara mereka yang terlalu banyak mempertimbangkan tanpa melakukan aksi. Kondisi inilah yang membuat kekayaan Anda tidak berkembang. 

Untuk itu, cara yang paling cemerlang adalah memulai langkah tersebut hari ini dengan komitmen yang kuat dalam mempelajari langkah yang telah Anda pilih. Dengan begitu, kekayaan Anda akan berkembang dengan perhitungan yang matang. 

Setelah Anda memulai langkah tersebut sedikit demi sedikit, pastikan Anda menikmati setiap prosesnya. Tidak perlu terburu-buru untuk menikmati hasilnya karena Anda bisa melihat hasilnya setelah melakukan langkah dalam jangka panjang.

Jika Anda tertarik ingin melakukan investasi dalam bentuk P2P Lending, pastikan untuk memilih perusahaan yang tepat dan terpercaya. Dengan begitu, Anda bisa mencapai financial freedom sesuai dengan rencana keuangan Anda.


Kembangkan Aset Bersama Modal Rakyat

Modal Rakyat adalah platform P2P Lending yang mempertemukan antara pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman modal usaha (borrower) dan juga lender atau pemberi pinjaman. Kami sudah berdiri sejak 2018 dan berhasil menyalurkan pinjaman sebesar 1 triliun Rupiah. Modal Rakyat juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Sebagai lender, Anda bisa mendanai mulai dari Rp25.000 saja. Anda juga akan mendapatkan keuntungan hingga 25% per tahun. Yuk, mendanai UMKM sekarang! Daftarkan diri Anda di sini dan gunakan kode promo BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis Rp25.000.

Bergabung juga dengan akun telegram Modal Rakyat untuk mendapatkan informasi peluang pendanaan paling update.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru