Bisnis

Cara-Cara Gratis Mengiklankan Situs Web Bisnis Anda

Kabrina Rian Ferdiani-

17 Jun 2020

Cara-Cara Gratis Mengiklankan Situs Web Bisnis Anda

Mengiklankan situs web dapat menjadi beban besar bagi usaha kecil dengan anggaran pemasaran terbatas. Tapi tahukah Anda ada beberapa cara Anda dapat mengiklankan situs web Anda secara gratis?

Meskipun iklan gratis mungkin bukan yang Anda butuhkan, ini merupakan awal yang baik untuk bisnis apa pun. Berikut adalah cara-cara untuk mengiklankan dan mempromosikan situs web Anda secara gratis.


Baca juga: 5 Tren Bisnis Pasca Pandemi yang Perlu Anda Cermati


Tingkatkan SEO Anda

Salah satu cara gratis terbaik untuk mengiklankan situs web, adalah search engine optimization (SEO) atau optimisasi mesin pencari. Ini merujuk pada proses mengadaptasi halaman situs Anda, konten, dan desain untuk lebih menarik bagi mesin pencari.

Sementara banyak bisnis menghabiskan ribuan dolar per tahun mempekerjakan perusahaan SEO, kenyataannya adalah bahwa Anda mungkin dapat meningkatkan peringkat mesin pencari Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan judul setiap halaman di situs web Anda. Judul, yang disebut tag judul oleh spesialis SEO, adalah salah satu bagian terpenting dari informasi yang dilihat oleh mesin pencari untuk menentukan apa halaman tersebut dan kapan harus menunjukkannya sebagai jawaban atas permintaan di mesin pencari. 

Judul halaman adalah apa yang ditampilkan di tab di browser Anda dan seringkali itu sama dengan judul utama pada halaman Anda. Setiap halaman di situs Anda harus memiliki judul yang unik, sehingga memberi tahu pengguna, dan mesin pencari apa konten unik pada setiap halaman. Judul itu harus menjadi kata kunci atau frasa yang cenderung dicari oleh pelanggan Anda.

Jika Anda mengelola situs web Anda sendiri menggunakan WordPress atau beberapa sistem manajemen konten lainnya, Anda dapat memasukkan informasi judul saat Anda menambahkan halaman atau posting baru. Jika Anda memiliki orang lain yang mengelola halaman Anda, pastikan untuk memberi tahu mereka kata-kata apa yang digunakan untuk judul setiap halaman.

Jika Anda tidak yakin kata kunci apa yang digunakan untuk judul halaman Anda, Anda dapat menemukannya secara gratis dalam beberapa cara. Salah satunya adalah melalui alat perencana alat kata kunci Google. Anda harus mendaftar untuk Iklan Google untuk menggunakannya, tetapi Anda dapat mendaftar untuk Iklan Google secara gratis, dan kemudian menggunakan alat ini.

Selain menggunakan kata kunci dalam tag judul, Anda juga perlu menggunakannya dalam deskripsi Meta, subpos, tag alt gambar (deskripsi gambar), dan isi konten Anda.


Fokus pada Pemasaran Email

Pemasaran email memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan tentang produk, layanan, promosi, berita, dan banyak lagi. Agar mendapatkan hasil terbaik, pastikan untuk memasukkan tautan ke halaman situs web, blog, dan media sosial Anda di berbagai titik dalam komunikasi email Anda.

Jangan lupa untuk menyertakan ajakan untuk bertindak. Selain itu, perusahaan harus menahan diri untuk tidak menghubungi individu yang belum memilih untuk berlangganan daftar email atau buletin mereka.

Bertentangan dengan kepercayaan populer, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk upaya pemasaran email Anda. Faktanya, layanan seperti Mailchimp menawarkan opsi gratis untuk perusahaan yang tidak mengirim terlalu banyak email setiap bulan. Saat ini, usaha kecil dapat mengirim 12.000 email sebulan ke 2.000 pelanggan secara gratis.

Jika Anda sudah memiliki layanan pemasaran email dan daftar email, gunakan itu! Tetap berkomunikasi dengan pelanggan dan prospek secara teratur. Jika Anda hanya mengirim email kepada mereka sekali atau dua kali sebulan, Anda mungkin dapat meningkatkan frekuensinya tanpa mengeluarkan uang tambahan.


Aktif di Media Sosial

Sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan bahwa 43 persen bisnis kecil mengatakan media sosial adalah alat periklanan mereka yang paling efektif. Baik tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan, membangun merek, atau menyebarkan informasi, media sosial memungkinkan perusahaan untuk mengubah prospek menjadi pelanggan.

Secara khusus, UKM menemukan kesuksesan dengan menjalankan kontes, melakukan giveaway, memposting video, dan berinteraksi dengan pengikut mereka secara teratur. Meskipun sebagian besar situs media sosial mendorong Anda untuk membeli iklan untuk menjangkau audiens yang lebih luas atau lebih spesifik, hanya dengan aktif dan membangun pengikut yang baik cukup membantu Anda mendapatkan visibilitas dan membangun lalu lintas situs web tanpa biaya. 

Sementara Facebook dan Twitter tetap penting untuk promosi situs web, bisnis kecil saat ini memperluas kehadiran media sosial mereka untuk memasukkan Pinterest, Instagram, LinkedIn, dan YouTube.

Situs visual seperti Instagram sangat penting untuk bisnis yang menjual pakaian, make up, atau produk lain yang paling baik dijual melalui gambar.

Situs terpopuler kedua di dunia, YouTube, adalah tempat yang hebat dan bebas untuk mengirim video yang terkait dengan produk dan layanan Anda. Untuk hasil terbaik, pastikan posting dan video Anda menyertakan tautan kembali ke situs web Anda, tempat pelanggan dapat melakukan pembelian atau mengakses info lebih lanjut.


Sertakan Situs Anda di Media Cetak

Kartu nama dan selebaran tidak gratis, tetapi itu adalah materi promosi yang Anda gunakan secara teratur. Pastikan alamat situs web Anda ada di semua materi promosi, kemasan, surat, dan selebaran serta mudah ditemukan. Karena Anda sudah memiliki materi yang dicetak, Anda tidak perlu biaya tambahan untuk memasukkan URL situs web.


Baca juga: Memulai Bisnis Online, Kenali 5 Tantangan yang Harus Dihadapi

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru