Finansial

Gaya Hidup

Cara Hidup Hemat Agar Budget Bulanan Tidak Cepat Habis

Kabrina Rian Ferdiani-

07 Apr 2021

Cara Hidup Hemat Agar Budget Bulanan Tidak Cepat Habis

Belajar cara hidup hemat sangat penting untuk semua orang baik pelajar, remaja, orang tua dan semua kalangan masyarakat. Bukan sekedar agar memiliki banyak tabungan namun juga memiliki banyak manfaat menguntungkan.

Pembahasan kali ini tentang bagaimana bisa mengatur budget bulanan untuk belanja agar tidak cepat habisnya. Karena hal ini kerap kali membuat banyak orang merasa kesulitan sehingga menyebabkan kekacauan keuangan.


Baca juga: 5 Keuntungan Hidup Hemat yang Perlu Anda Tahu


Penyebab Uang Belanja Bulanan Menjadi Sangat Cepat Habisnya

Sebelum membahas bagaimana cara hidup hemat yang baik dan benar untuk mengatur uang belanja bulanan. Hal utama adalah mempelajari apa saja penyebabnya sehingga Anda bisa mencegah kemudian mencari solusinya.

Langsung berbelanja banyak

Pernahkah Anda langsung berbelanja banyak, apapun yang diinginkan pasti langsung dibeli saat menerima uang belanja? Jika benar seperti ini sebaiknya rubah kebiasaan seperti ini karena membuat uang cepat habisnya.

Berbelanja banyak untuk kebutuhan satu bulan dimaklumi namun jika konsumtif tentu harus dipertimbangkan ulang. Jangan sampai kerena pegang banyak uang membuat Anda lupa jika harus dipakai untuk satu bulan kedepan.

Budget digunakan untuk hal lain

Banyak orang sulit menerapkan cara hidup hemat jika budget yang disiapkan justru digunakan untuk hal lain. Misalnya jatah untuk minggu depan dipakai dulu untuk kebutuhan jajan tambahan minggu ini.

Jika sudah seperti ini sebenarnya Anda mengacaukan sendiri budget yang sudah disusun rapi setiap minggunya. Penyebab sederhana seperti ini kerap kali tidak disadari sehingga membuat pusing sendiri saat sudah habis.

Tidak disiplin pada jatah harian

Mengatur budget belanja untuk sebulan sebenarnya dimulai dengan kedisiplinan setiap harinya. Sudah ditentukan jatah harian namun Anda tidak disiplin kemudian mengambil jatah hari berikutnya dan begitu seterusnya.

Padahal cara hidup hemat bisa dimulai dengan catatan per harinya sehingga membuat Anda menjadi lebih disiplin. Jatah harian menjadi kunci kesuksesan mengatur keuangan untuk satu bulan kedepan.

Tidak langsung membayarkan tagihan

Penyebab lainnya sulit menerapkan cara hidup hemat karena tidak langsung membayarkan tagihan-tagihan dan menggunakan untuk hal lain. Ketika jatah tagihan harus dibayarkan uangnya sudah habis kemudian Anda mengambil budget bulanan.

Kebiasaan seperti ini jangan diabaikan namun harus dirubah disiplinnya agar tidak menganggu jatah lainnya. Tagihan meskipun belum jatuh tempo tanggalnya namun sudah ada uangnya lebih baik segera dibayarkan saja.


Baca juga: Hidup Hemat ala Orang Jepang ini Bikin Cepat Kaya


Cara agar Jatah Bulanan Dikelola dengan Hemat dan Baik

Setelah memahami apa saja penyebabnya membuat Anda menjadi lebih mudah mempelajari cara hidup hemat. Ikuti beberapa cara dibawah ini agar jatah uang belanja bulanan bisa dihemat dan dikelola dengan baik.

Susun pengeluaran bulanan dari awal

Cara paling efektif adalah dengan membuat susunan jatah pengeluaran sebulan untuk disesuaikan penghasilannya. Jangan berharap gaya hidup berlebihan jika penghasilan masih pas-pasan sehingga harus dikelola dengan baik.

Catatan susunan pengeluaran setiap bulan bisa dicatat dari berapa jatah untuk memasak harian. Sampai jatah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya dan juga kebutuhan listrik setiap bulannya.

Hemat listrik dan air

Cara hidup hemat juga bisa dimulai dengan lebih hemat penggunaan listrik dan air untuk kebutuhan sehari-hari. Gunakan lampu hemat listrik, segera matikan televisi jika sudah tidak dilihat, pertimbangkan penggunaan AC.

Begitupun dengan air jika memakai PDAM tentu harus bijak menggunakannya setiap harinya. Jangan membuang air untuk hal-hal tidak perlu karena setiap liter yang dipakai harus dibayarkan apalagi jika tarifnya mahal.

Cari harga paling murah sebelum membeli

Mengelola uang belanja bulanan untuk cara hidup hemat adalah dengan mencari harga paling murah sebelum membeli. Misalnya daripada membeli ecer lebih baik membeli di toko grosir agar selisihnya dapat dimanfaatkan.

Meskipun selisih harga hanya Rp 1.000 saja jika membeli dalam jumlah banyak untuk satu bulan jelas terasa. Jangan malu untuk melakukan perbandingan dan mencari harga termurah demi menjaga keuangan Anda.

Jangan suka membeli makanan online

Cara hidup hemat yang perlu diterapkan saat ini adalah dengan jangan suka membeli makanan online. Selisih antara membeli makanan dengan memasak sendiri cukuplah banyak sehingga dapat Anda bandingkan.

Lebih baik memasak sendiri sehingga bisa mendapatkan makanan lebih banyak porsinya daripada membeli. Banyak resep masakan di internet jadi silahkan belanja bahannya saja kemudian luangkan waktu untuk memasak.


Baca juga: 3 Jurus Menabung ini adalah Cara Hidup Hemat


Tips Menabung dengan Cara Menghemat Jatah Bulanan

Kalau Anda berhasil menerapkan cara hidup hemat maka dapat menabung sedikit demi sedikit tanpa terasa. Bahkan keuangan bulanan menjadi aman dan tidak pusing karena sudah kehabisan uang belanja sebelum sebulan.

Gunakan tips sederhana menabung dari uang belanja yang berhasil dihemat salah satunya dengan menyimpan uang koin. Jangan sepelekan kembalian yang didapatkan dari belanja berupa uang koin atau uang recehan.

Simpan saja uang koin tersebut ke dalam satu tempat khusus seperti toples dan kumpulkan sedikit demi sedikit. Jika Anda telaten bisa mendapatkan hasil cukup banyak hanya dari cara hidup hemat.

Selain itu Anda juga bisa menabung uang sisa belanja harian yang khusus untuk budget hari tersebut. Misalnya sehari dijatah Rp 50.000 dan ada sisa Rp 7.000 maka harus disimpan sendiri.

Kumpulkan sisa belanja harian tersebut selama satu bulan dan jika sudah banyak masukkan ke dalam tabungan sendiri. Tabungan tersebut menjadi jatah Anda yang mengatur keuangan sebagai dana darurat tersendiri.

Tips menabung penting untuk diingat dari uang belanja yaitu harus telaten mencari selisih kecil dari sisa belanja. Jangan ragu menabung meskipun hanya dari receh karena jika dikumpulkan hasilnya banyak juga.

Mengatur uang belanja bulanan sangat penting dilakukan jika tidak ingin kesulitan keuangan dalam satu bulan. Terapkan cara hidup hemat agar bisa cukup selama sebulan dan masih mendapatkan sisa tabungan.


Kembangkan Aset Bersama Modal Rakyat

Modal Rakyat adalah platform P2P Lending yang mempertemukan antara pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman modal usaha (borrower) dan juga lender atau pemberi pinjaman. Kami sudah berdiri sejak 2018 dan berhasil menyalurkan pinjaman sebesar 1 triliun Rupiah. Modal Rakyat juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Sebagai lender, Anda bisa mendanai mulai dari Rp25.000 saja. Anda juga akan mendapatkan keuntungan hingga 25% per tahun. Yuk, mendanai UMKM sekarang! Daftarkan diri Anda di sini dan gunakan kode promo BLOG25 untuk mendapatkan saldo gratis Rp25.000.

Bergabung juga dengan akun telegram Modal Rakyat untuk mendapatkan informasi peluang pendanaan paling update.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru