Bisnis

Cara Membuat Hobi Jalan-Jalan Menjadi Ladang Penghasilan

Kabrina Rian Ferdiani-

30 Mar 2020

Cara Membuat Hobi Jalan-Jalan Menjadi Ladang Penghasilan

Bekerja atau mencari uang, umumnya identik dengan pekerjaan di dalam gedung atau kantor. Padahal, buat kamu yang hobi travel ada loh cara mengembangkan karir tanpa meninggalkan hobi jalan-jalan tersebut. Malahan, dengan profesi-profesi ini, hobi kamu tersebut bisa menjadi ladang penghasilan.


Baca juga: 6 Ide Bisnis yang Bisa Dimulai dengan Bermain Musik


Tour Guide

Yes! Apalagi profesi yang paling dekat dengan berwisata dan travel selain menjadi tour guide? Kalau kamu sudah hapal seluk beluk tempat wisata yang menarik, serta fakta-fakta mengenai tempat wisata tersebut, maka profesi ini cocok untukmu.

Dengan menjadi tour guide, kamu bisa bepergian ke banyak tempat. Bukan hanya gratis, tapi juga dapat bayaran! Menyenangkan, bukan? Tapi tentunya, untuk menjadi seorang tour guide berkualitas, kamu juga harus memiliki beberapa kemampuan khusus.

Senang Bertemu Banyak Orang Baru

Saat menjadi seorang tour guide, kamu mungkin akan bertemu dengan orang-orang baru yang haru kamu pandu selama berwisata. Tentunya, kamu tidak boleh besikap canggung, kikuk, apalagi gugup. Kamu harus memiliki kepribadian ramah dan terbuka. Pastinya, selain jalan-jalan, kamu juga senang bertemu dan berkomunikasi dengan orang-orang baru.

Memiliki Kemampuan Storytelling

Selama memandu para wisatawan selama dalam perjalanan wisata, tentunya kamu harus bisa bercerita mengenai beragam hal menarik terkait dengan objek wisata tersebut. Baik mengenai legendanya, budaya masyarakat setempat, atau informasi menarik lainnya.

Oleh karena itu, kamu juga wajib memiliki kemampuan storytelling atau bercerita dengan baik. Sehingga, para wisatawan yang kamu pandu dapat menyimak informasi yang kamu berikan dengan perasaan tertarik dan senang. Tentunya cara kamu bercerita juga bisa jadi bekal yang berkesan jika kamu membawakannya dengan tepat.


Jasa Titip (JasTip)

Senang jalan-jalan ke banyak tempat dan sering dititipi oleh-oleh sama teman? Kalau begitu, cocok sekali kalau kamu membuka jasa Jastip atau jasa titip pembelian barang. Saat ini, profesi jastip termasuk profesi yang familiar di kalangan milenial. Apa lagi mengingat bahwa aktivitas traveling yang sudah jadi gaya hidup milenial.

Pastinya saat menjalankan usaha jastip, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  • Sebelum membelikan produk yang diinginkan, pastikan kamu sudah memberikan gambaran barang sesuai dengan aslinya. Baik dari ukuran, warna barang, serta jenis bahan. Berikan informasi seakurat mungkin. Akan lebih baik jika disertai gambar atau bahkan video produk. Hal ini untuk mencegah kekecewaan pelangganmu jika mereka mendapati produknya tidak sesuai yang mereka bayangkan.
  • Pastikan kamu mendapatkan barang dengan kualitas baik. Karena, tentunya akan sangat sulit mengembalikan produk yang cacat setelah kamu kembali ke rumah. Terutama bila barang itu kamu beli di luar pulau atau luar negeri yang sangat jarang kamu kunjungi.
  • Kalau kamu membeli barang di luar negeri, pastikan kurs mata uang yang kamu gunakan sudah tepat. Hitung juga biaya-biaya yang akan dikenakan untuk mendapatkan produk titipan tersebut. Pastikan bahwa harga yang kamu berikan sudah termasuk fee pembelian, ongkos kirim dan juga pajak apabila produk yang kamu beli termasuk dalam barang kena pajak. Jangan sampai nombok, ya.


Jurnalis

Profesi jurnalis dan reporter merupakan profesi dengan mobilitas tinggi. Jika kamu yang memiliki hobi jalan-jalan dan juga menulis, mungkin kamu akan cocok jadi jurnalis. Jangan lupa, kamu juga harus memiliki daya pikir kritis dan memiliki wawasan luas mengenai topik yang akan kamu beritakan.

Agar dapat menjalani profesi ini dengan baik, kamu wajib punya rasa ingin tahu yang tinggi, berbadan sehat dan pandai melakukan teknik wawancara alias mengorek informasi. Jadi, kalau kamu sering kepo dan pintar mengorek perspektif orang lain, bisa jadi ini profesi yang cocok untukmu. Tentunya dalam bekerja, wartawan harus mengikuti kode etik jurnalistik yang telah ditentukan. Tidak bisa asal bermodalkan rasa ingin tahu saja.


Fotografer

Punya hobi jalan-jalan sambil memotret? Kalau begitu, profesi fotografer akan cocok sekali buat kamu. Sambil menyelam minum air, sambil menjalankan semua hobimu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan selangit.

Bukan rahasia lagi kalau profesi fotografer saat ini merupakan profesi bergengsi dengan bayaran menggiurkan. Pasalnya, jika kamu mendapatkan proyek pemotretan ke tempat-tempat wisata dalam dan luar negeri, bukan saja kamu bisa traveling gratis, kamu juga bisa mendapatkan bayaran tinggi.

Saat ini ada banyak sekali momen yang sering diabadikan lewat fotografi. Bahkan pada beberapa event, pemotretan sudah menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Misalnya pada momen-momen:

  • Ulang Tahun
  • Wisuda
  • Buku tahunan
  • Hari Raya
  • Reuni
  • Lamaran
  • Prewedding
  • Pernikahan
  • Bulan Madu
  • Babymoon
  • Maternity Shot
  • Baby shower
  • Kelahiran
  • Foto tahun baru keluarga
  • Foto squad dll.

Dengan semakin berkembangnya pemotretan sebagai gaya hidup, maka lahan bisnis fotografi pun kian basah dan menjanjikan penghasilan wah!


Pramugari/a

Ingin terbang ke berbagai negara di penjuru dunia? Jadilah pramugari atau pramugara! Bahkan bisa jadi, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di udara ketimbang di daratan. Khusunya, jika kamu bekerja untuk maskapai yang melayani penerbangan internasional dan memakan waktu penerbangan hingga belasan jam.

Untuk menjadi seorang pramugari, kamu harus memiliki fisik yang ideal dan sehat. Tentunya kamu juga tidak boleh takut ketinggian. Seorang pramugari juga harus memiliki kemampuan berbahasa asing, minimal Bahasa Inggris aktif. Selain itu, kamu juga harus bisa bersikap ramah, berjiwa melayani, dan cekatan dalam membantu para penumpang.

Ingat, seorang pramugari juga harus tetap tenang dan jangan mudah panik, karena tugas seorang pramugari adalah menenangkan setiap penumpang dalam kondisi seperti apa pun, Mulai dari saat pesawat hendak terbang (boarding) hingga pesawat kembali mendarat (landing).

Keuntungannya? kamu akan mendapatkan gaji dan tunjangan yang terbilang lumayan, dan terus meningkat sesuai masa kerja dan jabatanmu. Kamu juga bisa jalan-jalan gratis dan berkunjung ke banyak tempat. Tentunya kamu akan memiliki banyak pengalaman berharga yang bisa kamu banggakan, seperti misalnya mengunjungi tempat wisata yang sangat indah, atau bertemu public figure idolamu, yang merasa terbantu dengan jasamu sebagai pramugari/a.

Pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan hobi jalan-jalanmu tentunya mobilitasnya sangat tinggi. Tapi, jangan sampai kesibukan menjadikanmu lalai mempersiapkan masa depan, ya! Mari berinvestasi melalui reksa dana di Ajaib. Melalui jasa para manajer investasi yang berpengalaman di bidangnya, kamu hanya perlu memilih produk berdasarkan toleransi risiko, lalu mempercayakan dana minimal Rp10.000 untuk dikelola.

Kamu pun dapat bekerja dan jalan-jalan dengan tenang, mengetahui bahwa hasil jerih payahmu berada pada tangan yang tepat.


Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Endorsement di Instagram

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru