Bisnis

Cara Mendapatkan Uang dari Endorsement di Instagram

Kabrina Rian Ferdiani-

02 Mar 2020

Cara Mendapatkan Uang dari Endorsement di Instagram

Jika Anda memiliki pengikut yang sedikit di Instagram sekarang, Anda tetap dapat menghasilkan uang dari Instagram. Anda dikenal sebagai mikro influencer. Influencer mikro bisa mendapatkan uang dari endorsement di Instagram.

Mikro influencer adalah segmen populasi influencer Instagram yang biasanya didefinisikan memiliki jumlah pengikut yang rendah jika dibandingkan dengan pemain besar. Mereka mempertahankan pengidentifikasi "influencer" karena keberhasilan mereka dalam sebuah niche dan karena memiliki audiens yang terlibat.

Lalu, bagaimana cara seorang influencer mikro mendapatkan uang dari endorsement? Berikut pembahasannya.

 

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Uang Menggunakan Media Sosial

 

Branding adalah segalanya

Influencer menjadi populer karena orang mengasosiasikannya dengan sesuatu yang spesifik. Idenya adalah bahwa akun Instagram yang berpengaruh berfokus pada satu hal dan melakukan pekerjaan dengan sangat baik.

Sejauh apa influencer secara khusus dikenal dalam proses branding? Ini bisa jadi karena jenis foto yang mereka posting, gaya foto, tema dan tampilan yang unik, atau hal-hal yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Influencer mendapatkan kepercayaan dari audiens mereka karena pengikut ini melihat influencer sebagai pembuat selera atau 'ahli' di bidang itu. Akibatnya, pemilik bisnis online suka bekerja dengan influencer. Ini karena influencer mikro mewakili target audiens brand.

Jika Anda ingin mendapat tawaran endorse selebgram dari brand di Instagram, mulailah dengan mendefinisikan brand pribadi Anda secara menyeluruh. Karena itu, jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai jenis konten, seperti berbagai jenis gambar, video, IG TV dan story. Ini juga dianggap ideal untuk memposting konten dengan brand Anda sendiri.

 

Posting secara konsisten

Jika Anda serius mempelajari cara mendapatkan uang dari endorsement di Instagram, Anda perlu memahami bahwa harus ada tingkat konsistensi dalam posting Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari pengikut Anda. Selain membangun kepercayaan, aktivitas ini juga diperlukan untuk penempatan yang menguntungkan dengan pembaruan algoritma terbaru Instagram.

Untuk mencapai konsistensi, posting setidaknya sekali sehari, atau beberapa kali dan dipisahkan oleh beberapa jam untuk mendapatkan engagement dan like terbaik. Benar-benar tidak ada angka ajaib untuk membidik sejumlah posting untuk setiap hari, tetapi membantu memposting kapan saja antara 8--9 pagi dan 2 pagi di zona waktu lokal Anda.

 

Kembangkan Follower Anda

Bagaimana cara khusus mengembangkan pengikut Anda akan tergantung pada industri Anda, audiens, dan bahkan kepribadian Anda. Apa pun itu, pertimbangkan untuk mengadopsi praktik terbaik Instagram berikut untuk membantu ketika Anda memulai:

Tagar atau Hashtag

Tagar mengkategorikan konten dan membuatnya lebih mudah ditemukan. Berdasarkan penelitian, konten dengan setidaknya memiliki satu tagar mendapat hingga 12,6% lebih banyak engagement. Anda dapat menambahkan hingga 30 tagar per posting, tetapi TrackMaven telah menemukan bahwa 11 adalah tagar yang paling optimal.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan tagar yang terlalu luas. Karena kebanyakan orang menggunakannya, ada kemungkinan posting Anda tidak akan terlihat. Berpikir strategis dalam hal penggunaan tagar dan dapatkan ide terbaik dari panduan tagar.

Tingkatkan Tampilan Feed Anda

Sebagai pemberi pengaruh Instagram, Anda harus bekerja pada koherensi feed Anda sehingga orang ingin mengikuti Anda. Mereka akan mengikuti Anda karena Anda memiliki konten yang luar biasa.

Lebih sering daripada tidak, orang-orang mengikuti halaman Instagram karena menawarkan estetika tertentu yang mereka sukai. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tampilan umpan Instagram Anda.

Tema: pikirkan dalam hal akun Instagram yang didedikasikan untuk kucing, bayi, atau pantai.

Mood: Tampilan atau rasa tertentu yang menginspirasi, seperti pastel yang gelap, berwarna-warni, pudar.

Sejajarkan skema warna Anda dengan suasana hati yang Anda pilih. Gunakan filter dengan keterlibatan yang tinggi. Studi menunjukkan bahwa filter Hefe, Rise, Mayfair, dan Valencia menghasilkan respons atau keterlibatan terbanyak.

Gunakan Geotag

Instagram memungkinkan Anda untuk menambahkan geotag ke setiap posting, yang menunjukkan tempat fisik yang terkait dengan posting Anda. Ini memungkinkan pengguna tertarik pada suatu tempat untuk melihat apa yang diposkan orang lain tentangnya. Jika foto Anda menarik, orang mungkin akan melihat.

 

Tapi Jangan Abaikan Tingkat Keterlibatan Anda

Cobalah membalas komentar pada posting Anda dan mengunjungi halaman pengikut Anda untuk meninggalkan komentar pada posting mereka juga. Anda juga dapat memilih untuk bergabung dengan pod komentar Instagram, yang merupakan grup rahasia tempat orang saling mengirim pesan ketika salah satu pos mereka ditayangkan.

Dari sana, anggota suka dan mengomentari pos masing-masing, yang meningkatkan keterlibatan untuk semua anggota.

 

Pastikan Perusahaan Tahu Anda Bersedia Bekerja dengan Mereka

Anda mungkin memiliki beberapa ribu pengikut, tetapi tidak ada brand yang menjangkau Anda. Jika Anda ingin bekerja dengan sebuah brand, Anda harus memperjelas niat Anda bahwa Anda tertarik untuk melakukannya.

Pastikan memberi tag brand yang Anda sukai saat mempostingnya sendiri. Untuk mendorong mereka menghubungi, tambahkan informasi di bio Anda mengenai di mana merek dapat menjangkau Anda untuk peluang promosi.

Sangat membantu untuk menambahkan halaman pers ke blog / situs web Anda sehingga mereka tahu Anda tertarik pada kemitraan jika mereka memutuskan untuk melihat ke halaman Instagram Anda.

 

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Ketika Anda Tidur

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru