Finansial

Cara Menabung Efektif untuk Karyawan dengan Gaji Kecil

Kabrina Rian Ferdiani-

11 Sep 2020

Cara Menabung Efektif untuk Karyawan dengan Gaji Kecil

Gaji bukan lagi penghalang untuk mewujudkan target Anda dengan memperhatikan cara menabung yang tepat dan efektif. Ada berbagai cara bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan dengan baik. Manajemen keuangan adalah hal penting yang harus diperhatikan untuk mencapai target atau goal Anda.

Banyak karyawan mengeluhkan gaji kecil, sehingga tidak bisa menyisihkan uangnya untuk ditabung. Padahal, ada banyak cara bisa Anda lakukan tanpa harus menyalahkan keadaan. Pengelolaan keuangan sangat penting untuk menjaga kondisi finansial tetap stabil. Tanpa adanya manajemen, tidak mungkin keuangan Anda berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk mencapai goal yang ditargetkan, Anda bisa menerapkan cara menabung berikut. Banyak orang berpikir bahwa mereka bisa traveling ke luar negeri memiliki penghasilan besar. Hal ini tidak berlaku untuk mereka yang bijak dan mengelola keuangan dengan baik. Siapa saja bisa menikmati liburan meskipun penghasilannya kecil, termasuk para karyawan.


Baca juga: Stop 7 Kesalahan Cara Menabung Berikut ini!


Manajemen Keuangan yang Baik dan Teratur

Manajemen keuangan adalah hal utama harus dilakukan oleh semua orang. Keuangan selalu mengalami perubahan drastis, terutama bagi karyawan yang gajinya bulanan. Saat gaji Anda keluar, buatkan rencana pengeluaran selama satu bulan kedepan. Rencana tersebut menjadi manajemen awal untuk membagi kebutuhan dan pengeluaran.

Rencana pengeluaran pokok diantaranya, untuk makan, listrik, transport, sewa kost, dan sebagainya. Cara menabung ini sangat efektif bagi para karyawan yang memiliki gaji bulanan kecil. Dalam membuat rencana tersebut, pisahkan antara kebutuhan primer dan sekunder agar Anda bisa memilihnya dengan mudah.

Gaji tidak menjadi patokan selama manajemen keuangan Anda baik dan teratur. Dalam penerapannya, Anda harus mengekang diri agar tidak konsumtif. Salah satunya dengan membuat bekal makanan sendiri, tidak membawa rekening saat keluar rumah, tidak sering mengunjungi swalayan atau restoran mahal, dan sebagainya.


Baca juga: Latte Factor yang Wajib Bikin Milenial Waspada


Belajar Menyisihkan Uang dengan Berinvestasi

Ada banyak cara menabung bisa Anda terapkan, salah satunya dengan berinvestasi. Biasanya menabung uang bisa dilakukan via Bank dengan membuka rekening khusus. Atau jika Anda masih menyukai cara manual, bisa menggunakan celengan khusus untuk menyimpan yang logam sisa belanja.

Cara menabung modern sangat populer saat ini adalah berinvestasi P2P Lending. Investasi merupakan kegiatan menyisihkan uang melalui instrumen yang dipilih dari platform yang menyediakannya. Instrumen investasi paling cocok untuk karyawan dengan gaji kecil adalah P2P Lending.

P2P (Peer to Peer) Lending adalah investasi yang dilakukan dengan cara menanamkan modal kepada pelaku UMKM sebagai modal tambahan. Tidak adanya minimal uang yang diberikan, sehingga tidak memberatkan Anda saat berinvestasi. Setiap tahun keuntungan yang diperoleh bisa mencapai 15% sampai dengan 25%.

Investasi menjadi cara menabung paling tepat untuk mencapai keinginan atau goals. Selain untuk berlibur, Anda juga bisa merencanakan pendidikan melalui investasi sejak dini. Investasi bisa menjamin masa depan saat usia tidak lagi produktif, karena ada banyak jenis investasi jangka panjang yang bisa Anda pilih.


Rencanakan Goal yang Akan Dicapai

Setelah mulai menabung atau berinvestasi, Anda pasti memiliki goal yang ingin dicapai. Jika goals Anda ingin berlibur, rencanakan destinasi yang akan dikunjungi sejak awal. Hal ini bertujuan untuk menargetkan uang yang harus terkumpul, termasuk untuk penginapan, tiket kereta dan sebagainya.

Goal juga bisa berupa rencana masa depan, salah satunya untuk melanjutkan pendidikan. Rencanakan perguruan tinggi, akomodasi, dan kebutuhan lainnya sejak awal. Perencanaan goal ini termasuk cara menabung yang efektif agar masa depan Anda tetap cerah dan meraih cita-cita yang diinginkan.

Agar target yang dicapai sesuai rencana, cari tahu informasi mengenai goal Anda tersebut. Ada berbagai informasi yang bisa menjadi acuan, diantaranya website, media sosial, televisi, dan sebagainya. Jika ada program beasiswa atau promo, Anda bisa mencoba kesempatan tersebut untuk meringankan biaya pengeluaran.


Cek Status Tabungan Secara Berkala dan Lakukan Evaluasi

Jika semua cara menabung diatas sudah dilakukan, selalu pantau perkembangan tabungan Anda. Status dana yang terkumpul harus mengalami kemajuan dari setiap waktu. Jika tidak ada perubahan, lakukan evaluasi untuk memperbaiki keuangan dengan cepat. Evaluasi sangat penting untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin tidak sengaja dilakukan.

Pengecekan tabungan atau investasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan gadget. Di zaman modern ini, semua kegiatan bisa dilakukan secara online sehingga tidak memberatkan seseorang. Anda bisa membuka akun investasi yang dipilih secara berkala, dan menilai perkembangan dana tersebut.

Setelah melakukan evaluasi, keuangan menjadi terpantau kembali dengan stabil. Meski sudah menerapkan cara menabung yang benar, namun tidak dilakukan evaluasi, finansial Anda mungkin berantakan. Oleh karena itu, selalu cek status tabungan dengan teliti dan berikan evaluasi terhadap kesalahan atau kekurangan yang ada.


Melatih Diri untuk Hemat dan Tidak Konsumtif

Cara menabung yang paling utama adalah mengendalikan diri sendiri. Jika dalam diri masih ada sifat konsumtif, akan sulit mewujudkan goal Anda. Hal ini dikarenakan keinginan yang tidak bisa ditekan demi membeli kebutuhan yang tidak dibutuhkan. Cara menghindari sifat boros adalah dengan berinvestasi.

Jangan membawa rekening tabungan saat bersama teman atau keluar rumah. Cara ini untuk mencegah penggunaan uang yang tidak masuk dalam list pengeluaran. Mengendalikan diri memang sulit, namun seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa dengan hidup hemat dan tidak konsumtif.

Sebagai upaya untuk memfasilitasi karyawan yang ingin berinvestasi, Modal Rakyat menyediakan layanan P2P Lending. Investasi online ini sangat mudah dan fleksibel, tanpa minumum dana. Cara menabung dengan investasi P2P Lending bisa mendatangkan profit 15% sampai dengan 25% setiap tahunya.


Baca juga: Ingin Menikah dalam Setahun, Siapkan Biaya dengan 7 Cara Menabung Ini

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru