Finansial

Hadapi Resesi, Ini 7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet!

Kabrina Rian Ferdiani-

07 Oct 2020

Hadapi Resesi, Ini 7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet!

Mengingat prediksi pertumbuhan ekonomi di Q3 negatif, maka di bulan Oktober ini kita sudah memasuki resesi. Resesi adalah keadaan dimana pertumbuhan ekonomi suatu negara negatif selama dua kuartal berturut-turut. 

Di tengah masa sulit seperti resesi, salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah mempertahankan sumber penghasilan, serta mencoba cari celah lain untuk memperoleh uang.

Karena pandemi membatasi kita untuk mencari sumber penghasilan secara fisik, pilihan alternatifnya adalah mendapatkannya secara online. Yuk simak 7 cara dapat uang dari internet berikut! 


Baca juga: 5 Tanda Anda Memiliki Masalah dalam Pengeluaran


Sebelumnya, apa sih yang dibutuhkan?

Beberapa cara mendapatkan uang dari internet bisa dilakukan tanpa modal uang. Walaupun demikian, tentunya kamu tidak bisa menghasilkan uang tanpa beberapa skill berikut:

  1. Komunikasi yang baik

Keterampilan berkomunikasi yang baik diperlukan dalam menghasilkan uang dari internet. Entah itu mengkomunikasikan ilmu atau konten, atau mungkin sekedar komunikasi yang baik dalam memasarkan produk. 

  1. Mempunyai passion atau bidang yang kamu suka

Ini merupakan salah satu yang dibutuhkan dalam cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Ketika kamu mempunyai suatu passion atau bidang yang kamu suka, kamu bisa menekuni bidang itu. Dengan suatu keahlian dalam bidang tersebut, ada banyak yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya sebagai cara mendapatkan uang dari internet.

  1. Etika kerja yang baik

Orang yang memiliki etika kerja yang baik tentunya akan lebih berpeluang besar untuk bisa mendapatkan pekerjaan tambahan. Contohnya seperti profesionalisme yang tinggi, manajemen waktu yang baik, dan komitmen kepada pekerjaan.

7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Berikut 7 cara mendapatkan uang dari internet yang paling populer untuk pemula, kamu patut mencobanya dan melihat mana yang cocok untuk kamu.

1. Membuat konten

Di era yang serba digital, membuat konten bisa menjadi salah satu cara kamu menghasilkan duit. Beberapa ide yang bisa digunakan adalah membuat podcast, menjadi YouTuber, atau membuat konten di Instagram / Twitter. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memilih niche (topik) yang kamu suka dan ingin bahas di dalam konten kamu. Setelah itu, kamu bisa mendesain kontennya, dan terus konsisten dalam pembuatan konten. 

Setelah mempunyai pengikut dalam jumlah besar, kamu mungkin bisa mendapatkan uang melalui iklan berbayar dari pihak ketiga, atau peluang lainnya. Untuk itu, kamu bisa mempelajari bagaimana cara mendapatkan pengikut di sosial media yang kamu gunakan. 

2. Membuat blog

Serupa dengan konten, blog merupakan pembuatan konten versi tertulis. Kamu bisa mendapatkan pembaca melalui konten yang ditulis dengan baik, serta menargetkan kata kunci yang tepat. Pastikan kamu mengerti ilmu menulis konten serta SEO (social engine optimization), dimana keduanya bisa kamu pelajari melalui YouTube atau internet. 

Setelah itu, kamu bisa mendapatkan uang melalui blog dengan menyediakan ruang untuk iklan Google atau melalui membuka konten placement. Tentunya hal ini bisa dilakukan ketika kamu sudah konsisten menulis dan mempunyai pembaca / traffic yang banyak. 

3. Membuat bisnis sampingan

Kamu tidak harus bekerja untuk orang lain. Mungkin kamu bisa mencari ide usaha sampingan melalui internet. Jika kamu tidak mempunyai modal, kamu bisa memulai dengan menjadi agen dropshipper. 

4. Mencari pekerjaan lepas

Kamu bisa dengan mudah mencari pekerjaan lepas, entah sebagai penulis artikel, mengerjakan proyek desain, menjadi admin sosial media, menjadi penerjemah bahasa, dan lainnya. Ada baiknya jika kamu sebelumnya sudah menyiapkan portfolio dan CV yang bagus. 

Kemudian kamu bisa mencari lowongan pekerjaan dengan mengikuti akun loker, baik di Instagram atau grup Facebook. Kamu juga bisa mendaftar ke situs-situs atau aplikasi freelance seperti UpWork, Freelancer.com, dan lainnya. 

5. Menyediakan jasa konsultasi

Terutama bagi kalian yang sudah lebih ahli dalam bidang tertentu, kamu bisa membuka jasa konsultasi sampingan. Semisalnya kamu bekerja sebagai spesialis sosial media atau business analyst, kamu bisa menawarkan kepada akun bisnis lainnya tentang insights kamu. 

Tentunya untuk melakukan ini, kamu harus mempunyai pengalaman yang menunjukkan bahwa kamu memang berhasil mencapai suatu objektif. Dengan begitu, calon klien pun menjadi percaya kamu dan rela menerima jasa konsultasi kamu.

6. Mengajar kursus online

Kursus online bisa dalam segala macam. Semua orang pasti mempunyai keahlian. Mungkin sesederhana bisa berbahasa Inggris. Kamu bisa membuka kursus online kepada anak SD, SMP, atau bahkan SMA untuk bahasa Inggris. 

Atau kamu bisa menargetkan orang dewasa dan membuat webinar berbayar. Hal ini umum dilakukan untuk keterampilan digital (seperti copywriting, UI/UX design, data analytics, dan lainnya), juga untuk keterampilan memasak (terutama baking). 

7. Menjual barang bekas

Kamu tidak perlu pusing-pusing mencari barang yang ingin dijual. Cukup dengan mencari di gudang untuk barang bekas yang masih layak. Jika kamu mempunyai banyak pakaian yang masih layak pakai dan mungkin sudah kekecilan, kamu bisa membuka sebuah thrift store (toko yang menjual pakaian bekas) melalui Instagram. 

Tentunya kamu bisa menjual melalui online shop seperti Tokopedia atau Shopee, juga melalui sosial media kamu. Jangan lupa untuk melakukan riset harga pasaran ketika ingin menjual barang bekas yang kamu punya. Ada baiknya jika kamu juga mencantumkan keterangan apakah ada noda atau cacat pada barang tersebut untuk meningkatkan kepercayaan orang kepadamu. 


Baca juga: Tips Menabung Mudah yang Tak Lekang oleh Waktu


Sudah siap mendapat penghasilan tambahan?

Nah, melalui 7 cara mendapatkan uang dari internet tersebut, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan di tengah resesi. Hal ini bisa mengamankan keuangan kamu agar tidak ambyar jika terjadi suatu risiko seperti terkena PHK atau risiko penyakit yang tidak diinginkan. 

Selain dengan menambah sumber penghasilan, kamu juga bisa melindungi keadaan finansial kamu dengan menyisihkan sedikit saja dari uangmu per bulannya untuk perlindungan asuransi online Super You by Sequis Online. Hanya mulai dari Rp30.000-an saja, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis asuransi, mulai dari asuransi jiwa hingga asuransi kesehatan.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru