Finansial

Tips Menabung Mudah yang Tak Lekang oleh Waktu

Kabrina Rian Ferdiani-

02 Oct 2020

Tips Menabung Mudah yang Tak Lekang oleh Waktu

Apa yang terbesit dalam benak kamu saat mendengar tentang menabung? Hal ini bukan merupakan sesuatu yang asing tetapi sulit dilakukan. Bahkan, mayoritas orang selalu terpikir untuk menyimpan sebagian dana yang dimiliki sebagai simpanan masa depan. Namun, praktiknya justru sulit karena biasanya uang tiba-tiba habis tak bersisa.

Padahal, memiliki tabungan bersifat wajib bagi semua orang. Tenyata, penyebabnya tidak lain adalah ketidatahuan tentang tips menabung yang mudah tetapi efektif. Ada lima cara yang sederhana namun sangat ampuh untuk membuat kamu sukses memiliki dana simpanan. Apa saja metode-metode tersebut?


Baca juga: 6 Cara Paling Mudah dan Cepat untuk Top Up OVO Cash


Menanamkan Mindset dan Praktik Sedini Mungkin

Menabung sejatinya bergantung pada mindset dan kebiasaan. Jadi, memahami serta menanamkan manfaat memiliki tabungan sejak dini merupakan dasar yang sangat penting. Ketika kamu mengerti keuntungannya, maka praktik juga menjadi lebih mudah. Di sisi lain, mindset ini juga membuatmu lebih mudah melaksanakannya – tanpa paksaan.

Berbeda jika kamu dari awal tidak mengetahui atau kurang sepakat dengan manfaat dari menabung. Ujungnya, bukan hanya gagal menyisihkan uang untuk disimpan, kamu juga akan merasa tertekan dalam melakukannya. Hasilnya? Tabungan tidak terkumpul karena kamu tidak memiliki komitmen yang kuat untuk tidak memakainya.


Menerapkan Budgeting Ketat

Jika sudah memiliki mindset dan keinginan untuk menabung, tips selanjutnya adalah menerapkan budgeting atau perencanaan keuangan secara ketat. Tepatnya, fase ini adalah tindakan mendisiplinkan finansial kamu agar terarah sehingga tidak kesulitan menabung. Jumlahkan pemasukan totalmu lalu dikurangi pengeluaran dan sisanya untuk disimpan.

Ketika merencanakan pengeluaran, pastikan menghitung berdasarkan pos-pos berbeda. Contohnya pisahkan antara kebutuhan pokok dan sekunder, di luar pengeluaran yang bersifat tidak terduga. Usahakan perhitungan tersebut sudah serinci mungkin. Selanjutnya, kamu wajib mematuhi anggaran finansial yang sudah disusun tersebut.


Bijak dalam Transaksi Non Tunai

Metode pembayaran cashless yang beberapa tahun belakangan sangat populer – khususnya di kalangan milenial – di sisi lain dapat menyulitkan kamu dalam menabung. Kartu debit, kartu kredit, E-money dan semacamnya membuat pengguna berbelanja hingga lupa menghitung apakah pengeluaran tersebut masih dalam kategori wajar atau sudah berlebihan.

Tidak jarang pengguna transaksi non tunai mengalami defisit keuangan parah. Sebab itu, penting untukmu bijak ketika melakukan model transaksi cashless. Atur limit penggunaan sesuai dengan kemampuan finansialmu. Usahakan juga untuk selalu melunasi cicilan tepat waktu bagi pengguna kartu kredit dan layanan paylater.


Mengurangi Hangout dan Belanja

Menjaga kehidupan sosial agar berjalan dengan baik merupakan suatu keharusan. Tetapi, kamu juga harus memiliki kontrol yang baik untuk menyeimbangkan antara aktivitas sosial dengan kondisi keuangan. Sesekali hangout bersama teman dan mentraktir tidak masalah, tetapi jangan setiap hari yang membuat pengeluaranmu menjadi berkali lipat.

Selain kebiasaan nongkrong, tekan juga hasrat belanja yang suka membuat kantong kering. Baik shopping secara langsung di pusat perbelanjaan atau online shop. Belanja barang-barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Selalu prioritaskan asas manfaat ketika membeli sesuatu agar tidak berakhir membuang uang hanya demi barang tidak penting.


Menabung Sambil Berinvestasi

Terakhir, cari alternatif menabung yang profitable alias mendatangkan keuntungan. Selama ini, mayoritas masyarakat hanya mengenal konsep tabungan uang reguler dan deposito. Keduanya memberikan bunga tabungan sebagai keuntungan menyimpan uang pada lembaga terkait. Hanya saja, besaran bunga yang ditawarkan berbeda di mana deposito lebih besar.

Padahal, sekarang tabungan memiliki cakupan yang lebih luas. Konsep yang tengah digemari saat ini tidak lain menabung sambil berinvestasi. Meskipun deposito juga masuk dalam kategori investasi, namun model tabungan ini berbeda. Soalnya, dana disimpan tidak lagi dalam bentuk uang, melainkan saldo emas. Menarik sekali, ‘kan?

Jadi, kamu tetap menyetor uang pada vendor investasi tersebut yang langsung dikonversikan menjadi logam mulia emas dan tersimpan sebagai saldo tabunganmu. Setiap kali kamu menyetor, saldomu juga akan terus bertambah. Inilah konsep tabungan seru yang ditawarkan oleh vendor investasi emas berpengalaman dan kredibel, IndoGold.


Mengapa Harus Menabung Emas di IndoGold?

Lantas, apakah seperti tabungan pada umumnya di mana kamu mendapatkan bunga dari simpanan emasmu di IndoGold? Tidak ada bunga yang didapatkan tetapi kamu memiliki kemudahan lain. Kamu bisa menjual saldo emasmu pada sesama nasabah secara daring maupun offline dengan menariknya terlebih dahulu dalam bentuk batangan murni.

Melalui harga jual – beli real time pada website dan aplikasi IndoGold, kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk bertransaksi. Membeli pada harga termurah kemudian menjualnya pada kisaran harga tertinggi. Selisih harga itulah yang menjadi keuntungan kamu sebagai pengganti bunga. Mengingat harga emas terus melambung, profit ini lebih menggiurkan, ‘kan?

Mengapa harus IndoGold padahal banyak vendor investasi lain yang kini menawarkan konsep serupa?

  1. IndoGold itu berpengalaman karena sudah berdiri sejak tahun 1978 dan kredibel karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. IndoGold itu merangkul semua kalangan karena nasabah bisa berinvestasi dengan dana mulai Rp500,- saja.
  3. IndoGold itu tidak hanya menawarkan model tabungan emas tetapi juga cicilan di mana nasabah bisa mengunci harga terbaik untuk dilunasi pembayaran secara angsuran.
  4. IndoGold bisa diakses melalui PC maupun ponsel pintar dengan tampilan user friendly sehingga mudah dipahami berbagai kalangan.

Pada intinya, IndoGold merupakan mitra terbaik milenial dalam berinvestasi emas. Kamu cukup mendaftarkan diri sebagai nasabah secara daring, melakukan verifikasi data, lantas mulai bertransaksi. Membeli, menjual, dan menarik emas kapan saja dan di mana saja bisa dilakukan di IndoGold.

Selain itu, emas juga merupakan objek investasi yang stabil dalam setiap kondisi. Jadi, sangat aman bila dipilih sebagai opsi menabung. Tidak akan lekang oleh waktu, selalu menghasilkan profit mengingat harganya yang terus melonjak, terlebih di IndoGold bisa dimulai dengan modal kecil. Kalau ada investasi mudah menguntungkan, kenapa pilih yang susah?


Baca juga: Peer-to-Peer, Apartemen, atau Rumah? Pilih Mana, ya?

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru