Finansial

Bisnis

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet dengan 6 Langkah Mudah

Paskalia-

26 Aug 2019

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet dengan 6 Langkah Mudah

Internet rupanya tidak hanya sebagai pusat informasi tetapi juga ladang uang. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu tentang cara mendapatkan uang dari internet. Kini, ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih untuk mencari penghasilan via internet. Bahkan, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk bisa memulai karirmu. Cukup modal hotspot gratis, akun email, rekening bank serta gadget, kamu sudah bisa memulai panen uang dari internet. 


Baca juga: Memulai Bisnis Online, Kenali 5 Tantangan yang Harus Dihadapi


Cara Mendapatkan Uang dari Internet tanpa Modal 

Setiap orang pasti ingin merealisasikan prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, yakni ‘berusaha mencapai hasil tertentu dengan pengeluaran seminimal mungkin’. Semakin minim pengeluaran, semakin besar profit yang akan kamu dapatkan. 

Buat kamu yang tidak memiliki modal, tidak perlu khawatir! Kamu bisa mengikuti cara mendapatkan uang dari internet di bawah ini: 


1. Blogging

Sebagai generasi milenial yang selalu update dengan teknologi terkini, kamu pasti tahu tentang blog. Tahukah kamu bahwa dengan blogging kamu bisa meraih penghasilan sampai puluhan juta rupiah? 

Cara mendapatkan uang dari internet ini bisa Anda lakukan dengan posting tulisan setiap hari. Kamu bisa menyediakan tema tulisan yang sesuai yang sedang ramai dibicarakan saat ini dengan mengandalkan kata kunci tertentu.

Blogmu pun akan dikunjungi oleh banyak pengunjung. Mereka akan membaca, menyukai dan membagikan tulisan yang kamu publish. Bahkan, bukan tidak mungkin tulisanmu dijadikan sebagai referensi. 

Semakin banyak pengunjung pada blog yang kamu kelola, maka tawaran iklan akan semakin banyak. Lewat iklan tersebut, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu keluar dari rumah. 

Selain bisa mendatangkan uang, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan blogging. Dibandingkan dengan bisnis lainnya, blogging memiliki risiko yang kecil. Sehingga, ini adalah cara mendapatkan uang dari internet yang sangat bisa diandalkan. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan endorse dan kesempatan untuk travelling gratis!

Apabila kamu berniat untuk menjadi blogger, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Tips pertama adalah pelajarilah ilmu SEO. SEO bisa membuat blog yang kamu kelola ada di halaman pertama mesin pencarian. Selain itu, buatlah konten secara reguler dan berkelas. Perhatikan ejaan dan hindarilah typo agar tulisanmu dapat dibaca dengan nyaman. 


2. Menjual Domain

Tahukah kamu bahwa kini kamu tidak hanya bisa berinvestasi emas atau saham saja? Di era milenial sekarang ini, kamu bisa mencoba untuk berinvestasi domain. Cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini sangat bisa kamu praktikkan.

Domain merupakan alamat fisik yang wajib diperhatikan sebelum membangun sebuah website. Domain secara singkat merupakan sebutan lain dari alamat website

Cara menjual domain sebenarnya sederhana kok. Kamu hanya perlu membeli domain dengan nama-nama yang menjual terlebih dahulu baru setelah itu kamu dapat menjualnya. Setelah itu, kamu bisa menjualnya kembali melalui situs layanan jual beli domain

Beberapa situs layanan jual beli domain diantaranya ada Hostinger.com, Sedo.com , Niagahoster.co.id dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menjualnya via situs lelang seperti Flippa.com 


Baca juga: Modal Utama untuk Sukses Menjalankan Bisnis Online


3. Membuat Konten Video Youtube 

Tidak begitu pandai dalam menulis? Tidak usah khawatir. Ada cara mendapatkan uang dari internet yang lain, yaitu pembuat konten video di Youtube. Saat ini, Youtuber telah menjadi profesi khusus tersendiri di kalangan para milenial. Hal itu terjadi karena YouTube sangat berkembang pesat di Indonesia. Setiap gadget pastilah telah terinstal dengan YouTube.  

Kamu pasti penasaran, dari mana para Youtuber tersebut bisa menghasilkan uang? Mereka bisa menghasilkan uang melalui dua cara, yaitu dari tayangan iklan pada video dan jumlah subscriber YouTube Red. 

Menjadi Youtuber itu sebenarnya tidak sulit; kamu hanya perlu menentukan topik dan konten, membuat videonya, kemudian mengunggahnya di Youtube. Pastikan kamu sudah punya akun YouTube sebelum mengunggah video. 

Satu hal yang biasa terlewatkan oleh Youtuber pemula adalah mereka lupa membuat akun Adsense. Padahal, akun Adsense berguna agar kamu bisa menerima pembayaran dari client


4. Melalui Microstock 

Apakah kamu suka fotografi? Atau kamu memiliki kamera yang terbengkalai di rumah? Jika iya, maka jangan sia-siakan kedua kesempatan tersebut. Sebab, kini kamu bisa menjual foto-foto hasil jepretanmu ke internet. Tidak hanya foto, kamu pun bisa menjual hasil desain grafis di website penyedia microstock

Gambar-gambar yang bisa kamu jual ke website penyedia microstock itu beragam. Kamu bisa menjual foto, ilustrasi vektor hingga hasil doodle art. Hasil karyamu bisa dibeli berkali-kali sehingga kamu bisa mendapatkan pembayaran dari karyamu tersebut. Sehingga, bisa disimpulkan cara mendapatkan uang dari internet ini mampu menghadirkan keuntungan besar.


5. Menyelesaikan Survei-Survei Online 

Ingin mendapatkan uang dari internet, tapi tidak memiliki soft skills yang mumpuni? Tidak usah khawatir. Kamu bisa menyelesaikan survei-survei online. Cara ini merupakan cara tercepat yang bisa kamu lakukan tanpa memerlukan keahlian yang spesifik. Kamu bisa mendapatkan reward berupa uang tunai, kupon potongan diskon, hingga merchandise setelah kamu menyelesaikan survei online

Lalu website-website mana saja yang menyediakan survei online berhadiah? Website-website yang menyediakannya adalah i-Say, Pro Opinion, SendEarnings, dan Pinecone Research. Sayangnya, kamu tidak bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang besar jika hanya mengandalkan survei online.  


6. Menjadi Aplikasi atau Website Tester 

Siapa sangka menjadi tester secara online juga bisa menghasilkan uang? Jika kamu ahli dalam mencari celah kekurangan dari suatu website atau aplikasi, menjadi seorang website atau aplikasi tester bisa kamu pertimbangkan. Sebagai seorang tester, kamu dipercayakan untuk menilai performa dari sebuah website atau aplikasi ditinjau dari sudut pandang konsumen. 

Selain itu, kamu juga dipercayakan untuk memperbaiki fungsi aplikasi atau website tersebut. Kamu memiliki kewajiban untuk mengevaluasi menu-menu dan memberi masukan agar website dan aplikasi dapat diakses dengan lebih mudah. 

Intinya, seorang tester memiliki kewajiban untuk mencari kekurangan pada website dan aplikasi untuk kemudian dicarikan solusinya. 

Tertarik dengan pekerjaan ini? Berikut beberapa aplikasi dan website yang membuka kesempatan pekerjaan tester seperti User Testing, Userfeel, TryMyUI, TestBirds, Ubertesters dan Userlytics. 


Demikian cara mendapatkan uang dari internet yang sangat bisa kamu andalkan. Selamat mencoba, ya!


Baca juga: Ide Bisnis Online yang Bisa Dilakukan dari Rumah


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru