Bisnis

Finansial

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Sampai Rp100 Juta per Bulan

Paskalia-

12 Jul 2019

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Sampai Rp100 Juta per Bulan

Bagi Anda yang ingin atau sedang berprofesi sebagai blogger (penulis blog), kali ini akan ada informasi mengenai cara mendapatkan uang dari blog hingga Rp100 juta per bulan untuk menambah wawasan serta pengetahuan Anda seputar dunia blog. 

Sebelum kita jauh membahas bagaimana cara mendapatkan uang dari blog, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui faktor apa saja yang bisa membuat sebuah blog dapat menghasilkan uang. 


Baca Juga: 8 Kebiasaan Produktif Wajib Diterapkan Milenial Jaman Now


Besarnya Pendapatan Didapatkan dari Banyaknya Pengunjung

Banyaknya pengunjung menjadi salah satu alasan utama dari besarnya pendapatan yang bisa dihasilkan oleh sebuah blog. Anda bisa cek di berbagai macam blog besar yang telah sukses, berapa banyak pengunjung per harinya. 

Kenapa bisa begitu? Alasannya karena jumlah pengunjung yang banyak akan menarik orang-orang yang ingin menayangkan iklan di blog Anda. Penayangan iklan tersebut tentu saja menjadi income untuk pemilik blog. 

Belum lagi jumlah pengunjung yang banyak bisa Anda gunakan sebagai target marketing. Misalnya, Anda menulis blog seputar gadget dengan jumlah pengunjung rata-rata 10.000 per harinya. Nah, Anda bisa menggiring para pengunjung tersebut untuk membeli gadget yang Anda promosikan di blog Anda pada situs jual beli yang Anda kelola sendiri. 

Semakin banyak orang, maka semakin banyak persentase terjualnya sebuah produk. Semakin banyak pengunjung di suatu blog, maka semakin banyak pula persentase orang-orang yang bisa Anda arahkan untuk membeli sebuah produk melalui tulisan Anda di blog tersebut. 

Kalau sudah begitu, kemungkinan pundi-pundi keuangan yang masuk ke kantong Anda pun akan semakin besar. Lalu pertanyaannya, kenapa ada blog yang begitu banyak pengunjung per hari nya?  Sampai 100 atau 200 ribu pengunjung per hari? Jawabannya sederhana. Blog tersebut memiliki banyak pengunjung karena pengunjungnya telah percaya atau telah menjadi pengunjung setia di blog tersebut. 


Lalu kenapa para pengunjung mau menjadi pengunjung setia di suatu blog?

Lagi-lagi jawabannya sederhana karena blog tersebut menyediakan informasi yang konsisten dan autentik (bukan informasi yang gado-gado atau campur aduk). Mereka yang menulis di blog seputar informasi gadget, maka mereka akan konsisten menuliskan informasi mengenai gadget tanpa mencampur adukan dengan informasi ranah lain, sampai akhirnya para pengunjung berpikir bahwa blog tersebut adalah blog spesialis gadget.

Pengunjung blog tersebut menjadi pengunjung setia karena sudah mempercayai bahwa blog tersebut adalah blog spesialis gadget. Begitu pun dengan blog yang kontennya seputar pengembangan diri atau solusi permasalahan hidup. 

Untuk mendapatkan pengunjung tetap setiap harinya, maka mereka harus komitmen menuliskan informasi mengenai pengembangan diri atau solusi permasalahan hidup agar para pengunjung beranggapan atau berasumsi bahwa blog tersebut adalah blog spesialis pengembangan diri dan solusi permasalahan hidup. 

Coba bayangkan jika ada sebuah blog yang hari pertama menulis seputar pengembangan diri, kemudian di hari kedua menulis seputar gadget, di hari ketiga menulis tentang sosial, hari keempat menulis seputar tanaman, di hari kelima menulis seputar hewan dan di hari ke enam menulis tentang astronomi, bagaimana mungkin pengunjung mau percaya? Pengunjung akan berpikir bahwa informasi yang disajikan adalah hoax atau informasi yang tidak ada kebenarannya karena ditulis oleh orang yang bukan ahlinya. 

Kalau sudah begitu, bagaimana mungkin blog yang menuliskan informasi gado-gado itu bisa mendapatkan pengunjung tetap per harinya? Sekarang Anda sudah paham bukan, bahwa untuk mendapatkan uang yang banyak dari blog, maka Anda butuh pengunjung blog yang banyak. 


Baca Juga: Ingin Bisa Menabung Setiap Hari, Berikut Ini Tipsnya


Sajikan informasi yang autentik dan satu tema

Cara mendapatkan uang dari blog ini sangat ampuh juga. Untuk mendapatkan pengunjung blog yang banyak, Anda perlu menyajikan informasi yang autentik dan fokus di satu bidang supaya para pengunjung percaya bahwa Anda yang menulis blog tersebut adalah spesialis dari bidang yang ditulis. Dibutuhkan komitmen penulis untuk menyampaikan informasi yang menarik dan merupakan tulisan asli. Pembaca akan senang jika dirinya bisa memperoleh pengetahuan tanpa setengah-tengah.

Sebagai penulis blog, konsistensi diperlukan untuk bisa semakin menarik minat pembaca. Tidak hanya pembaca baru, tetapi targetnya adalah memperoleh pembaca rutin dari blog.


Cara mendapatkan uang dari blog yang tidak kalah penting, jangan lelah untuk promosi 

Setelah komitmen menuliskan informasi yang Anda fokuskan tadi, promosikan lah blog Anda melalui link ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain sebagainya untuk menambah pengunjung tetap. Cara mendapatkan uang dari blog ini sebaiknya kamu lakukan secara rutin.

Jangan lupa desain template blog Anda semenarik mungkin dan juga buatlah konten dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Anda juga disarankan mendaftarkan blog ke Google Adsense untuk menambah penghasilan.

Setelah jumlah pengunjung  blog Anda per harinya sudah mulai banyak, Anda bisa menawarkan jasa iklan atau jasa promosi atau endorse ke perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan marketing produknya dengan tarif sesuka hati Anda. Semakin banyak pengunjung blog Anda per harinya, maka semakin mahal tarif yang bisa Anda pasang. Cara mendapatkan uang dari blog ini benar-benar harus Anda praktikkan langsung.

Namun, cara mendapatkan uang dari blog tersebut tentulah tidak membuat Anda langsung mendapatkan uang hingga ratusan juta per bulan karena untuk mendapatkan pengunjung tetap per harinya, dibutuhkan komitmen dan konsentrasi yang tinggi untuk tetap menuliskan topik yang dispesialisasikan. 

Anda tidak bisa langsung menganggap blogger sebagai pekerjaan Anda, tapi anggaplah blogger sebagai tempat penyaluran hobi menulis Anda. Jangan cepat putus asa jika Anda menemukan kegagalan di awal-awal usaha Anda membangun sebuah blog yang dapat menghasilkan income Rp100 juta per bulan. Tetaplah menuliskan hal yang bermanfaat untuk orang lain agar informasi yang Anda sajikan tidak semata-mata Anda kerjakan atau Anda buat hanya untuk mendapatkan uang. 

Sajikanlah informasi di blog Anda dengan niat ingin mencerdaskan orang lain yang membaca informasi yang Anda tulis. Teorinya, semakin ikhlas Anda dalam menulis, maka semakin bagus tulisan Anda. Dan semakin bagus tulisan Anda, maka semakin banyak pengunjung blog Anda. Hal itu adalah cara mendapatkan uang dari blog yang sangat efektif.

Nah itulah tips tentang cara mendapatkan uang dari blog hingga mencapai Rp100 juta per bulan. Asalkan konsisten dan tidak menyerah, Anda akan bisa mewujudkannya. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat menulis blog.


Baca lebih banyak artikel di Blog Modal Rakyat


Artikel Terkait
image image
Artikel Baru