Gaya Hidup

Cara Mengatasi Lelah Bekerja Akibat Pekerjaan Menumpuk

Kabrina Rian Ferdiani-

10 Nov 2020

Cara Mengatasi Lelah Bekerja Akibat Pekerjaan Menumpuk

Cara mengatasi lelah bekerja bisa membuat seseorang sulit untuk mengalami peningkatan kinerja. Mengatasi rasa lelah butuh kerja keras dan meskipun kamu sudah berusaha menghilangkan penyebab utama rasa lelahmu, cara mengatasi lelah bekerja justru membutuhkan upaya yang cukup menguras tenaga.

Saat kamu membiarkan kebiasaan buruk dan kelelahan menghampirimu, kamu akan mengalami kesulitan fokus sehingga melupakan hal-hal detail dalam pekerjaan. Akan sangat mudah bagimu untuk membiarkan hal kecil lolos begitu saja dan menimbulkan suatu masalah hanya karena kamu sedang kelelahan. Misalnya saja, keluhan customer bisa saja kamu lupakan dan pekerjaan tidak terpenuhi dengan baik.

Sebanyak mungkin kamu mencoba untuk mengatasi lingkunganmu dan hal-hal yang kamu lakukan setiap hari, kamu tetap akan kembali pada kebiasaanmu. Untuk itu kamu harus sadar dengan tindakanmu sendiri Dear.

Hanya berusaha untuk sadar untuk beberapa tindakan kecil akan sangat berarti sebagai salah satu cara mengatasi lelah bekerja. Mengulang terus-menerus kebiasaan yang baik akan meningkatkan kemampuanmu untuk tetap fokus.

Beberapa masalah yang jauh lebih penting dapat membantu berpotensi menggagalkan pekerjaan hanya karena kamu lelah atau stress. Jangan biarkan itu terjadi ya Dear, yuk baca tulisan Riliv tentang cara mengatasi lelah bekerja di bawah ini!


Baca juga: Be Creative, Menghasilkan Uang Bukan Cuma Soal Ijazah!


1. Optimalkan ritme sirkadian melalui siklus tidur yang tepat

Salah satu cara mengatasi lelah bekerja adalah dengan meluangkan waktu untuk tidur. Tapi untuk melakukannya, kamu perlu meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan. Kamu bisa saja terlalu lelap dalam tidur sehingga jam tidur melebihi delapan jam.

Namun jika kualitas tidurmu tidak nyenyak, kamu harus mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Bisa jadi alasan utama tidurmu tidak nyenyak adalah karena kamu sedang stress. Mungkin kamu minum kopi terlalu dekat dengan jam tidurmu? Untuk itu kamu harus bisa menjaga kebersihan tubuh agar pikiranmu menjadi bersih dan tidurpun nyenyak.

Lakukan selama delapan jam tidur seperti berusaha untuk tidur lebih awal untuk memperbaiki pola tidurmu. Jangan biarkan stress atau masalah lainnya menghalangi dirimu untuk menikmati tidur ya Dear. Jika kamu sering merasa lelah, biarkan tubuhmu untuk beristirahat.

Ritme sirkadian yang juga dikenal sebagai siklus bangun-tidur, sangat dipengaruhi oleh stimulan. Namun hal itu juga dipengaruhi oleh lingkunganmu sebenarnya Dear. Seperti apa lingkungan tempatmu tidur? Apakah lingkunganmu mendukungmu untuk beristirahat dengan cukup? Atau justru lingkunganmu menjadi salah satu penyebab kamu kelelahan dan tidak bisa tidur?

Hanya kamu yang memiliki jawaban untuk pertanyaan itu Dear. Jika kamu benar-benar perlu, pertimbangkan alat bantu tidur alami seperti bau lavender agar kamu kembali ke jam tidur yang seperti biasanya. Kamu akan merasa jauh lebih baik secara keseluruhan saat kamu cukup tidur.

2. Melakukan olahraga meski saat berada di rumah saja

Selama bekerja dari rumah, kebanyakan orang tidak cukup berjalan apalagi melakukan latihan fisik yang ringan sekalipun. Olahraga ringan dan bahkan hanya berjalan 10.000 langkah sehari, merupakan bagian integral dari kesejahteraan tubuhmu.

Penting untuk kamu melakukan olahraga karena saat kamu berjalan atau berolahraga berat, kamu melepaskan hormon bahagia seperti serotonin dan dopamin. Dan, menurut CDC, olahraga mempunyai manfaat yang jauh lebih dari melepaskan kedua hormon tadi. Ada beragam manfaat dari peningkatan gerakan fisik seperti:

  • Pengendalian berat
  • Penurunan risiko penyakit kardiovaskular
  • Mengurangi risiko Diabetes Tipe II
  • Pengurangan risiko beberapa jenis kanker
  • Penguatan tulang dan otot
  • Peningkatan kesehatan mental dan emosional
  • Meningkatkan umur panjang

3. Mengurangi kadar kafein yang kamu konsumsi

Royal College of Psychiatrists merekomendasikan bahwa siapapun yang merasa lelah harus menghindari kafein. Mengapa demikian? Karena cara terbaik untuk mengatasi rasa lelah adalah dengan secara bertahap berhenti minum semua minuman yang mengandung kafein selama 3 minggu.

Kafein dapat kamu ditemukan di kopi, teh, soda, minuman berenergi, serta beberapa obat penghilang rasa sakit dan pengobatan herbal. Usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein sama sekali selama sebulan untuk mengetahui apakah kamu memang membutuhkannya untuk atasi rasa lelah atau tidak.

Kamu mungkin akan merasakan bahwa tidak mengonsumsi kafein justru membuatmu sakit kepala. Jika ini terjadi, kurangi sedikit demi sedikit jumlah kafein yang kamu minum. Jika sudah bisa lepas dari kafein, kamu hanya membutuhkan segelas air putih untuk mengatasi lelah.

4. Melakukan meditasi sebagai salah satu cara mengatasi lelah bekerja

Meditasi mampu mengatasi rasa lelah karena dengan melakukannya, kamu sedang berusaha untuk memfokuskan energi pada apa yang ada dihadapanmu saat ini. Pikiran yang tadinya penuh akibat jenuh bekerja akan menjadi rileks dan kamu akan mampu bekerja setelahnya.

Cobalah untuk melakukan meditasi dengan aplikasi Riliv dimana kamu akan menemukan meditasi khusus untuk mengatasi rasa lelah. Selain itu kamu juga akan menemukan fitur-fitur meditasi lainnya yang dikhususkan untuk membantu mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan mental lainnya.


Baca juga: 6 Cara Dorong Diri Sendiri Agar Bekerja Lebih Keras


5. Konsultasi dengan psikolog khusus karir di aplikasi Riliv

Ada beberapa bukti bahwa terapi bicara seperti konseling atau terapi perilaku kognitif (CBT) dapat membantu melawan kelelahan atau kelelahan yang disebabkan oleh stres, kecemasan, atau suasana hati yang buruk.

Jika selama pandemi kamu tidak dapat menemui psikolog yang biasa kamu temui, dengan aplikasi Riliv kamu bisa melakukannya meski jarak jauh. Harga yang ditawarkan juga murah Dear, dengan begitu kamu bisa mendapat pertolongan secara cepat dan terjangkau.

Yuk download aplikasinya sekarang juga dan nikmati berbagai macam meditasi sesuai dengan kebutuhanmu! Semoga kamu lekas pulih ya Dear.

Disadur dari:

  1. https://www.entrepreneur.com/article/302334
  2. https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/self-help-tips-to-fight-fatigue/

Ditulis oleh Yuri Mahirta Sari dari Riliv.

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru