Finansial

Gaya Hidup

Cara Menjadi Kaya Tidak akan Berhasil Jika Lakukan 7 Hal ini

Kabrina Rian Ferdiani-

29 Jun 2021

Cara Menjadi Kaya Tidak akan Berhasil Jika Lakukan 7 Hal ini

Banyak yang mempelajari bagaimana cara menjadi kaya namun mengalami kegagalan karena berbagai alasan. Salah satunya karena kebiasaan buruk dari dalam diri sendiri yang menghambat seseorang bisa kaya.

Jangan hanya fokus ke caranya saja namun intropeksi dari kebiasaan apa yang membuat Anda menjadi gagal. Karena kebiasaan buruk juga sangat mempengaruhi seseorang mencapai impian mereka mendapatkan kekayaan.

Semua orang termasuk Anda memiliki kesempatan untuk bisa kaya apapun latar belakang saat ini. Namun berhasil tidaknya dari bagaimana Anda mampu menerapkan cara menjadi kaya secara tepat.


Baca juga: Stop 7 Kesalahan Cara Menabung Berikut ini!


1. Menghabiskan Uang Melebihi Pendapatan

Banyak yang tidak menyadari penyebab sulitnya mendapatkan kekayaan karena kebiasaan boros dalam menjalani hidup. Penghasilan habis untuk investasi jelas sangat berbeda hasilnya jika habis untuk hal-hal tidak perlu.

Jika Anda terbiasa boros sudah dapat dipastikan kalau pengeluaran jelas lebih besar daripada pendapatan. Kalau dibiarkan membuat keuangan akan semakin sulit setiap bulannya sehingga apapun cara menjadi kaya pasti gagal.

Dapat dipastikan Anda sendiri akan kesulitan untuk menabung karena sudah tidak ada sisa lagi dari pendapatan. Ketika membutuhkan uang untuk dana darurat misalnya sakit maka akan mencari pinjaman lain.

Hal ini jelas akan sangat menyulitkan bagi Anda mewujudkan mimpi memiliki kekayaan bahkan sampai kapanpun. Kalau kebiasaan seperti ini tidak segera dirubah secara perlahan maka akan selalu kesulitan untuk investasi.


2. Memamerkan Kekayaan di Media Sosial

Ketika melihat media sosial teman pasti akan ada rasa iri hati karena selalu terlihat hidupnya enak. Hal ini membuat Anda menjadi termotivasi untuk ikut memamerkan kekayaan di media sosial pribadi.

Tanpa disadari kebiasaan pamer seperti ini membuat cara menjadi kaya yang sudah dipelajari jadi percuma. Anda akan berusaha membuat postingan dengan kesan mewah dan selalu update untuk memperlihatkan kekayaan.

Kebiasaan pamer di medsos menjadi kendala karena mau tidak mau harus mengeluarkan uang jika ingin foto di tempat terbaru. Posting makanan kekinian sedang hits sudah pasti harus membeli terlebih dahulu.

Seharusnya dana yang ada bisa digunakan untuk investasi namun justru dibelanjakan demi mendapatkan foto keren. Kalau Anda ingin cara menjadi kaya bisa berhasil maka mulai pertimbangkan untuk meninggalkan kebiasaan ini.


3. Tidak Berusaha Mengembangkan Skill

Skill menjadi modal penting dan pendukung utama jika Anda ingin cepat kaya meskipun masih sangat muda. Namun kerap kali skill diabaikan sehingga tidak mau berusaha mengembangkan dan pasrah begitu saja.

Cara menjadi kaya dibutuhkan banyak skill seperti mengelola penghasilan, manajemen waktu, dan menahan diri sendiri. Bukan sekedar skill dalam bidang pekerjaan yang membuat Anda bisa memperoleh penghasilan lebih besar.

Namun juga dibutuhkan skill dalam hidup contohnya saja dalam mencari dan mengelola investasi. Terus latih skill dalam bidang apapun karena semakin baik kemampuan diri maka semakin mudah memiliki banyak kekayaan.


4. Tidak Melakukan Perencanaan Keuangan

Disadari atau tidak, kebiasaan menghabiskan uang tanpa ada perencanaan yang matang sangat merugikan. Jika seharusnya penghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan menjadi habis dalam 2 hari.

Maka cara menjadi kaya adalah merubah kebiasaan buruk tidak pernah membuat perencaan keuangan secara detail. Dengan adanya catatan rencana keuangan membuat Anda menjadi tahu kemana habisnya uang tersebut.

Sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki diri dari segi keuangan agar penghasilan jelas arahnya. Tidak harus membuat rencana sedetail mungkin dan dapat disesuaikan kemampuan untuk memantau keuangan.


5. Pengelolaan Keuangan yang Buruk

Penyebab cara menjadi kaya menjadi gagal karena kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan. Sayangnya masih banyak yang tidak menyadari hal ini sehingga mengabaikannya tanpa ada usaha untuk melakukan perubahan.

Rahasia orang sukses dengan aset sangat besar adalah mampu mengelola keuangan mereka dengan sangat baik. Dimulai dari pengelolaan keuangan dari penghasilan yang didapatkan secara bijak dan tepat.

Jika keuangan dikelola dengan tidak baik membuat Anda akan kesulitan menyediakan dana untuk berinvestasi. Berapapun penghasilan yang didapatkan selalu habis terus menerus sampai akhirnya sudah lelah bekerja tidak ada hasilnya.


6. Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Perlu diingat seseorang sukses mendapatkan kekayaan dalam jumlah besar bukan dari keberuntungan atau hoki semata. Jelas ada usaha yang dilakukan sehingga layak mendapatkan kekayaan sesuai dengan impiannya.

Jika Anda masih memiliki kebiasaan membeli barang-barang tidak penting dan memang tidak dibutuhkan. Jelas membuat apapun cara menjadi kaya tidak akan pernah bisa berhasil meskipun terus dipelajari.

Cobalah mulai merubahnya dari cara sederhana dengan mempelajari antara kebutuhan dengan keinginan. Hanya diri sendiri yang tahu apakah benar-benar dibutuhkan ataukah sekedar keinginan membeli demi kepuasan sesaat.


7. Belum Mulai Berinvestasi

Investasi adalah cara menjadi kaya paling efektif sehingga harus segera dilakukan mulai saat ini. Kebiasaan menunda apalagi sangat percaya diri merasa masih muda sehingga ada waktu besok saja untuk memulai.

Terus menerus menunda membuat Anda akhirnya tidak memiliki tabungan investasi sampai kapanpun. Kebiasaan seperti ini sebaiknya mulai diperbaiki untuk mulai investasi saat ini juga tanpa menunggu apapun.

Termasuk menunggu uang sisa dari penghasilan sampai akhirnya selalu kehabisan setiap bulannya. Buatlah budget sendiri setiap bulan untuk investasi tidak harus dengan nominal besar yang penting konsisten.

Cari investasi yang mudah dilakukan untuk pemula dengan nominal sesuai kemampuan Anda sendiri. Tidak perlu memaksa 100% dari penghasilan untuk investasi semua namun bisa diatur sesuai kemampuan saja.

Menghindari kebiasaan buruk dalam hidup membantu Anda mencapai cita-cita memiliki kekayaan sesuai target. Banyak cara menjadi kaya namun jangan lupa kebiasaan buruk seperti di atas harus dirubah secara perlahan.


Baca juga: Cara Kerja P2P Lending dan Manfaatnya untuk Masyarakat


Kembangkan Dana dan Bantu UMKM Indonesia bersama Modal Rakyat

Dalam berinvestasi atau mengembangkan dana, Anda bisa memilih P2P Lending Modal Rakyat. Dana yang Anda pinjamkan akan disalurkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan usahanya tersebut. Anda bisa memulai berinvestasi di modal yang minim, yaitu Rp25.000.

Anda dapat meraih imbal balik 15% hingga 25% setiap tahunnya. Kami telah meraih izin dari OJK secara resmi. Gunakan kode BLOG25 untuk mendapatkan bonus saldo Rp25.000. Anda bisa langsung mendaftar menjadi pendana melalui halaman berikut ini. 

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru