Gaya Hidup

Cara Mudah Berhenti Menunda dan Mulai Kebiasaan Baik

Kabrina Rian Ferdiani-

03 Jul 2020

Cara Mudah Berhenti Menunda dan Mulai Kebiasaan Baik

Setiap orang  memiliki tujuan untuk menjadi lebih baik. Tujuan ini hanya bisa dicapai jika kita memulai kebiasaan baik yang mengarah ke sana.

Namun, bagi banyak orang, memulai sesuatu yang baru tidaklah mudah. Lebih banyak hiburan dan di depan mata yang membuat kita lebih banyak menunda daripada memulai mewujudkan impian.

Singkirkan pikiran itu sekarang. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara memulai hal baik dengan “Aturan 2 Menit”.

Apa itu Aturan 2 Menit? Bagaimana cara merealisasikannya? Berikut penjelasannya untuk Anda.


Baca juga: 5 Hal yang Bisa Anda Pelajari Setelah Karantina Mandiri


Cara Berhenti Menunda dengan “Aturan 2 Menit”

Strategi kecil ini disebut “Aturan 2 Menit” dan memiliki tujuan untuk memudahkan Anda memulai hal-hal yang seharusnya Anda lakukan.

Sebagian besar tugas yang Anda tunda sebenarnya tidak sulit dilakukan. Anda memiliki bakat dan keterampilan untuk menyelesaikannya. Namun, Anda hanya menghindari memulainya karena satu dan lain alasan.

Aturan 2 Menit mengatasi penundaan dan kemalasan dengan membuatnya begitu mudah untuk mulai mengambil tindakan sehingga Anda tidak bisa mengatakan tidak.

Ada dua bagian dalam Aturan 2 Menit



Bagian 1: Jika butuh kurang dari dua menit, maka lakukan sekarang

Bagian I berasal dari buku laris David Allen, Getting Things Done.

Sungguh mengejutkan berapa banyak hal yang kita tunda yang bisa kita lakukan dalam dua menit atau kurang. Misalnya, mencuci piring Anda segera setelah makan, melemparkan cucian ke mesin cuci, membuang sampah, membereskan tempat tidur, mengirim surel itu, dan sebagainya.

Jika tugas membutuhkan waktu kurang dari dua menit untuk diselesaikan, maka ikuti aturan ini dan lakukan sekarang.

Bagian 2: Ketika Anda memulai kebiasaan baru, harus dilakukan kurang dari dua menit

Bisakah semua tujuan Anda dicapai dalam waktu kurang dari dua menit? Tentu saja tidak. Tapi, setiap gol bisa dimulai dalam dua menit atau kurang. Dan itulah tujuan di balik aturan kecil ini.

Seperti yang diajarkan Sir Isaac Newton kepada kita sejak dulu, benda yang diam cenderung tetap diam dan benda yang bergerak cenderung tetap bergerak. Ini sama benarnya bagi manusia seperti halnya pada apel yang jatuh.

Aturan 2 Menit berfungsi untuk tujuan besar maupun tujuan kecil karena kelambanan kehidupan. Setelah Anda mulai melakukan sesuatu, lebih mudah untuk terus melakukannya. Aturan 2-Menit karena ini mencakup gagasan bahwa segala macam hal baik terjadi begitu Anda memulainya

Ingin menjadi penulis yang lebih baik? Cukup tulis satu kalimat (Aturan 2 Menit), dan Anda akan sering menemukan diri Anda menulis selama satu jam.

Ingin makan lebih sehat? Cukup makan satu potong buah (Aturan 2 Menit), dan Anda akan sering terinspirasi untuk membuat salad yang sehat juga.

Ingin menjadikan membaca sebagai kebiasaan? Cukup baca halaman pertama buku baru (Aturan 2 Menit), dan sebelum Anda menyadarinya, tiga bab pertama telah berlalu.

Ingin berlari tiga kali seminggu? Setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, cukup pakai sepatu lari Anda dan keluar dari pintu (Aturan 2-Menit), dan Anda akan berakhir dengan jarak tempuh di kaki Anda alih-alih popcorn di perut Anda.

Bagian terpenting dari kebiasaan baru adalah memulai - bukan hanya pertama kali, tetapi setiap kali. Ini bukan tentang kinerja, ini tentang mengambil tindakan secara konsisten.

Dalam banyak hal, memulai lebih penting daripada berhasil. Ini terutama benar pada awalnya karena akan ada banyak waktu untuk meningkatkan kinerja Anda nanti.

Aturan 2 Menit bukan tentang hasil yang Anda capai, melainkan tentang proses melakukan pekerjaan. Aturan ini bekerja sangat baik untuk orang yang percaya bahwa sistem lebih penting daripada tujuan.

Fokusnya adalah pada mengambil tindakan dan membiarkan hal-hal mengalir dari sana.


Coba Sekarang

Tidak ada yang bisa menjamin apakah Aturan 2 Menit akan bekerja untuk Anda atau tidak. Namun, sudah pasti bahwa aturan ini tidak akan berhasil jika Anda tidak pernah mencobanya.

Masalah dengan sebagian besar artikel yang Anda baca, podcast yang Anda dengarkan, atau video yang Anda tonton adalah Anda mengkonsumsi informasi tersebut tetapi tidak pernah mempraktikkannya.

Kini, Anda perlu membulatkan tekad untuk mengambil langkah pertama yang nyata untuk mencapai tujuan Anda. Bukan hal yang sulit untuk melakukan hal baru selama dua menit, bukan?

Mulailah!


Baca juga: Gaya Hidup Minimalis yang Justru Menguras Kantong Ini Wajib Dihindari!

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru