Gaya Hidup

5 Hal yang Bisa Anda Pelajari Setelah Karantina Mandiri

Kabrina Rian Ferdiani-

16 Jun 2020

5 Hal yang Bisa Anda Pelajari Setelah Karantina Mandiri

Banyak orang merayakan era New Normal. Pada masa seperti ini, kita perlu belajar untuk hidup berdampingan dengan virus corona. Namun, ada banyak pelajaran yang kita dapat selama karantina mandiri kemarin.

Pelajaran tersebut dapat terus kita hayati meskipun masa karantina mandiri sudah berakhir.


Baca juga: Daripada Pesta Mewah, Dana Pernikahan Bisa Dipakai Apa Saja, Ya?


Hal-hal kecil membuat perbedaan besar

Ketika hidup melambat, Anda cenderung memperhatikan lebih banyak. Meskipun kita sering melewatkannya, kita dikelilingi oleh banyak keindahan sepanjang waktu. Karantina mandiri selama pandemi membuat kita menyadarinya.

Ketika pandemi dimulai, semua orang juga mulai menjalani pola hidup sehat. Kita memiliki banyak waktu untuk lebih bisa memperhatikan lingkungan dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Di tengah-tengah perubahan, kita dapat menemukan keindahan dalam kehidupan.

Waktu yang lebih banyak dengan keluarga. Polusi yang berkurang. Anda memiliki lebih banyak waktu dengan diri sendiri, mengembangkan skill, atau mencoba hal baru. Saat pandemi telah berlalu, cobalah untuk terus menciptakan saat-saat hening, di mana Anda dapat memperhatikan lingkungan Anda dan menghargainya.


Mengutamakan Kebaikan

COVID-19 mungkin telah mengguncang dunia kita tetapi itu adalah sesuatu yang hampir semua umat manusia lalui bersama. Banyak tindakan kebaikan sederhana yang sama-sama kita lihat dari teman, keluarga, dan bahkan orang asing di Internet. Ketika Anda fokus pada yang baik, yang baik menjadi lebih baik. Ketika Anda melihat ke luar diri sendiri dan melayani orang lain, masalah Anda tampaknya tidak terlalu berarti.

Tentu saja, kebaikan tidak hanya memberikan pujian atau menulis ucapan terima kasih kepada seseorang. Terkadang, kebaikan berarti memperjuangkan perubahan dan berbicara menentang ketidakadilan.

Jadikan itu sebagai titik untuk selalu berbuat baik. Anda tidak pernah tahu apa yang sedang dialami orang lain terutama selama masa-masa sulit ini. Bersikaplah murah hati di setiap kesempatan. Berbuat baik tidak akan membuat Anda menyesal.


Anda memutuskan bagaimana atau dengan siapa Anda menghabiskan waktu

Selama pandemi, banyak dari kita menemukan menyadari bahwa kita dengan lebih banyak waktu. Waktu untuk melamun, membuat, merenungkan, dan merencanakan. Tetapi ketika kehidupan mulai bertambah cepat lagi.

Pikirkan baik-baik tentang hal-hal yang akan Anda mulai lakukan dan hal-hal yang akan berhenti Anda lakukan.

Bersamaan dengan itu, berhati-hatilah dengan siapa yang Anda biarkan kembali ke lingkaran Anda. Terus jaga jarak Anda dari orang-orang dan hubungan yang tidak sehat untuk Anda.

Anda memiliki kemampuan dan kekuatan untuk membuat keputusan di setiap bidang kehidupan Anda. Anda bertanggung jawab atas kebahagiaan, pertemanan, dan pekerjaan. Jika Anda tidak menyukainya dan ingin mengubahnya - Anda bisa.


Perubahan tidak bisa dihindari, Anda perlu menerimanya

Jangan tahan perubahan. Beradaptasilah dengannya. Masa depan mungkin tampak sangat tidak pasti akhir-akhir ini, tetapi jujur, itu selalu terjadi.

Satu-satunya kepastian adalah ketidakpastian. Rencanakan masa depan sebaik yang Anda tahu, tetapi fleksibel ketika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang Anda harapkan. Lihatlah perubahan sebagai peluang, bukan hambatan.

Ini sangat relevan jika Anda memiliki bisnis yang harus berputar selama COVID-19. Jika hal-hal yang dulu Anda lakukan tidak berhasil, ini saat yang tepat untuk memutar bisnis Anda. Gunakan waktu ini untuk mencoba hal baru dan bereksperimen.

Tidak semua yang Anda coba akan berhasil dan itu tidak masalah. Mungkin diperlukan beberapa upaya untuk mencari tahu apa yang cocok untuk Anda. Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk mencoba sesuatu yang baru.

Menolak perubahan bisa menghambat kemajuan. Sedangkan merangkul perubahan merangsang pertumbuhan.


Hal terpenting dalam hidup adalah waktu

Banyak orang tua yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak dan keluarga mereka daripada sebelumnya karena pandemi.

Hidup bukan tentang pekerjaan atau uang atau bahkan kesuksesan. Pada akhirnya, hubungan adalah hal yang paling penting. Saat kehidupan mulai sibuk, pastikan Anda mencurahkan waktu untuk hal yang paling penting.

Berikan keluarga, teman, dan orang-orang terkasih Anda hadiah waktu Anda. Cintai keluarga Anda (dan diri Anda) cukup untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang bukan prioritas. Jadilah yang disengaja tentang hubungan Anda dan menginvestasikan waktu untuk memelihara mereka.

Alih-alih kembali normal, mari kita bergerak maju bersama.

Pelajaran apa yang diajarkan oleh waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya ini kepada Anda? Bagaimana Anda berencana mengubah perspektif atau kebiasaan Anda ketika kehidupan mulai pulih kembali?


Baca juga: 4 Alasan Angkatan 2020 adalah Angkatan yang Hebat

Artikel Terkait
image image
Artikel Baru